Logo ABC

Setahun Setelah COVID-19, Warga Wuhan Masih Diliputi Trauma

Kankan (tengah ) harus dirawat di rumah sakit Wuhan Central dimana pasien-pasien pertama COVID-19 juga dirawat.
Kankan (tengah ) harus dirawat di rumah sakit Wuhan Central dimana pasien-pasien pertama COVID-19 juga dirawat.
Sumber :
  • abc

Setahun setelah pandemi global COVID-19 yang asal mulanya dipercaya berasal dari Wuhan, bayi Kankan akhirnya bisa bermain di luar rumah tanpa membuat orang tuanya khawatir.

Ia lahir 20 hari sebelum kasus pertama virus corona dilaporkan terjadi pertengahan Desember tahun lalu.

Sama seperti juga warga dunia lainnya, kehidupan Kankan terpengaruh karena pandemi COVID-19.

Kankan dilahirkan dengan masalah Necrotising Enterocolitis, penyakit yang menyerang bagian ususnya, dan dia dibawa untuk dirawat di Rumah Sakit Wuhan Central.

Rumah sakit tersebut juga adalah tempat pasien-pasien pertama COVID yang terkena virus dari Pasar Besar Makanan Laut Huanan.

Sebulan kemudian, Kankan boleh meninggalkan rumah sakit namun masalah yang dihadapi keluarganya lebih susah lagi, karena seluruh Wuhan ditutup sehingga usaha merawatnya di rumah menjadi masalah.

A child looking aside in the arms of his father
Kankan sekarang masih menghadapi masalah kesehatan dengan penglihatan dan kurangnya kalsium karena jarang terkena sinar matahari.

Supplied: Damai

Saat jutaan warga di kota Wuhan panik membeli berbagai kebutuhan untuk bertahan hidup hanya beberapa jam sebelum kota Wuhan memberlakukan "lockdown", ayah Kankan, Long Kong menemukan supermarket sudah kosong ketika ia hendak membeli barang-barang untuk kebutuhan bayinya.

"Setiap hari ketika bangun, saya langsung berpikir ke mana saya harus pergi dan bagaimana caranya bisa pergi," kata Kong kepada ABC.