Segera Dilantik, Joe Biden Bakal Tandatangani 17 Perintah Eksekutif

Joe Biden dan Kamala Harris
Sumber :
  • secure.actblue.com

VIVA –  Joe Biden dan Kamala Harris akan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat pada Rabu, 20 Januari 2021, waktu setempat. Di hari pertama sebagai presiden, Biden akan menandatangani 17 perintah eksekutif mencakup berbagai sektor.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Sebagai langkah pertama, Biden akan mengakhiri larangan masuk bagi warga dari beberapa negara mayoritas Muslim yang selama ini dilakukan pemerintahan Donald Trump. Biden juga akan menghentikan pembangunan tembok perbatasan AS-Meksiko yang dibuat Trump untuk membendung masuknya imigran ilegal.

Biden akan menetapkan mandat penggunaan masker di seluruh properti federal, untuk membendung penyebaran COVID-19. Kemudian, memulihkan perlindungan cagar alam berharga yang dihilangkan Trump dan mengupayakan pembekuan penggusuran dan perlindungan bagi jutaan orang yang terdampak pandemi.

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

Dia berencana mengirim RUU ke kongres, untuk mengubah kebijakan imigrasi dan memberikan kesempatan bagi migran tidak berdokumen yang tinggal di dalam negeri itu. Hal ini untuk mendapatkan kewarganegaraan yang selama ini ditolak oleh pemerintahan Trump.

"Biden akan mengambil tindakan, tidak hanya membalikkan kerusakan paling parah dari pemerintahan Trump, tetapi juga untuk mulai memajukan negara kita," kata staf pembantu Biden dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Channel News Asia, Rabu, 20 Januari 2021.

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

Seperti diketahui, keamanan pelantikan Biden-Harris akan lebih ketat dengan jumlah aparat keamanan. Keamanan ketat ini pasca serangan massa pro-Trump yang menyerbu Capitol Hill pada 6 Januari lalu.

Umumnya saat pelantikan Presiden AS, ribuan masyarakat akan datang ke Washington DC memenuhi National Mall, untuk menyaksikan langsung upacara inagurasi presiden. Pada pelantikan Barack Obama misalnya, diperkirakan dua juta orang datang menghadiri pelantikan tersebut.

Namun karena COVID-19, upacara pelantikan akan dilakukan dengan terbatas. Pemerintah mendesak warga AS untuk diam di rumah agar menekan angka penyebaran virus corona. Stand pawai yang telah dibangun di sepanjang rute parade juga telah diturunkan.

Salah satu tradisi yang akan dilakukan adalah bahwa Biden dan Harris akan tetap mengucapkan sumpah mereka di depan US Capitol, menghadap National Mall. Hal ini sesuai tradisi yang dimulai oleh Presiden Ronald Reagan pada tahun 1981.

Baca Juga: Selain Lady Gaga, Ini Deretan Artis yang Ramaikan Pelantikan Joe Biden

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya