Logo BBC

14 Orang Divonis Bersalah dalam Serangan Majalah Satir Charlie Hebdo

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Serangan terhadap majalah Charlie Hebdo, seorang polisi wanita, dan supermarket Yahudi pada Januari 2015 menewaskan 17 orang.

Sebanyak 11 terdakwa hadir di pengadilan untuk menyaksikan putusan pada hari Rabu (16/11), dan tiga lainnya diadili secara in absentia.

Salah satu yang tidak hadir di pengadilan adalah Hayat Boumeddiene, pasangan Amedy Coulibaly yang tewas dalam serangan di supermarket, yang masih berstatus buron.

Boumeddiene, yang melarikan diri ke Suriah sepekan sebelum serangan, dinyatakan bersalah mendanai terorisme dan tergabung dalam jaringan teroris kriminal. Ia dijatuhi hukuman penjara 30 tahun.

Terdakwa utama di pengadilan, Ali Riza Polat, dinyatakan bersalah karena terlibat dalam kejahatan teroris dan juga dijatuhi hukuman penjara 30 tahun.

Ke-14 komplotan Coulibaly dinyatakan bersalah atas berbagai dakwaan, mulai dari menjadi anggota jaringan kriminal hingga keterlibatan langsung dalam serangan Januari 2015. Dakwaan terorisme dibatalkan untuk enam dari 11 terdakwa di pengadilan yang dinyatakan bersalah atas kejahatan yang lebih ringan.