Logo DW

Puluhan Ribu Petani India Mogok Nasional Tolak UU Pertanian Baru

Mohsin Javed
Mohsin Javed
Sumber :
  • dw

Petani India melakukan aksi satu hari mogok nasional pada hari Selasa (08/12) setelah berhari-hari memblokir ibu kota New Delhi dalam upaya untuk memaksa pemerintah mencabut undang-undang pertanian yang baru.

Aksi mogok yang disebut Bharat Bandh dilakukan oleh puluhan ribu petani yang memblokir jalan utama dan jalur kereta api di seluruh negeri, mengganggu jalannya layanan transportasi dan aktivitas perkantoran. Mereka juga mendapat dukungan dari serikat pekerja lainnya yang turut bergabung dalam aksi mogok nasional ini.

Para petani menegaskan bahwa aksi mogok ini merupakan bentuk protes damai, dan mereka akan memastikan bahwa layanan darurat seperti ambulans dan pemadam kebakaran tidak terganggu.

"Protes kami damai, dan kami akan terus melakukannya. Bharat Bandh adalah protes simbolis untuk menyatakan oposisi kami. Ini untuk menunjukkan bahwa kami tidak mendukung beberapa kebijakan pemerintah," ujar pemimpin serikat petani Rakesh Tikait kepada wartawan.

Pemogokan itu terjadi setelah lima kali mediasi antara serikat petani dan pemerintah gagal. Mediasi putaran keenam pun dijadwalkan pada Rabu (09/12).

Puluhan ribu petani mendirikan kemah di dekat perbatasan New Delhi sejak 27 November untuk memprotes undang-undang pertanian baru itu, memblokir sebagian besar pintu masuk ke ibu kota negara. Mereka mengatakan tidak akan kembali ke rumah sampai undang-undang tersebut dicabut.

Pemerintah India mengeluarkan imbauan ke semua negara bagian dan wilayah persatuan untuk meningkatkan keamanan. Ribuan personel polisi tambahan telah dikerahkan di Delhi dan negara bagian tetangga di mana para petani telah melakukan protes selama hampir dua minggu.