Media Sosial Milik Donald Trump Resmi Dirilis

Tangkapan layar aplikasi Truth Social buatan Donald Trump.
Sumber :
  • App Store

VIVA – Truth Social, aplikasi media sosial milik mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump diluncurkan di App Store dan CNET pada Senin 21 Februari 2022. Aplikasi media sosial ini disebut-sebut mirip dengan Twitter resmi. 

Donald Trump Jual Sneakers 'Emas', Tak Lama Setelah Didenda Rp5,56 Triliun

Pernyataan mengenai perilisan Truth Social ini dikonfirmasi oleh Chief Product Officer Truth Social Billy B, yang memberitahu setiap orang untuk menandai tanggal perilisan tersebut.

“Kami saat ini akan mirilisnya di Apple App Store pada Senin, 21 Februari,” katanya dalam pernyataannya, melansir dari Engadget, Senin 21 Februari 2022.  

Saling Sindir, Joe Biden Olok-olok Donald Trump Tua dan Suntik Putih

Sebelumnya versi uji Truth Social ditarik pada musim gugur yang lalu, dan kode situs web menunjukan bahwa hal itu berjalan pada versi perangkat lunak sumber terbuka Mastodon yang sebagian besar tidak dimodifikasi.

Pada bulan Oktober, Software Freedom Conservancy menuduh The Trump Media and Technology Group (TMTG) melanggar lisensi AGPLv3 Mastodon dengan tidak membagikan kode sumber platform.

Polisi Ungkap Penyebab Jalan Alternatif Cibubur Macet Parah Sore Hari Ini

Truth Social juga tidak akan menyimpang terlalu jauh dari formula Twitter, orang-orang dapat menggunakan jaringan media sosial untuk memposting “kebenaran." Platform ini setara dengan tweet, dan mungkin untuk membagikan ulang posting di timeline seseorang untuk memperluas jangkauan mereka.

Selain itu Donald Trump telah menerbitkan postingan pertamanya di platform media sosial barunya itu. Putranya Donald Trump Jr membagikan tangkapan layarnya di Twitter dari postingan pertama ayahnya itu.

“Bersiaplah! Presiden favoritmu akan segera menemuimu!,” tulis postingan Donald Trump di Truth Social.

Beberapa orang lain yang berada di pihak Trump juga membagikan tangkapan layar dari postingan debut mereka sendiri di Truth Social.

Kampanye berbagai tangkapan layar ini jelas merupakan upaya Donald Trump untuk mempromosikan peluncuran Truth Social. Namun, dari sudut pandang pemasaran, sepertinya ini adalah peluang yang terlewatkan terutama karena tidak ada yang bisa dipromosikan.

Satu hal yang paling jelas mengenai perilisan Truth Social adalah kemiripannya dengan Twitter. Semua postingan terlihat seperti tweet, lengkap dengan tombol reply, retweet, share, dan like yang jelas mirip.

Halaman profil juga terlihat seperti kita sedang melihat akun pengguna Twitter, dan mungkin perbedaan yang paling menonjol adalah penamaan dystopian dari “tweets” sebagai “kebenaran”.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya