Putin Rayakan Hari Persatuan Rusia di Krimea, Ukraina Berang

VIVA Militer: Presiden Rusia, Vladimir Putin
Sumber :
  • Washington Times

VIVA – Presiden RusiaVladimir Putin, merayakan Hari Persatuan Nasional Rusia pada Kamis 4 November 2021 dengan melakukan kunjungan ke Krimea, tindakan yang menuai protes tajam dari Ukraina.

Wamenhan Rusia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

Krimea, yakni semenanjung di sepanjang pantai utara Laut Hitam di Eropa Timur, merupakan wilayah yang dicaplok oleh Rusia dari Ukraina pada  2014.

Saat berbicara di Kota Sevastopol, tempat keberadaan armada Laut Hitam Rusia, Putin mengatakan Sevastopol dan Krimea "sekarang selamanya bersama Rusia".

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Ukraina mengutuk kunjungan Putin itu dan menyebutnya sebagai "pelanggaran berat terhadap kedaulatan Ukraina" dan hukum internasional.

Hari Persatuan Nasional Rusia adalah hari libur umum yang dibuat oleh pemerintahan Putin pada 2004 untuk menggantikan Hari Revolusi Oktober Komunis, yakni hari saat tank-tank, rudal, dan pasukan dikerahkan untuk berparade di  Lapangan Merah Moskow.

Houthi Tuding Arab Saudi hingga Rusia, China dan Iran Mulai Satukan Kekuatan

Pencaplokan Krimea dari Ukraina telah menarik kecaman internasional dan sanksi terhadap Moskow. Namun, langkah itu memberikan dorongan yang signifikan pada popularitas Putin di dalam negeri.

Putin sendiri telah membuat marah Ukraina dengan serangkaian kunjungan ke Krimea dalam tujuh tahun terakhir. (Ant/Antara)

Wakil Menteri Rertahanan dan pihak militer Rusia Timur Ivanov ditangkap atas kas

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Wakil Menteri Pertahanan dan pihak militer Rusia Timur Ivanov telah ditangkap karena dicurigai menerima suap, kata pejabat investigasi negara. Penahanan tingkat tinggi in

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024