6 Pemimpin Taliban Saat Ini di Afghanistan dan Tanggung Jawabnya

Pertemuan pimpinan Taliban dan AS di Doha, Qatar
Sumber :
  • Al Jazeera

VIVA – Pasukan Taliban sudah melancarkan berbagai aksi pemberontakan untuk melawan pemerintah Afghanistan yang didukung oleh Barat sejak tahun 2001. Di balik berbagai aksi perlawanan tersebut, terdapat enam pemimpin kunci. Siapa saja pemimpin Taliban saat ini?

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Pada awalnya, Taliban merupakan sekelompok pejuang ‘mujahidin’ yang pada tahun 1980-an memerangi pasukan Soviet dengan dukungan Badan Intelijen Pusat AS (CIA). Kelompok ini muncul pada tahun 1994 sebagai salah satu faksi yang berperang dalam perang saudara.

Dalam perang tersebut, Taliban memiliki kontrol terhadap banyak wilayah di Afghanistan pada tahun 1996, di mana mereka mulai memaksakan interpretasinya terhadap hukum Islam.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Negara lawan dan Barat secara brutal menuduh Taliban menegakkan hukum Islam versi mereka dan menindas minoritas agama lainnya.

Sejak kemunduran pasukan Amerika Serikat (AS) pada awal tahun 2020, Taliban kembali melawan militer Afghanistan dan merebut sebagian besar wilayah negara tersebut untuk menguasai 10 ibu kota dari 34 provinsi.

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Pendiri dan pemimpin asli dari kelompok ini adalah Mullah Mohammad Omar, yang bersembunyi setelah Taliban digulingkan oleh pasukan lokal yang didukung AS setelah serangan 11 September 2001 di AS.

Keberadaan Omar terus dirahasiakan, hingga kematiannya pada tahun 2013 baru diumumkan ke publik dua tahun kemudian oleh putra laki-lakinya.

Dikutip dari Aljazeera, berikut ini 6 pemimpin Taliban saat ini di balik pemberontakan dan perlawanan untuk menguasai seluruh wilayah Afghanistan.

1. Haibatullah Akhunzada
Dikenal sebagai ‘Pemimpin Orang Beriman’, Haibatullah Akhunzada adalah pemimpin tertinggi Taliban saat ini yang memegang otoritas terakhir atas urusan politik, agama, dan militer Taliban.

Ia merupakan pengambil alih pendahulunya, Akhtar Mansour, yang tewas dalam serangan pesawat tak berawak di dekat perbatasan Afghanistan-Pakistan pada tahun 2016.

Selama 15 tahun, Akhunzada mengajar dan berkhotbah di masjid di Kuchlak, sebuah kota di barat daya Pakistan. Namun, pada Mei 2016, ia secara tiba-tiba menghilang. Akhunzada diyakini berusia sekitar 60 tahun. Hingga saat ini, keberadaannya tidak diketahui.

2. Mullah Mohammad Yaqoob
Yaqoob merupakan anak dari pendiri kelompok Taliban, yakni Mullah Omar, yang bertanggung jawab untuk mengawasi operasi militer Taliban. Menurut laporan dari media lokal Afghanistan, Yaqoob saat ini berada di Afghanistan.

Dalam berbagai suksesi, Yaqoob sering diusulkan sebagai pemimpin Taliban. Akan tetapi, ia mengajukan Akhunzada pada tahun 2016 lantaran merasa masih terlalu muda dan tidak memiliki pengalaman di medan perang. Mullah Mohammad Yaqoob diyakini berusia awal 30 tahunan.

3. Sirajuddin Haqqani
Putra dari komandan terkemuka mujahidin, Jalaluddin Haqqani, ini bertugas untuk memimpin Jaringan Haqqani, yakni sebuah kelompok yang mengawasi aset keuangan dan militer Taliban di perbatasan Pakistan-Afghanistan.

Beberapa ahli percaya bahwa jaringan yang dipimpin oleh Haqqani lah yang memperkenalkan bom bunuh diri ke Afghanistan, termasuk salah satu serangan di Kabul yang merupakan upaya untuk membunuh Presiden Hamid Karzai.

Haqqani diyakini berusia akhir 40 tahunan atau awal 50 tahunan. Sama seperti Akhunzada, keberadaannya tidak diketahui.

4. Mullah Abdul Ghani Baradar
Salah satu pendiri Taliban, Baradar, merupakan kepala kantor politik Taliban dan merupakan bagian dari tim perunding Taliban di Doha. Sebagai kepala kantor, Baradar bertugas untuk merundingkan kesepakatan politik yang bisa membuka jalan bagi gencatan senjata dan perdamaian di Afghanistan.

Menurut kabar, Baradar merupakan salah satu komandan kepercayaan Mullah Omar. Pada tahun 2010, ia pernah ditangkap oleh pasukan keamanan di kota Karachi, Pakistan dan dibebaskan pada tahun 2018.

5. Sher Mohammad Abbas Stanikzai
Stanikzai merupakan seorang mantan wakil menteri di pemerintahan Taliban. Sebelum pemecatannya, ia tinggal di Doha selama hampir satu dekade dan menjadi kepala kantor publik di sana pada tahun 2015.

Dengan Pemerintah Afghanistan, Stanikzai telah mengambil bagian negosiasi dan pernah mewakili Taliban dalam perjalanan diplomatik ke sejumlah negara.

6. Abdul Hakim Haqqani
Menjabat sebagai kepala tim perunding Taliban, Abdul Hakim Haqqani merupakan pemimpin Taliban saat ini yang lainnya. Ia adalah mantan kepala pengadilan bayangan Taliban yang mengepalai dewan ulama. Diyakini, ia merupakan salah satu orang yang paling dipercaya oleh Akhunzada.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya