Wakil Menteri Pendidikan Thailand Dikecam karena Editan Foto Banjir

Foto editan Wakil Menteri Pendidikan Thailand, Kanokwan Wilawan, sedang meninjau banjir.
Sumber :
  • WorldofBuzz

VIVA – Seorang menteri Thailand mendapat kecaman dari warganet setelah sebuah foto diposting di media sosial memperlihatkan dia mengarungi banjir untuk melihat kondisi para siswa dan staf sekolah di daerah itu. Namun ternyata foto tersebut merupakan foto rekayasa.

Top Trending: Video Seorang Istri Menangis hingga Timnas Kalah, Marselino Jadi Tumbal

Menurut media setempat Khaosod English dan dilansir dari World of Buzz, Kementerian Pendidikan Thailand memposting gambar Wakil Menteri Pendidikan, Kanokwan Wilawan, di halaman Facebook mereka pada bulan September, yang menyebabkan kemarahan publik karena foto itu telah di-photoshop. 

Mereka menuliskan gambar dengan, “Guru Oh (panggilan Kanokwan) sedang memantau banjir di banyak daerah, termasuk situasi sekolah dan fasilitas pendidikan di bawah pengawasan kementerian.”

1.200 Warga Mengungsi, 7 Tewas dan 15 Rumah Hanyut Akibat Banjir dan Longsor Hantam Luwu

Namun, mata tajam warganet tidak bisa dikelabui. Warganet melihat keanehan dalam foto tersebut. Pada gambar yang direkayasa itu, akan dapat terlihat garis bawah celana mengambang di air banjir. 

Foto itu ternyata merupakan foto editan. Hal itu tentu saja memicu kemarahan warganet, karena sangat jelas foto sudah diubah.

Banjir dan Tanah Longsor Terjang Sulsel, 8 Warga Meninggal Dunia

Warganet menemukan gambar asli tempat Kanokwan mengunjungi daerah banjir yang ternyata pada tahun 2020 bukan baru-baru ini.

Kementerian sejak itu meminta maaf dan menghapus foto itu dalam sebuah pernyataan yang menegaskan bahwa Kanokwan tidak terlibat dengan penipuan itu. Kementerian itu menyatakan bahwa tim hubungan masyarakat yang mengubah gambar dan bertanggung jawab penuh atas kesalahan tersebut.

Banjir dan Longsor Hantam Luwu, 1.200 Warga Mengungsi, 7 Orang Tewas dan 15 Rumah Hanyut

Banjir dan Longsor di Kabupaten Luwu, 14 Warga Meninggal Dunia

Sebanyak 14 warga meninggal dunia akibat bencana banjir dan longsor yang terjadi di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan. Banjir dan longsor itu terjadi pada Jumat.

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024