Logo BBC

Obituari: Desmond Tutu Pastor Humoris yang menginspirasi Dunia

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Desmond Tutu adalah pastor Afrika Selatan yang murah senyum dan kepribadiannya yang kuat membuatnya mempunyai banyak teman dan pengagum di seluruh dunia.

Saat Desmond Tutu berpulang pada usia 90 tahun, sehari setelah Natal, para pemimpin dunia menyampaikan penghormatan kepada sosoknya yang dianggap sebagai salah seorang pahlawan gerakan menentang apartheid di Afrika Selatan.

Presiden AS Joe Biden mengatakan dirinya bersama istri mengagumi keberanian dan kejelasan moral mantan Uskup Agung Cape Town itu.

Desmond Tutu
Getty Images
Desmond Tutu sangat mengagumi Nelson Mandela, tetapi tidak selalu setuju dengannya dalam isu-isu seperti penggunaan kekerasan demi mengejar keadilan.

Sekjen PBB Antonio Guterres menyebut Tutu sebagai sosok yang besar bagi perdamaian dan inspirasi berbagai generasi.

Adapun pemimpin Tibet di pengasingan, Dalai Lama mengatakan Desmond Tutu adalah inspirasi bagi dunia.

Yayasan Nelson Mandela menggambarkan Tutu sebagai manusia luar biasa yang menjadi pemikir, pemimpin dan penggembala.

Dilahirkan di kota kecil penghasil emas yang dulu dikenal sebagai Transvaal, Desmond Mpilo Tutu dilahirkan pada tahun 1931.

Sebagai pemuka gereja berkulit hitam yang terkenal, ia akhirnya terseret ke pusaran perjuangan menentang kekuasaan kelompok minoritas kulit putih tetapi selalu menegaskan bahwa motifnya berlatar belakang agama, bukan politik.

Pemimpin Afrika Selatan Nelson Mandela mengangkatnya sebagai ketua Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi yang dibentuk untuk menyelidiki kejahatan yang dilakukan oleh kedua kubu selama era apartheid.

Baca juga: