Logo BBC

Belasan Negara Minta Warganya Tinggalkan Ukraina, WNI Aman

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Ukraina Rusia
Reuters
Pasukan keamanan dalam latihan militer di Kherson, Ukraina, Sabtu (12/02)

Belasan negara telah menyerukan kepada warganya yang berada di Ukraina untuk meninggalkan negara tersebut. Sebelumnya, negara-negara Barat memperingatkan bahwa invasi Rusia akan segera terjadi.

Amerika Serikat, Inggris, dan Jerman termasuk dalam negara-negara yang meminta warga mereka segera meninggalkan Ukraina. Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Indonesia pada Kamis (10/02) mengatakan WNI yang tinggal di Ukraina `aman dan sehat`.

Moskow telah memberangkatkan sekitar 100.000 tentaranya di sepanjang perbatasan dengan Ukraina, namun menyangkal bila disebut akan menginvasi.

Melalui sambungan telepon, Presiden As Joe Biden telah memperingatkan pemimpin Rusia Vladimir Putin akan risiko yang dihadapinya bila serangan terjadi.

Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berkata peringatan invasi ini bisa memicu kepanikan, sesuatu yang disebutnya sebagai "teman baik musuh-musuh kami".

Gedung Putih memperingatkan invasi bisa dimulai kapan saja, dan dapat diawali dengan pengeboman dari udara. Rusia menyebut tuduhan ini sebagai "spekulasi yang provokatif".

Staf non-esensial telah diperintahkan untuk meninggalkan Kedutaan AS di ibu kota Ukraina, Keiv dan layanan konsulat akan ditangguhkan mulai hari Minggu (13/02), meskipun "kehadiran konsulat kecil" akan tetap ada di sebelah barat Kota Lviv "untuk menangani kasus-kasus darurat".