5 Pemimpin Negara Tertua di Dunia, Siapa yang Paling Lama Memimpin?

Ratu Elizabeth II.
Sumber :
  • Instagram @theroyalfamily

VIVA – Ada beberapa pemimpin negara di dunia yang memiliki usia tua. Walaupun sudah lanjut usia, ternyata tidak menghalangi para pemimpin negara tersebut untuk menjalankan berbagai aktivitasnya. Bahkan, sudah terbukti bahwa kepemimpinan mereka berjalan dengan baik. Nah, menyadur dari US News, berikut adalah ulasan mengenai pemimpin negara di dunia yang memiliki usia tua. 

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

1. Ratu Inggris, Elizabeth II

Ratu Elizabeth II.

Photo :
  • Instagram @theroyalfamily
KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Ratu Elizabeth II adalah salah seorang pemimpin negara perempuan di dunia satu-satunya yang sudah berusia lanjut. Pemilik nama lengkap Elizabeth Alexandra Mary ini lahir tanggal 21 April 1926 dan saat ini Ratu Elizabeth II sudah berusia 95 tahun. Ia sudah memegang kekuasaan sekitar 69 tahun sejak dinobatkan tanggal 6 Februari 1952 silam. Pemimpin negara Inggris ini mempunyai 2 hari lahir, yaitu hari perayaan asli setiap tanggal 21 April dan hari perayaan resmi yang umumnya dilaksanakan setiap bulan Juni. 

2. Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud

Peran Presiden Salurkan Bansos, Lembaga Kepresidenan Masuk Kajian Revisi UU Pemilu

VIVA Militer: Raja Salman bin Abdulaziz.

Photo :

Raja Salman lahir tahun 1935 dan baru menjadi pemimpin negara Arab Saudi sejak tahun 2015 silam. Pada saat itu, usianya sudah menginjak 79 tahun. Kini, usia Raja Salman sudah berada di 85 tahun dan masih aktif dalam memimpin Arab Saudi serta melakukan berbagai kewajiban sebagai seorang raja. 

Misalnya adalah melakukan tugas kenegaraan dengan mengunjungi negara-negara sahabat. Bahkan, pada tahun 2017 silam, Raja Salman pernah mengunjungi Tanah Air dalam rangka kunjungan kenegaraan. 

3. Presiden Kamerun, Paul Biya

Paul Biya

Photo :
  • Tangkapan Layar

Sejak tanggal 6 November 1982, Paul Biya menduduki takhta Presiden Kamerun. Hal ini membuat dirinya menjadi seorang presiden dengan masa jabatan paling lama kedua di Afrika, dan pemimpin yang bukan golongan kerajaan menjabat paling lama di dunia. 

Dalam usianya yang menginjak angka 88 tahun di tahun ini, Biya sudah menjadi pemimpin negara tersebut selama hampir 40 tahun dan ia masih aktif dalam menjalankan tugas sebagai kepala negara. 

4. Raja Norwegia, Harald V

Dubes Esti Andayani saat bertemu Raja Norwegia, Harald V

Photo :
  • VIVAnews/KBRI Oslo

Raja Harald V yang saat ini sudah menginjak usia 85 tahun tersebut naik takhta menjadi pemimpin negara Norwegia untuk menggantikan sang ayah yang bernama Olav V, sejak tanggal 17 Januari 1991. Dengan begitu, ia sudah memimpin Norwegia selama 30 tahun. 

Ketika masa muda, Raja Harald V pernah mengenyam di Akademi Militer Norwegia dan Balliol College, Oxford. Selama menjalankan pendidikan militernya, ia berhasil mencapai pangkat kapten dalam tiga cabang angkatan bersenjata di negaranya. 

5. Presiden Kuba, Raul Castro

Raul Castro

Photo :
  • IMDb.com

Adik dari Fidel Castro ini sudah menjabat menjadi seorang Presiden Dewan Negara Kuba sejak tanggal 24 Februari 2008 silam. Sebelumnya, ia pernah menduduki kursi Wakil Presiden Pertama Dewan Menteri sejak tahun 1976 dan ia juga pernah menjadi Sekretaris Kedua Komite Pusat Partai Komunis Kuba sejak tahun 1965. Di usianya yang saat ini sudah menginjak angka 90 tahun, Presiden Kuba tersebut masih menjalankan tugasnya menjadi seorang pemimpin negara. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya