Kesempatan Langka: 28 Artefak Peninggalan Rasulullah SAW Hadir di Indonesia

Pameran artefak atau peninggalan Nabi Muhammad SAW di Auditorium Unpatti Ambon
Sumber :
  • Antara

VIVA – Indonesia mendapat kehormatan mempamerkan sekitar 28 artefak peninggalan Nabi Muhammad SAW. Pameran ini menjadi bagian dari Festival Al-Mulk yang digelar di Auditorium Universitas Pattimura (Unpatti), Kota Ambon, Indonesia.

Denny JA Pamerkan 188 Lukisan yang Dibuatnya dengan Bantuan AI

Seperti dilansir dari Antara, Senin 13 Mei 2024, pameran ini digelar Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Kota Ambon dan Pondok Pesantren Kuttab Zein Musthafa. Pameran digelar selama 12 hari (13-24 Mei 2024).

"Ini bukan disengaja artefak-artefak ini dapat dipamerkan di bumi Maluku. Saya yakin betul Kota Ambon ini dipilih oleh Rasul untuk disinggahi," kata Penanggung jawab LDNU Kota Ambon Kuttab Zein Musthafa, Ustaz Muhammad Isaac Almahmudy.

Merinding, Kisah Mayat Wanita Selingkuhan yang Organ Vitalnya Dipenuhi Belatung

Ustaz Muhammad Isaac Almahmudy menambahkan, selain peninggalan Rasulullah SAW, ada juga peninggalan para sahabat Rasul SAW yang dipamerkan dalam festival tersebut.

Peninggalan itu di antaranya sorban Rasulullah SAW, rambut Rasulullah SAW, janggut Rasulullah SAW, darah bekam Rasulullah SAW, ekstrak keringat Rasulullah SAW, busur panah Rasulullah, replika baju perang Utsmani, pedang Khalid bin Walid dan lainnya.

Jokowi Bongkar Alasan Mundurnya Kepala Otorita IKN dan Wakilnya

Ia mengaku, tujuan utama dari pameran ini yakni untuk mengembalikan kecintaan umat ke idola yang sesungguhnya, idola yang patut dicintai dan diikuti.

Pameran artefak atau peninggalan Nabi Muhammad SAW di Auditorium Unpatti Ambon

Photo :
  • Antara

"Karena sekarang ini banyak yang mengidolakan artis atau publik figur terkenal lainnya. Kami datang dengan peninggalan Nabi Muhammad SAW sehingga rasa cinta kepada Rasulullah SAW bisa tumbuh kembali," ujarnya.

Ia berharap, dari kegiatan pameran artefak ini, umat manusia di Maluku bisa mendapatkan berkah. “Dan pameran ini bukan hanya untuk orang Muslim saja. Untuk siapa saja yang ingin datang melihat diperbolehkan dan semoga mendapatkan berkah dari Baginda Rasulullah,” jelas Isaac.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Maluku Sadli le mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan pameran peninggalan Nabi Muhammad SAW tersebut.

“Kami menyampaikan terima kasih. Kami bersyukur kepada Allah dan para ustaz yang telah mendatangkan artefak Rasul ini ke Ambon dan dititipkan sementara di rumah saya,” katanya.

Ia juga mengimbau masyarakat agar dapat menyukseskan acara festival ini dengan menjaga persatuan di Maluku. “Insya Allah festival ini dapat berjalan dengan lancar dan dapat diketahui seluruh masyarakat, karena ini juga merupakan edukasi sehingga kita semua kembali mengingat perjuangan Rasul,” ucap Sadli. (Ant)

Baca artikel Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya