Logo BBC

Aduh, COVID-19 di India Makin Fatal karena Penyakit 'Jamur Putih'

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Mei lalu, seorang pria setengah baya yang mengidap Covid-19 dibawa ke unit perawatan intensif (ICU) suatu rumah sakit di Kota Kolkata, India bagian timur.

Saat kondisinya memburuk, pasien itu dipasangkan ventilator dan diberi steroid - yang dianggap sebagai obat manjur bagi pasien Covid-19 yang sakit parah dan kondisinya sudah kritis.

Namun, para pakar mengatakan obat itu juga mengurangi imunitas sekaligus menaikkan gula darah pasien yang bersangkutan.

Setelah lama dirawat di ICU, pasien itu lantas pulih dan bersiap untuk pulang. Tanpa disangka, para dokter menemukan pasien tersebut sudah terinfeksi jamur mematikan yang kebal terhadap obat.

Jamur Candida aurisĀ (C. auris), yang ditemukan sekitar satu dekade lalu, merupakan salah satu mikroba di rumah sakit yang paling ditakuti di dunia. Jamur ini kerap menyebabkan infeksi saluran darah dan paling sering terdeteksi di unit perawatan intensif di rumah sakit-rumah sakit seluruh dunia. Tingkat kematian akibat jamur ini mencapai sekitar 70%.

"Kami menyaksikan bertambahnya pasien yang menderita infeksi itu selama gelombang kedua Covid-19. Ada banyak orang sakit di ICU dan banyak dari mereka menerima dosis steroid tinggi. Itu bisa menjadi penyebab," kata Dr Om Srivastava, spesialis penyakit infeksi yang berbasis di Mumbai.

Covid, India, jamur
Getty Images
Jamur candida auris menyebabkan infeksi yang resistan pada obat melanda para pasien Covid di India.