Menlu Retno Buka Kongres Indonesianis, Pesannya Visi Indonesia 2045

Pidato Menlu Retno Marsudi soal polugri
Pidato Menlu Retno Marsudi soal polugri
Sumber :
  • VIVAnews/Dinia Adrianjara

VIVA – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengajak para Indonesianis --warga negara asing yang memiliki ketertarikan atau mempelajari tentang Indonesia untuk membantu mewujudkan Visi Indonesia 2045.

Hal itu disampaikan Retno saat membuka Kongres Indonesianis Sedunia bertema “Indonesia's Post COVID Recovery: Grow Stronger and More Resilient” yang berlangsung secara hybrid pada Rabu.

Menurut Menlu, ada empat agenda yang harus dijalankan untuk mencapai visi tersebut.

“Pertama, meningkatkan keamanan dan ketahanan kesehatan. Pandemi telah memberikan pelajaran berharga bagi kita bahwa jaminan kesehatan sangat penting,” kata Retno yang menyampaikan sambutannya secara virtual.

Ketahanan kesehatan yang kuat disebutnya akan menjadi dasar bagi pemulihan ekonomi dan memelihara kemakmuran.

Karena itu arsitektur kesehatan global dalam jangka panjang perlu diperkuat, tidak hanya dengan memastikan pasokan medis, obat-obatan, dan vaksin yang cukup untuk semua negara, tapi juga dengan memastikan pembiayaan dan kapasitas untuk menyediakan layanan kesehatan.

Agenda kedua yang disoroti Menlu adalah ekonomi hijau dan berkelanjutan, yang harus dilakukan secara seimbang dengan pembangunan sosial dan ekonomi yang diperlukan untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.