Logo BBC

Pastor Pelaku Perbudakan Seks di Italia Masih Pimpin Misa, Menyedihkan

Vatican. Getty Images via BBC Indonesia
Vatican. Getty Images via BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

BBC mengungkap bagaimana budaya penyangkalan dan ketertutupan gereja menutup skala sebenarnya dari tindakan kekerasan seksual yang dilakukan oleh para pastor di Italia.

Satu kasus mengejutkan yang kami selidiki mengungkap bagaimana pelaku kekerasan di gereja dapat lolos dari peradilan.

Kami memanggilnya "Mario", korban kekerasan seksual oleh pastor. Dia agak menghindar dan menarik tubuhnya sedikit ke belakang saat kami berjabat tangan, masih jelas ia tidak nyaman dengan kontak fisik.


Getty Images


Dan pertanyaan pertama saya adalah - "Bagaimana kabar Anda?" - yang saya harap akan memudahkannya dalam percakapan, namun emosinya langsung pecah.

"Wawancara ini membawa saya kembali ke semuanya [peristiwa]," dia bicara dengan gagap, nyaris tidak bisa mengeluarkan kata-kata karena air mata mengalir deras.

Mario belum pernah berbicara kepada jurnalis tentang apa yang dia sebut "perbudakan seksual" oleh pastor masa kecilnya.

Perjalanan ini membawa kami pada kesaksian Mario yang mengerikan, untuk berhadapan dengan pelakunya secara langsung - dan akhirnya mencari jawaban dari mereka yang mengizinkan pastor itu untuk terus menjalankan misa hingga hari ini.

Kisah Mario adalah satu dari banyak cerita pelecehan seks oleh para rohaniwan di Italia, yang tidak pernah benar-benar menghadapi hukuman.

Meskipun memiliki jumlah pastor terbanyak dibandingkan negara lain, dan terdapat Takhta Suci Vatikan, Italia tidak memiliki data statistik resmi tentang pelecehan seksual itu dan tidak ada penyelidikan publik.

Dalam bayang-bayang Vatikan, dosa-dosa Italia itu tersembunyi di balik selubung kegelapan.


BBC


"Tentu saja, saya diberitahu bahwa (kekerasan) itu adalah rahasia," kenang Mario, "antara dia, saya dan Yesus."

Rahasia itu, kata Mario, adalah penyiksaan mengerikan selama 16 tahun yang dia alami sejak usia delapan tahun, yang dilakukan oleh seorang imam bernama Pastor Gianni Bekiaris.

Dalam berkas ringkasan kasus oleh pengacara Mario, yang mencakup banyak detail yang terlalu gamblang untuk dilaporkan, menggambarkan pemerkosaan pertama pada tahun 1996 sebagai "perbuatan terencana".

Dalam berkas itu, Pastor Bekiaris memesan kamar hotel dengan satu tempat tidur untuknya dan Mario. Kemudian, pemerkosaan terjadi dan Mario dibiarkan "dalam kesakitan dan pendarahan ... menangis diam-diam".

Bekiaris kemudian memberi orang tua Mario "hadiah" sebuah poster yang menunjukkan di mana hotel itu berada - dan di mana dikatakan pemerkosaan terjadi - dia menulis tanggal dan waktu saat itu, serta kata-kata: "Untuk mengenang dua hari yang kami habiskan di pegunungan yang dingin."

Tampaknya, itu adalah cara menyesatkan untuk menutupi kejahatan dengan kabar baik, dan tanda bagaimana rohaniwan itu memanipulasi anak yang rentan secara emosional, mengambil untung dari hubungan yang tegang antara Mario dengan ayahnya.

Berkas kasus itu menuduh Bekiaris mengancam Mario untuk tetap diam, sambil "memberi tahu dia bahwa apa yang terjadi itu ... adalah juga akibat kesalahan si anak".