Logo BBC

Kisah Perempuan India Dievakuasi dari Kabul Afghanistan

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

BBC
Nausheen memotret dirinya sendiri di cermin sebuah lift. Ia terus-menerus merasa takut bahwa semuanya akan kacau.


Rumah aman. Pasukan Taliban. Menunggu panggilan dari kedubes. Kekacauan di bandara. Dan terus merasa takut bahwa ini dapat berakhir bencana bagi Anda dan orang-orang terkasih Anda.

Inilah cerita Nausheen dan perjuangannya untuk keluar dari Kabul setelah Taliban menguasai ibu kota Afghanistan itu. Namanya telah diubah demi keamanan dirinya dan keluarganya.

Saya berbicara dengan Nausheen lewat telepon pada hari Sabtu siang, 21 Agustus. Perempuan itu telah duduk di dalam sebuah minibus di luar Bandara Kabul selama hampir 20 jam, tanpa akses ke makanan atau toilet, dalam upaya putus asa untuk menumpang pesawat militer sebagai bagian dari rencana evakuasi darurat India.

Namun ini bukanlah akhir dari ceritanya. Jauh dari itu. Bagaimana ia bisa sampai di sini?

Putar balik ke 15 Agustus. Nausheen, warga India yang menikah dengan warga Afghanistan dan memiliki kerabat di kedua negara, memesan penerbangan Air India pada tanggal 19 dari Kabul ke Delhi. Namun setelah Taliban mengambil alih Kabul, semua penerbangan komersial, termasuk yang telah ia pesan, dibatalkan.

Nausheen mendapati pada tanggal 15 bahwa kebanyakan kedutaan besar di Afghanistan tutup dalam semalam dan para stafnya hengkang dari negeri itu ketika ada kesempatan.

Suaminya ingin Nausheen keluar dari Afghanistan sesegera mungkin. Ia segera membawa paspor dan chadari (burka) lalu, bersama suaminya, berangkat ke Kedubes India untuk bertanya tentang penerbangan evakuasi.

"Ketika kami sampai di Kedubes India, untungnya mereka masih beroperasi. Namun saya bisa merasakan suasananya sangat tegang. Mereka menghancurkan dan membakar semua dokumen. Para staf mengatakan mereka akan terus bekerja sampai sore hari itu. Saya ingin mendapatkan visa untuk seluruh keluarga saya di sini di Afghanistan. Mereka meminta saya untuk datang lagi pada sore hari dengan paspor dan dokumen lainnya. Jadi saya kembali ke rumah.