Bali dan Kumamoto Jepang Galang Sister Province

Pertemuan Dubes RI untuk Jepang, Heri Akhmadi dengan Gubernur Kumamoto, Kabashim
Sumber :
  • Foto KBRI Tokyo

VIVA – Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi melakukan pertemuan dengan Gubernur Prefektur (Provinsi) Kumamoto, Kabashima Ikuo di kantor Gubernur Kumamoto Senin, 8 Februari 2021. 

Pariwisata Hijau dan Berkelanjutan Bakal Jadi Fokus Kemenparekraf

Selain menyampaikan apresiasi atas kerja sama yang terjalin selama ini antara Prefektur Kumamoto dengan Provinsi Bali di bidang pertanian maupun pendidikan, dalam pertemuan itu juga tercapai kesepakatan kerjasama 'Sister Province' antara Bali dengan Prefektur Kumamoto.
 
"Kami mengupayakan agar kerja sama Bali dan Kumamoto ini dapat ditingkatkan hingga ke kerja sama perdagangan dan pariwisata, termasuk kerja sama sister province," ujar  Dubes RI Heri Akhmadi yang dalam pertemuan itu didampingi oleh Koordinator Fungsi Ekonomi KBRI Tokyo Rima Cempaka dan Kepala Pertamina Asia Timur Made Adi Putra dalam keterangan tertulisnya, Selasa 9 Februari 2021.

Photo :
  • Foto KBRI Tokyo
Arab Saudi Dirikan Maskapai Baru, Rute Riyadh-Afrika Akan Terealisasi

Gubernur Kumamoto, Kabashima Ikuo, mengatakan, saat ini Prefektur Kumamoto tengah menggandeng Japan International Cooperation Agency (JICA) untuk melakukan berbagai proyek kerja sama konkret dengan Provinsi Bali.

Kabashima berharap agar Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama Kumamoto dengan Provinsi Bali, yang berakhir masa berlakunya pada tahun 2019 lalu, dapat segera diperpanjang melalui penandatanganan Letter of Intent dalam waktu dekat. Momentum ini akan membuka jalan untuk meningkatkan level kerja sama antara  Prefektur Kumamoto dan Provinsi Bali untuk menjadi 'Sister Province'.
 
Kumamoto merupakan kota terbesar kedua di Pulau Kyushu dengan populasi sekitar 730.000 orang. Dalam waktu dekat, kerja sama ini juga akan terlihat nyata dengan terpilihnya Kumamoto sebagai host town cabang olahraga badminton untuk Tim Bulu Tangkis Indonesia pada Olimpiade  mendatang.

KAI Diskon Tiket 20 Persen di Promo Bursa Pariwisata, Catat Rute-rutenya

Keberadaan Tim Bulu Tangkis Indonesia di Kumamoto diharapkan dapat memperkenalkan lebih jauh mengenai Indonesia, kepada masyarakat Kumamoto. Hal ini tentunya juga akan mendorong lebih banyak kerja sama di masa depan.
 
Di sela-sela kunjungan ke Kumamoto, Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi juga melakukan pertemuan dengan Direktur Jenderal Japan External Trade Organization (JETRO) Kumamoto, Kuga Akito.

Dalam pertemuan tersebut, Dubes Heri tegaskan pentingnya peningkatan kerja sama pertanian dan perikanan serta pemutakhiran kebijakan ekonomi Indonesia, khususnya Omnibus Law dan rencana pendirian Indonesia Investment Authority (INA) atau  lembaga pengelola investasi  Sovereign Wealth Fund (SWF) Indonesia. Terkait INA, Dubes Heri secara khusus mengundang investasi dari Prefektur  Kumamoto pada sektor tematik seperti healthcare dan pusat inovasi tech-park di Bali.

Pj Gubernur Sumut, Hassanudin.(dok Pemprov Sumut)

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

Kejuaraan North Sumatera Amateur Open (NSAO) 2024, kembali digelar oleh Persatuan Golf Indonesia (PGI) Sumut. Peserta berasal dari Indonesia, Malaysia, Vietnam, Filipina,

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024