Mengenal 23 Negara di Amerika Utara Lengkap dengan Ibu Kotanya

Negara di Amerika Utara
Sumber :
  • IIP Digital

VIVA – Negara di Amerika Utara tidak banyak diketahui oleh orang-orang. Benua Amerika bagian utara ini membentang lebih dari 9.54 juta mil persegi atau sekitar 24.71 kilometer persegi. Amerika Utara terdiri atas 16.5% dari luas daratan bumi serta 4.8% dari total luas keseluruhan bumi.

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

Ini merupkana benua terbesar ketiga berdasarkan wilayah lain yaitu Asia dan Afrika. Benua tersebut juga merupakan rumah untuk sekitar 580 juta orang. Di Amerika Utara terdapat 23 negara dan 23 ibu kota. Nah, berikut ini adalah negara di Amerika Utara yang secara lengkap yang disadur dari worldpopulationreview.com.

Lalu, Apa Saja Negara di Amerika Utara?

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

1. Antigua dan Barbuda - Saint John's

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

Ibu kota dan kota terbesar Antigua adalah St. John's yang memiliki lebih dari 24.000 penduduk dan lebih dari seperempat populasi negara itu. Kota ini menjadi ibu kota administratif ketika pulau-pulau tersebut pertama kali dijajah pada tahun 1632.

Kota tersebut kemudian menjadi pusat pemerintahan setelah kemerdekaan pada tahun 1981. Ibu kota ini juga merupakan pusat komersial dan pelabuhan utama Antigua dan Barbuda. Perbankan investasi, pariwisata, dan belanja populer di St. John's.

2. Bahama - Nassau

Ibu kota Bahama adalah Nassau. Terletak di pulau New Providence, Nassau memiliki sekitar 275.000 penduduk, sekitar 70% dari total penduduk Bahama. Nassau adalah pusat pendidikan, komersial, dan administrasi untuk Bahama. Ini juga merupakan bagian dari Jaringan Kota Kreatif UNESCO dan dianggap sebagai kota Kerajinan dan Seni Rakyat.

3. Barbados - Bridgetown

Bridgetown adalah ibu kota Barbados. Dengan populasi lebih dari 100.000, itu juga merupakan kota terpadat di negara itu. Bridgetown memiliki pelabuhan kapal pesiar dan bandara dengan penerbangan harian ke dan dari Amerika Serikat, Inggris Raya, Kanada, dan pulau-pulau lainnya.

Hal ini memungkinkan Bridgetown menjadi tujuan wisata penting bagi Barbados. Pada tahun 2011, ibu kota ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

4. Belize - Belmopan

Belize adalah ibu kota Belize sampai tahun 1961 ketika dihancurkan dalam badai. Pada tahun 1970, Belmopan didirikan sebagai kota terencana dan menjadi ibu kota Belize. Hal ini menjadikan Belmopan sebagai salah satu ibu kota termuda. Dengan 20.621 penduduk, Belmopan adalah ibu kota terkecil di Amerika dan kota terbesar ketiga di Belize.

5. Kanada - Ottawa

Ibu kota Kanada adalah Ottawa. Ottawa adalah rumah bagi lebih dari 1 juta orang, dan wilayah metropolitannya memiliki lebih dari 1,3 juta orang. Ottawa adalah kota terbesar keempat di Kanada dan wilayah metropolitan sensus terbesar kelima. Ottawa memiliki populasi terdidik di antara kota-kota Kanada dan dinilai sebagai kota terbersih kedua di Kanada dan kota terbersih ketiga secara global.

6. Kosta Rika - San José

Ibu kota Kosta Rika dan kota terbesar adalah San José. San José adalah pusat pemerintahan dan pusat politik, ekonomi, dan transportasi yang signifikan. Ibu kotanya memiliki sekitar 343.000 penduduk dan sekitar 2,16 juta di wilayah metropolitannya. San José adalah salah satu kota teraman di Amerika Latin dan terkenal karena kualitas hidup, layanan publik, dan institusinya yang tinggi.

7. Kuba - Havana

Ibu kota Kuba, kota pelabuhan utama, dan pusat komersial adalah Havana. Havana adalah kota terbesar di Karibia, dengan 2,13 juta penduduk di 281,18 mil persegi (728,26 kilometer persegi). Ekonomi Havana beragam, dengan pariwisata, transportasi, biotek, dan manufaktur sebagai sektor utamanya.

8. Dominika - Roseau

Roseau adalah ibu kota Dominika. Pada 2011, populasi Roseau adalah 14.725, menjadikannya kota terbesar di negara itu. Ibu kotanya adalah pelabuhan utama negara untuk perdagangan luar negeri, termasuk ekspor pisang, jeruk bali, koka, dan banyak lagi.

Bahasa resmi kota ini adalah bahasa Inggris, sedangkan bahasa Kreol Antilla yang berbasis di Prancis juga digunakan. Pengaruh Prancis juga dapat dilihat pada arsitektur kota.

9. Republik Dominika - Santo Domingo

Santo Domingo adalah ibu kota dan kota terbesar di Republik Dominika. Dengan populasi 970.000 orang dan populasi metropolitan hampir 3 juta, Santo Domingo adalah wilayah metropolitan terbesar di Karibia. Selain sebagai pusat keuangan, politik, dan komersial negara, ibu kota juga merupakan pusat budaya, dan Zona Kolonialnya dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

10. El Salvador - San Salvador

Ibu kota El Salvador adalah San Salvador, yang berarti "Juru Selamat Suci". San Salvador adalah kota terpadat di negara itu, dengan sekitar 570.000 orang di ibu kota dan lebih dari 2,4 juta di wilayah metropolitannya.

San Salvador adalah pusat keuangan El Salvador dan Amerika Tengah. Sekitar 70% dari investasi publik dan swasta negara dibuat di ibu kota, dan ekonomi adalah campuran dari layanan, perbankan, kantor pusat bisnis, pendidikan swasta, dan manufaktur.

11. Grenada - St. George's

Ibu kota Grenada adalah St. George's. St George terletak di lereng bukit kawah gunung berapi dan memiliki populasi 34.000. Kota ini memiliki sektor pariwisata yang signifikan dan memiliki banyak ekspor, termasuk pala, kakao, fuli, vanili, kayu manis, dan banyak lagi.

12. Guatemala - Guatemala City

Ibu kota Guatemala dan kota terbesar adalah Guatemala City. Ibu kotanya memiliki sekitar 1 juta penduduk, dan wilayah metropolitannya memiliki sekitar 3,7 juta. Guatemala City adalah rumah bagi bank sentral negara itu, beberapa perusahaan komunikasi dan telekomunikasi, dan banyak jaringan department store besar, yang didukung oleh basis konsumen kota yang besar.

13. Haiti - Port-au-Prince

Ibu kota Haiti adalah Port-au-Prince. Port-au-Prince juga merupakan kota terbesar di Haiti, dengan sekitar 1 juta orang di ibu kota dan lebih dari 2,6 juta di wilayah metropolitannya. Meskipun Port-au-Prince memiliki industri pariwisata dan salah satu lingkungan terbesar di Haiti pusat ekonomi dan keuangan, pengangguran dan setengah pengangguran adalah masalah yang signifikan di seluruh kota. Beberapa ekspor terbesar ibu kota adalah kopi dan gula.

14. Honduras - Tegucigalpa

Konstitusi Honduras menetapkan Tegucigalpa dan Comayagüela sebagai ibu kota Honduras pada tahun 1982. Meskipun demikian, semua cabang pemerintahan berlokasi di Tegucigalpa. Tegucigalpa adalah kota terbesar di Honduras dan pusat politik dan administrasinya. Ibu kotanya memiliki sekitar 1,26 juta penduduk. Infrastruktur kota berjuang untuk mengimbangi dan mendukung pertumbuhan penduduknya, dengan kemiskinan, urbanisasi yang berlebihan, dan perencanaan bra yang tidak memadai menjadi masalah yang sedang berlangsung.

15. Jamaika - Kingston

Kota dan ibu kota terbesar Jamaika adalah Kingston. Populasi Kingston lebih dari 1,24 juta orang dan mencakup lebih dari 190 mil persegi. Kingston juga merupakan kota berbahasa Inggris terbesar di selatan AS. Mayoritas aktivitas ekonomi Jamaika terjadi di ibu kota, dan kota ini memiliki jumlah sekolah, rumah sakit, dan universitas terbanyak di negara ini. Industri utama ibu kota termasuk pengiriman, manufaktur pakaian jadi, dan pariwisata.

16. Meksiko – Meksiko City

Mexico City, atau Ciudad de México dalam bahasa Spanyol, adalah ibu kota Meksiko. Dengan 9 juta orang di kota dan 21 juta di daerah perkotaan, Mexico City adalah kota terpadat di Meksiko dan Amerika Utara.

Mexico City adalah salah satu pusat ekonomi terpenting di Amerika Latin. Ibu kota menghasilkan 15,8% dari PDB Meksiko pada $390 miliar. Jika Mexico City adalah sebuah negara, itu akan memiliki ekonomi terbesar ke-30 di dunia.

17. Nikaragua - Managua

Managua adalah ibu kota Nikaragua. Managua didirikan pada tahun 1819 dan menjadi ibu kota dan pusat pemerintahan pada tahun 1852. Ibu kota ini memiliki populasi lebih dari 1 juta orang, dan wilayah metropolitannya memiliki populasi 1,4 juta.

Ibu kotanya adalah pusat pendidikan nasional dengan beberapa 48 universitas dan 113 perguruan tinggi dan lembaga pendidikan tinggi lainnya. Ini juga merupakan pusat ekonomi Nikaragua, rumah bagi semua bank besar, bisnis nasional, dan internasional yang besar.

18. Panama - Panama City

Panama City adalah ibu kota Panama dan kota terbesar. Populasi Panama City adalah sekitar 900.000, dan populasi perkotaannya melebihi 1,5 juta. Panama City adalah pusat ekonomi dan keuangan Panama dan memiliki ekonomi berbasis layanan. Ekonominya sangat bergantung pada pariwisata, pelayaran, perdagangan, dan perbankan. Modal menyumbang sekitar 55% dari total PDB negara.

19. Saint Kitt dan Nevis - Basseterre

Basseterre adalah ibu kota Saint Kitts dan Nevis. Dengan perkiraan 14.000 penduduk, itu juga merupakan kota terbesar di negara itu. Basseterre didirikan pada 1627 oleh pedagang Prancis Pierre Belain d'Esnambuc, menjadikannya salah satu pemukiman tertua di Karibia Timur. Ibu kotanya didirikan sebagai pusat keuangan di Karibia Timur, rumah bagi St. Kitts-Nevis-Anguilla National Bank, yang terbesar di Karibia Timur.

20. Saint Lucia - Castries

Ibu kota dan kota terbesar Saint's Lucia adalah Castries. Castries memiliki lebih dari 20.000 penduduk. Ini adalah rumah bagi pusat pemerintahan dan kantor pusat dari banyak bisnis, serta fasilitas perbelanjaan bebas bea dan kantor pos utama negara itu. Castries adalah tempat kelahiran pemenang Hadiah Nobel Ekonomi 1979, Arthur Lewis, dan pemenang Hadiah Nobel Sastra 1992, Derek Walcott.

21. Saint Vincent dan Grenadines - Kingstown

Kingstown adalah ibu kota Saint Vincent dan Grenadines. Kingstown juga merupakan kota terpadat di negara ini, dengan 16.500 penduduk pada 2010. Ibu kota ini didirikan oleh pemukim Prancis pada tahun 1722. Ini berfungsi sebagai pusat industri pertanian pulau dan sebagai titik masuk bagi wisatawan.

22. Trinidad dan Tobago – Port of Spain

Ibu kota Trinidad dan Tobago adalah Port of Spain, secara resmi Kota Port of Spain. Kota ini adalah yang terpadat kedua di negara ini, dengan sekitar 40.000 penduduk. Port of Spain adalah rumah bagi Bursa Efek Trinidad dan Tobago, bursa saham terbesar dan tersukses di Karibia.

23. Amerika Serikat - Washington D.C.

Washington DC

Photo :
  • IG Donald Trump.
 

Washington D.C., yang dikenal sebagai D.C. atau Washington, adalah ibu kota Amerika Serikat. Populasinya lebih dari 700.000, dan area statistik gabungannya memiliki sekitar 9,7 juta. Ibu kota ini menampung 177 kedutaan asing dan banyak organisasi internasional, serikat pekerja, asosiasi profesional, dan kantor pusat nirlaba.

Ini juga merupakan rumah bagi Gedung Putih, Gedung Kongres Amerika Serikat, Monumen Washington, dan banyak landmark, monumen, dan museum penting lainnya. Karena Washington D.C. bukan negara bagian, ia tidak memiliki perwakilan di Kongres. Namun, ia memiliki tiga suara di Electoral College untuk memilih presiden dan wakil presiden.

Air Terjun Victoria, Zimbabwe.

Terungkap! Penemuan Rumah Leluhur Umat Manusia Menggemparkan Dunia

Para ilmuwan di Australia memicu perdebatan setelah mengklaim telah menemukan rumah leluhur semua manusia modern.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024