Siswa Masukkan Perangkat Bluetooth di Sandal untuk Mencontek Ujian

Siswa memasukkan perangkat bluetooth di sandal agar bisa mencontek saat ujian.
Siswa memasukkan perangkat bluetooth di sandal agar bisa mencontek saat ujian.
Sumber :
  • worldofbuzz.com

VIVA – India menutup layanan internet seluler dan SMS di 16 distrik di Rajasthan selama 12 jam untuk mencegah siswa menyontek selama ujian, pada 26 September. Namun, meskipun tindakan tersebut telah diambil, beberapa siswa masih menemukan cara licik untuk menyontek yaitu dengan menggunakan perangkat Bluetooth yang disembunyikan di sandal jepit mereka.

Menurut The Straits Times, sepuluh siswa ditangkap setelah taktik mereka ditemukan sebelum mereka mengikuti ujian. Kelompok itu menyembunyikan perangkat Bluetooth di bawah sandal jepit yang dapat menerima telepon, yang kemudian mentransmisi suara ke alat penerima yang tersembunyi di telinga mereka.

Sementara si kaki tangan kemudian membantu dengan memanggil perangkat tersembunyi itu, dan memberi tahu jawaban yang benar dalam ujian.

Namun, sebelum mereka dapat melaksanakan rencana nakal mereka, akal bulus mereka segera terungkap setelah mereka mulai bertingkah mencurigakan di luar ruang ujian pada malam sebelum ujian.

“Kami menyadari kemungkinan menyontek, tetapi kami pikir itu adalah kebocoran kertas pertanyaan atau seseorang akan menggunakan internet, itulah sebabnya mengapa itu (internet) dibatasi di banyak kota,” Priti Chandra, seorang pejabat polisi di kota barat Bikaner.

“Tapi ini adalah modus operandi yang sama sekali baru. Mereka menjadi sangat paham teknologi.”

Menurut penyelidikan, setidaknya 25 siswa membeli sandal jepit 'khusus' ini dari geng seharga 600.000 rupee atau Rp115,6 juta per pasang.