Logo BBC

Inilah Perbedaan Taliban, Al-Qaeda dan ISIS

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Jihadis di seluruh dunia tengah merayakan keberhasilan Taliban menguasai Afghanistan.

Di Yaman dan sejumlah negara lain, mereka menyalakan kembang api, di Somalia mereka membagikan permen; dan di internet, kelompok-kelompok Islamis di Asia Selatan menyambut penarikan pasukan Barat dari negara itu sebagai kemenangan atas kekuatan militer Barat.

Sekarang, para pakar mengkhawatirkan kemunculan era baru jihadisme di Timur Tengah dan Asia Tengah.

Afghanistan, Taliban
Getty Images
Meskipun melakukan jihad, dalam arti perang suci, tiga kelompok ini memiliki ambisi, tujuan, dan metode yang berbeda.

Ancaman terbesar datang dari kelompok-kelompok yang berafiliasi dengan al-Qaeda dan kelompok yang menyebut diri mereka Negara Islam (ISIS) - yang melemah dalam beberapa tahun terakhir namun masih aktif.

Sebagai bagian dari kesepakatannya dengan AS, Taliban berjanji tidak akan menyembunyikan kelompok-kelompok ekstremis yang berniat melakukan serangan terhadap target di Barat. Namun kelompok militan itu tetap menjalin hubungan dekat dengan al-Qaeda.

Adapun saingan al-Qaeda, ISIS, akan terdesak untuk menunjukkan relevansinya, menurut beberapa pengamat.

Negara Islam Provinsi Khorasan (ISIS-K), yang berafilisasi dengan ISIS, tidak membuang waktu dan melakukan serangan di luar bandara Kabul pada 26 Agustus, yang menewaskan 170 orang, termasuk 13 personel militer AS.

Tapi selain ideologi fundamentalisnya, apa yang membedakan ketiga kelompok ini?

Raqaa, kota yang dianggap ISIS sebagai ibu kotanya
Getty Images
ISIS, yang menyatakan diri sebagai kalifah, menguasai sebagian besar wilayah di Irak dan Suriah.

Colin Clarke, peneliti dan analis keamanan di Soufan Center di New York, merangkum:

"Taliban adalah pemain paling signifikan di Afghanistan. Al-Qaeda adalah kelompok jihad transnasional yang berusaha membangun kembali jaringannya. Begitu pula ISIS, tetapi perjuangan mereka tidak akan mudah karena mereka adalah musuh bebuyutan al-Qaeda dan Taliban," katanya kepada BBC.

Asal-usul

Al-Qaeda dan Taliban muncul dalam peperangan melawan invasi Soviet pada akhir 1980-an dan konflik internal Afghanistan pada awal 1990-an.