Logo BBC

Star Usia 16 Bulan Tewas karena Sering Dipukuli Kekasih Wanita Ibunya

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Seorang perempuan yang membunuh anak berusia 16 bulan, Star Hobson setelah mengalami luka-luka parah, dijatuhi hukuman penjara seumur hidup dengan hukuman minimal 25 tahun.

Star mengalami "kekejaman dan luka-luka parah" oleh Savannah Brockhill, 28 di flat di Keighley, West Yorkshire, Inggris. Ia meninggal karena serangan jantung setelah dipukuli dan ditendang oleh Brockhill pada September 2020.

Otopsi menunjukkan terjadinya pendarahan otak, tulang retak, termasuk tulang rusuk dan luka-luka organ dalam.

Kekasih Brockhill, Frankie Smith yang juga ibu Star, dihukum delapan tahun penjara karena dinyatakan bersalah membiarkan kematian anaknya sendiri. Hukuman maksimal adalah 14 tahun. Perempuan berusia 20 tahun itu tidak dinyatakan bersalah karena pembunuhan setelah juri menerima ia tidak menyebabkan serangan fatal itu.

Namun kakek buyut Star, Frank Smith, mengatakan hukuman pasangan itu harus diperberat.

"Apakah itu nilai kehidupan Star? Frankie akan keluar dalam empat tahun, apakah itu adil? Ia melihat anaknya sekarang. Ia berbohong berulang kali untuk menutupi Brockhill. Mereka berdua pantas membusuk di penjara. Menjijikkan," kata Smith setelah vonis pada Rabu (15/12), seperti dikutip the Sun.

Smith bahkan mengatakan petinju amatir itu pantas dihukum mati.

Brockhill sendiri mengacungkan jempol ke arah sanak saudaranya setelah divonis.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan ia berjanji untuk melindungi anak-anak setelah terjadinya pembunuhan yang "mengejutkan dan memilukan".

Johnson mengatakan, "Kita harus melindungi anak-anak dari kejahatan biadab dan memastikan pelajaran dipetik dari kejadian ini."

Kehangatan dan kekejaman

Dalam 16 bulan kehidupannya yang singkat, Star Hobson memiliki dua kehidupan yang jauh berbeda - bagian pertama kehidupannya diisi dengan kehangatan dan cinta kasih, dan bagian kedua dengan perlakuan kejam dan dingin. Kekhawatiran sempat muncul.

Keluarga Star mencoba memperingatkan petugas. Lalu, bagaimana anak perempuan kecil yang disukai oleh banyak orang ini berakhir tewas setelah berbulan-bulan mengalami penyiksaan fisik dan emosional?

Star Hobson, dalam banyak hal, sama seperti layaknya balita biasa. Lahir pada Mei 2019 di sebuah keluarga besar, dia sangat disayang. Kerabat yang tinggal berdekatan sering mengunjunginya.

"Saya tak sabar pulang dari kerja untuk bertemu dengannya. Saya akan buru-buru pulang ke rumah dan berpikir: `Star kecil akan ada di sana saat saya sampai`," kata kakek buyutnya, David Fawcett.