10 Fakta Mengejutkan Islam di Rusia, Ada Republik Mayoritas Islam

Muslim di Rusia
Sumber :
  • Sumber BBC

VIVA – Ada tujuh negara mayoritas Muslim yang memecahkan rekor yang ambil bagian dalam Piala Dunia tahun 2018 di Rusia, yang berarti jutaan penggemar sepak bola Muslim telah membanjiri negara besar Eurasia itu, mengubahnya menjadi salah satu Piala Dunia paling 'Muslim'. 

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Tapi ini bukan pertama kalinya Rusia mengalami gelombang kedatangan Muslim. Faktanya, negara ini memiliki sejarah Islam sejak hampir 1400 tahun yang lalu, seperti yang diungkapkan oleh fakta-fakta besar Muslim Rusia ini. Berikut fakta mengejutkan Islam di Rusia yang harus kamu ketahui, dikutip dari islam.ru.

1. Asal Usul Abad Ketujuh Islam Rusia

Wamenhan Rusia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

Agama terbesar kedua di Rusia, Islam pertama kali tiba di negara itu sekitar pertengahan abad ke-7, ketika umat Islam muncul di wilayah Kaukasus sebagai bagian dari penaklukan Persia. Ini hanya beberapa dekade setelah Nabi Muhammad mengumumkan iman kepada dunia.

2. Populasi Muslim Rusia

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Konversi lokal pertama ke Islam diyakini telah dimulai sekitar satu abad setelah Muslim tiba di wilayah Rusia modern, membentuk apa yang akan menjadi Dagestan. Saat ini, populasi Muslim Rusia berjumlah sekitar 21 juta. Jumlah itu sama dengan jumlah orang Muslim Rusia di Swedia, Denmark, dan Norwegia jika digabungkan!

3. Empires Muslim Rusia

Di berbagai titik dalam sejarahnya, bagian-bagian Rusia modern diperintah oleh berbagai kerajaan Muslim. Beberapa yang paling terkenal termasuk Khanate Emas, Safawi, Afsharid, Qajar dan Ottoman, yang semuanya membantu meningkatkan pengaruh Islam di Rusia dan lanskap budaya bangsa.

4. Modal Muslim Rusia

Ibukota Islam Rusia yang paling terkenal dalam sejarah adalah Sarai di pusat Golden Horde selama puncaknya antara abad ke-13 dan ke-14. `Sarai digambarkan oleh pelancong Muslim Ibn Batutah sebagai "salah satu kota terindah" yang pernah dia kunjungi. Itu terletak di Oblast Astrakhan modern dan belum sepenuhnya digali.
 
Kebanyakan orang menganggap Kazan sebagai ibu kota 'Muslim' Rusia modern, karena merupakan rumah bagi Masjid Qolsarif yang ikonik dan Universitas Islam Rusia, dan menjadi tuan rumah beberapa acara budaya Muslim Rusia yang besar, termasuk Festival Film Muslim dan Kontes Pembaca Alquran tahunan.

5. Etnis Muslim di Rusia Keturunan Nabi

Ada beberapa etnis Muslim di Rusia, dan salah satunya mengklaim termasuk orang-orang yang merupakan keturunan langsung dari Nabi Muhammad. Keluarga tertentu di antara orang Dagestan menelusuri garis keturunan mereka kembali ke Muslim paling awal yang datang untuk menyebarkan Islam pada abad ke-7, beberapa di antaranya adalah keluarga Nabi. Di antara para penuntut ini adalah pemimpin Muslim Daghestani, Mufti Ahmed-Hajji Abdulayev.

6. Represi Dan Kebangkitan

Sayangnya, umat Islam di Rusia telah mengalami beberapa periode penindasan yang menyakitkan. Yang paling menonjol adalah antara abad ke-16 dan ke-18, ketika banyak yang diasingkan secara paksa, dan ada satu lagi baru-baru ini di bawah komunisme. Namun, sejak runtuhnya komunisme, telah terjadi kebangkitan Islam di seluruh Rusia, yang telah menyaksikan jumlah masjid di negara itu meningkat dari sekitar 160 menjadi hampir 7.000 antara tahun 1990 dan 1997. Masjid-masjid ini berdiri berdampingan dengan hampir 5.000 organisasi Muslim dan sejumlah masjid. Muftiat Rusia yang mengawasi mereka semua.

7. Republik Muslim Rusia

Rusia adalah sebuah federasi, di mana ada 22 Republik, dan tujuh di antaranya memiliki mayoritas Muslim. Republik Bashkortostan, Tatarstan, Dagestan dan Chechnya adalah empat terbesar, dengan populasi gabungan sekitar 10,5 juta. Republik ini diberi banyak otonomi dan memiliki ibu kota dan bahasa negara mereka sendiri, biasanya bahasa Turki atau Kaukasia.

8. Masjid Rusia

Masjid indah di Rusia.

Photo :
  • U-Report

Masjid paling bersejarah di negara ini adalah Masjid Juma di Derbant, Degastan, dibangun pada tahun 734 di bawah Dinasti Umayyah. Yang terbesar adalah Masjid Katedral Moskow, dengan kapasitas 10.000, yang juga sedang bersaing untuk menjadi masjid terindah di Rusia bersama Masjid Qolsarif Kazan, Masjid Bulgar 'Taj Mahal' dan Masjid St Petersburg, yang meniru makam indah Tamerlane di Samarkand.

9. Makanan 'Muslim' Rusia

Samosa

Photo :
  • inmagine.com

Berkat kehadiran Islamnya, seperti yang diharapkan, makanan Rusia memiliki pengaruh Muslim yang kuat. Hidangan seperti cheburek, kue yang diisi dengan daging cincang berbumbu dan bawang (kerabat samosa), dan chak-chak, makanan penutup kue gandum goreng yang direndam dalam madu, telah dipopulerkan oleh Tatar Muslim. Makanan Muslim lainnya yang kurang banyak dimakan tetapi menarik termasuk sokhta (favorit Dagestan), ramuan hati kambing cincang dan rebus yang dicampur dengan aprikot kering dan bawang bombay yang dimasukkan ke dalam usus domba: pada dasarnya, semacam sosis halal!

10. Muslim Rusia Terkenal

Muslim di Rusia.

Photo :
  • U-Report

Ini termasuk Alisher Usmanov, raja bisnis, miliarder dan pemilik sebagian Arsenal FC; Alexander Litvinenko, mantan mata-mata dan pelapor yang meninggal karena keracunan di London; Khuseyn Baysangurov, pemegang gelar tinju WBA Continental dan IBF International; Hadijat Gatayeva, 'Malaikat' yang menyelamatkan anak yatim selama Perang Chechnya, dan Abdurresid Ibrahim, musafir dan cendekiawan Muslim yang menjadi Imam pertama Masjid Camii Tokyo. Juga ada nama Khabib Nurmagomedov, juara dunia UFC kelas ringan, pemegang rekor tak terkalahkan terpanjang di MMA, dengan 29 kemenangan, dan tetap tak terkalahkan dalam MMA profesional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya