Logo DW

Jerman Sambut Kemenangan Joe Biden dan Kamala Harris

Kay Nietfeld/dpa/picture alliance
Kay Nietfeld/dpa/picture alliance
Sumber :
  • dw

Sejumlah politisi Jerman, termasuk Kanselir Angela Merkel, mengucapkan selamat atas proyeksi kemenangan Joe Biden dari Parta Demokrat dalam Pemilu Presiden Amerika Serikat 2020. Para politisi juga berharap bahwa proyeksi kemenangan ini adalah langkah maju dalam hubungan Transatlantik.

Kanselir Jerman Angela Merkel menyampaikan ucapan selamatnya kepada Joe Biden.

"Selamat! Rakyat Amerika telah memutuskan," ujar Merkel dalam sebuah pernyataan. "Joe Biden akan menjadi Presiden ke-46 Amerika Serikat. Saya dengan tulus mendoakan semoga berhasil dan sukses dan saya juga ingin mengucapkan selamat kepada Kamala Harris, wakil presiden perempuan terpilih yang pertama dalam sejarah negara Anda."

"Saya menanti untuk dapat bekerja sama dengan Presiden Biden. Persahabatan Transatlantik kita sangat diperlukan jika kita ingin menghadapi tantangan utama di zaman kita," tambah Merkel.

Jika proyeksi hasil penghitungan suara telah dikonfirmasi, Harris akan menjadi perempuan pertama, orang kulit hitam pertama, dan keturunan Asia Selatan pertama yang menjadi wakil presiden terpilih dalam sejarah Amerika Serikat.

Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas mengatakan bahwa Jerman berharap untuk dapat bekerja sama dengan pemerintahan berikutnya, dan berharap untuk memperbarui kerja sama yang ada saat ini.

“Bagus akhirnya ada angka yang jelas,” ujar Maas lewat Twitter. "Kami berharap dapat bekerja dengan pemerintah AS berikutnya. Kami ingin berinvestasi dalam kerja sama awal baru Transatlantik, kesepakatan baru."