CIA Kehilangan Banyak Informan di Luar Negeri: Ditangkap dan Dibunuh

Central Intelligence Agency
Sumber :
  • Website/cia.gov

VIVA – Badan Intelijen Amerika Serikat atau CIA mengklaim telah kehilangan sejumlah informannya di luar negeri. Informasi melalui memo rahasia yang diperoleh New York Times, menyebutkan CIA telah lusinan kasus dalam beberapa tahun terakhir, para informan yang direkrut dari negara lain sebagai mata-mata AS ditangkap, dibunuh atau dikompromikan.

Tentara Israel Jatuh Cinta ke Intel Iran yang Nyamar Jadi Wanita, Bocorkan Rahasia Militer

Meskipun singkat, memo rahasia tersebut menjelaskan jumlah spesifik agen yang dieksekusi oleh badan intelijen saingannya. Pejabat tinggi kontra intelijen AS mengingatkan hal ini kepada setiap agen CIA di seluruh dunia, agar selalu waspada.

Informasi rahasia itu menyebutkan dalam beberapa tahun terakhir, badan intelijen musuh di negara-negara seperti Rusia, Cina, Iran dan Pakistan telah memburu informan CIA dan dalam beberapa kasus mengubahnya menjadi agen ganda.

Gagal Cegah Serangan Hamas, Bos Intelijen Israel Mundur

CIA mengakui bahwa merekrut mata-mata adalah pekerjaan yang berisiko tinggi, telegram tersebut mengungkap masalah yang telah mengganggu agen tersebut dalam beberapa tahun terakhir, seperti terlalu mempercayai sumber; meremehkan badan intelijen asing, dan bergerak terlalu cepat untuk merekrut informan sementara tidak cukup memperhatikan potensi risiko kontra-intelijen.

Penangkapan sejumlah informan AS dan mengkompromikannya menjadi agen ganda telah menunjukkan bahwa teknologi dan inovasi badan intelijen musuh yang semakin canggih. Seperti menggunakan pemindaian biometrik, pengenalan wajah, kecerdasan buatan, dan alat peretasan untuk melacak pergerakan mata-mata AS.

5 Pasukan Khusus Militer AS Paling Elit dan Perannya

Sedangkan CIA mungkin memiliki banyak cara untuk merekrut informannya di seluruh dunia, karena mereka adalah mata-mata garis depan AS. Tetapi, mantan pejabat Intelijen mengingatkan kasus yang terjadi belakangan membuat CIA mesti waspada dalam merekrut informan asing dan mencari tahu apakah seorang informan yang direkrut murni bekerja untuk AS atau juga bekerja untuk negara lain.

Seperti diketahui, CIA telah mencurahkan banyak perhatiannya selama dua dekade terakhir untuk ancaman teroris dan konflik di Afghanistan, Irak dan Suriah, mengumpulkan informasi kekuatan musuh, baik besar maupun kecil, telah menjadi inti dari kegiatan CIA. Sekarang, para pembuat kebijakan menuntut lebih banyak informasi tentang China dan Rusia.

Hilangnya informan, kata mantan pejabat, bukanlah masalah baru. Tetapi telegram tersebut menunjukkan bahwa masalah ini lebih mendesak daripada yang dipahami publik. CIA didesak untuk memikirkan langkah-langkah yang dapat mereka ambil sendiri untuk melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam mengelola informan.

"Pada akhirnya tidak ada seorang pun yang bertanggung jawab ketika ada masalah dengan agen," kata Douglas London, mantan agen mata-mata AS. “Terkadang ada hal-hal di luar kendali kita, tetapi ada juga saat-saat kecerobohan dan kelalaian dan orang-orang di posisi senior tidak pernah bertanggung jawab.”

Juru Bicara CIA menolak berkomentar saat dikonfirmasi soal memo rahasia yang dikutip New York Times.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya