Gempa Magnitudo 7,0 Guncang Turki-Yunani, 22 Orang Tewas 

Petugas dan warga mencari korban tertimbun bangunan runtuh akibat gempa Turki.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/REUTERS/Tuncay Dersinlioglu/pras.

VIVA – Gempa bumi dahsyat berkekuatan magnitudo 7,0 telah mengguncang Pantai Aegean Turki dan utara Pulau Samos, Yunani. Gempa tersebut menghancurkan sejumlah rumah dan menewaskan sedikitnya 22 orang.

7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia

Gempa yang berpusat di provinsi Izmir Turki tersebut juga telah membuat tsunami kecil yang membanjiri wilayah Izmir Turki dan Samos Yunani. Dan dikabarkan dari 22 orang yang tewas tersebut 20 orang berada di Turki dan dua orang di Samos.

Dikutip dari BBC, pada Sabtu 31 Oktober 2020, gempa dahsyat yang melanda dua negara tersebut sedikitnya telah menyebabkan 786 orang luka-luka. Sehingga, pihak berwenang di Izmir mendirikan tenda darurat untuk menampung para korban gempa tersebut.

Top Trending: 4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar

Pemerintah Kota Izmir mengungkapkan, usai gempa dahsyat tersebut pihaknya telah berhasil menyelamatkan sekitar 70 orang yang terjebak di bawah reruntuhan gedung. Tim penyelamat terus menggali beton dan berharap banyak korban selamat.  

Dalam laporan USGS dijelaskan bahwa gempa tersebut dirasakan hingga Athena dan Istanbul. Gempa magnitudo 7,0 tersebut berada pada kedalaman 10 km. Turki dan Yunani sama-sama berada di garis patahan dan gempa bumi biasa terjadi.

Gegara Gurun Sahara, Langit Yunani jadi Oranye bak di Planet Mars

Sementara itu, Izmir merupakan kota terbesar ketiga di Turki dengan populasi hampir mencapai tiga juta orang. Saat gempa terjadi banyak orang terlihat berlarian ke jalan karena panik dan ketakutan. Lalu, sedikitnya 20 bangunan roboh.

Sedangkan, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan pemerintah akan membantu para korban yang terkena dampak gempa. Dan pemerintah Turki akan melakukan segala upaya dengan sarana yang tersedia di negaranya.

Langit Yunani (Doc: X)

Langit Yunani Tiba-tiba Berubah Jadi Oranye, Ini Penyebabnya

Media sosial dibanjiri dengan gambar-gambar oanye langit di Ibu Kota Yunani yang membuat penduduk setempat dan wisatawan tercengang.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024