Jenderal Otak Kudeta Sudan Pecati Dubes Gara-gara Marah Dikecam Dunia

Jenderal Abdel Fattah al-Burhan
Sumber :
  • Video France 24

VIVA – Jenderal militer yang melakukan kudeta di Sudan yakni Jenderal Abdel Fattah al-Burhan kian mengencangkan pengamanan menghempang protes oleh massa prodemokrasi. Bahkan Jenderal Abdel Fattah al-Burhan menunjukkan kemarahannya setelah dikecam bersama oleh dunia internasional.

Letjen TNI Saleh Mustafa Buka Kejuaraan Taekwondo Pangkostrad Cup 2024

Pada Rabu, Jenderal Abdel Fattah al-Burhan lalu memecat 6 duta besar (dubesnya) di 6 negara yang dia tak suka karena mengecam kudeta Sudan. Enam dubes itu yakni dubes untuk Uni Eropa, China, Qatar, Prancis dan juga Utusan Khusus untuk Jenewa, Swiss. Diketahui semuanya mengecam adanya kudeta militer di Sudan, dilansir Aljazeera.

Jenderal Abdel Fattah al-Burhan sendiri sejak awal selalu bersikeras bahwa kudeta yang dia lakukan adalah demi menghindari terjadi perang sipil. Walau data-data media menunjukkan bahwa petinggi militer memang sejak lama membuat daftar pejabat dan tokoh politik yang akan dipenjarakan dan benar ditahan setelah kudeta berhasil.

'Bravo Zulu' Kapal Selam TNI AL KRI Alugoro-405 Tembakkan Torpedo Black Shark di Selat Bali

Sementara pada Rabu, Uni Afrika juga sudah mengumumkan keputusan membekukan sementara keanggotaan Sudan dari blok itu hingga transisi kekuasaan mulus. Sementara Bank Dunia juga sudah membekukan dana bantuan termasuk dana bantuan dari Amerika Serikat.

Bahkan sejumlah dubes asing dari negara-negara Barat yang berkedudukan di Khartoum menyatakan tetap mengakui kepemimpinan Abdalla Hamdok dan kabinetnya yang digulingkan itu adalah pemerintahan yang sah.

Bakrie Amanah Himpun Dana Rp 6,5 Miliar pada Ramadhan 2024 

Aksi protes massa juga masih terjadi di Khartoum dan sejumlah wilayah lainnya. Hal ini menyebabkan suasana masih mencekam dan pusat bisnis tutup. Para demonstran melempar aparat dengan batu yang dibalas dengan semburan gas air kata.

Sementara komunitas-komunitas penentang kudeta menyatakan mereka akan mengadakan demo dengan pawai bermassa lebih besar. Diperkirakan jutaan yang tersebar di berbagai tempat dan rencananya melakukan protes besar pada Sabtu mendatang.
 

VIVA Militer: Danpaspampres sematkan Brevet Kehormatan ke 28 Perwira TNI AU

28 Perwira TNI AU Terima Brevet Kehormatan Setia Waspada Paspampres, Siapa Saja Mereka?

Ini daftara nama 28 Perwira TNI AU yang dapat Brevet Kehormatan Paspampres

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024