6 Negara dengan Penduduk Muslim Terbesar di Eropa, Rusia Capai 16 Juta

Umat Muslim di Prancis sedang ibadah salat.
Sumber :
  • http://aplus.com

VIVA – Ada beberapa negara dengan penduduk Muslim terbesar di Eropa yang menarik untuk dibahas. Sebeb, Eropa sendiri mewakili sekira 10 persen dari penduduk dunia dan lima persen di antaranya adalah umat Muslim. Apalagi dengan berbagai konflik yang terjadi di negara Islam, membuat Eropa menjadi pilihan untuk pengungsi sebagai tempat tujuan. Hal ini terbukti pada tahun 2015 Eropa pernah mengalami krisis pengungsi yang mencapai puncak dengan arus yang datang. 

BI Proyeksikan Suku Bunga The Fed Turun Satu Kali pada 2024

Oleh sebab itu, syiar Islam di Eropa kini semakin masif. Walaupun di tengah masyarakatnya banyak stigma tentang Islam, tapi penyebaran agama Islam semakin kuat. Bukan hanya Asia yang mempunyai jumlah umat Muslim terbanyak, tapi Eropa juga menjadi negara dengan perpaduan masyarakat muslim dunia. Di Benua Biru ini ada sejumlah negara besar yang ternyata populasi Muslimnya sampai jutaan orang. Nah, berikut adalah ulasan tentang negara dengan penduduk Muslim terbesar di Eropa yang disadur dari World Population Review

1. Rusia - 16 Juta

Afrika dan Eropa Lengkap! 26 Tim Ini Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Masjid indah di Rusia.

Photo :
  • U-Report

Menurut pemberitaan VIVA sebelumnya, negara Rusia saat ini tengah terlibat perseteruan dengan Ukraina sampai terjadi perang. Akan tetapi, di sisi lain Rusia disebut sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di Eropa dengan populasi penduduk Muslimnya yang terus meningkat. Bahkan, mufti besar Rusia memprediksi bahwa sekitar 30 persen dari penduduk Rusia akan memeluk agama Islam dalam 15 tahun mendatang. 

Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu

Wilayah negara ini dengan mayoritas memeluk agama Islam adalah Kaukasus Utara, dan Tatarstan yang diketahui mempunyai tingkat kelahiran tertinggi di negara ini. Berbagai perkiraan mengatakan bahwa populasi Muslim di Rusia mencapai 14 sampai 20 juta jiwa, atau sekitar 10 sampai 14 persen dari total populasi Rusia yang berjumlah 146 juta jiwa pada tahun 2018. 

2. Prancis - 5 Juta

Umat Muslim di Prancis sedang ibadah salat.

Photo :
  • http://aplus.com

Prancis berhasil menduduki urutan kedua sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di Eropa. Penganut agama Islam di negara ini diperkirakan lebih dari 5 juta orang. Orang yang memeluk agama Islam di sana mulai meningkat secara pesat sejak abad ke-20 dan 21 lantaran beberapa faktor. Salah satunya adalah penduduk setempat yang menjadi mualaf dan banyak migran Muslim yang menetap di Prancis. 

3. Jerman - 4.95 Juta

Masjid Koeln, terbesar di Jerman

Photo :
  • Deutsche Welle

Negara dengan ekonomi terkuat di Eropa ini juga menjadi salah satu negara dengan penduduk Muslim terbesar di Eropa. Penduduk setempat yang menganut agama Islam di negara ini diperkirakan hampir mencapai 5 juta jiwa. Penduduk yang menganut agama Islam ini mayoritas adalah migran. Salah satunya berasal dari negara Turki, seperti pemain sepak bola Muslim Mesut Ozil yang berkebangsaan Jerman tapi keturunan Turki. 

4. Inggris - 4.13 Juta

Masjid Shah Jahan, Inggris

Photo :
  • http://www.shahjahanmosque.org.uk

Negara Ratu Elizabeth ini menjadi negara dengan penduduk Muslim terbesar di Eropa yang menempati urutan ketiga. Di Inggris Raya sendiri diperkirakan lebih dari 4 juta jiwa yang menganut agama Islam atau setara dengan 6 persen dari total populasi Inggris. Meningkatnya pemeluk agama Islam di Inggris ditandai dengan bertambahnya jumlah masjid atau tempat ibadah. 

5. Italia - 2.87 Juta

Masjid Agung Roma, Italia.

Photo :
  • U-Report

Pusat peradaban Romawi tersebut menjadi negara terbesar urutan keempat dengan penduduknya yang menganut agama Islam. Di Italia, total populasi pemeluk agama Islam hampir mencapai 3 juta jiwa atau sekitar 2.87 juta. Negara yang memiliki jutaan aset budaya tersebut melarang pendirian tempat ibadah ilegal walaupun jumlah penganut agama Islam semakin mengalami peningkatan. 

6. Bosnia - 2 Juta

Bosnia dan Herzegovina

Photo :
  • Istimewa

Negara yang terletak di Eropa Selatan ini menjadi negara dengan penduduk Muslim terbesar di Eropa. Bosnia sendiri adalah pecahan dari Yugoslavia yang merdeka tahun 1992. Negara ini juga menjadi salah satu titik kebudayaan timur yang bertemu dengan barat sehingga tak heran banyak agama yang dianut oleh penduduk Bosnia. Walaupun demikian, lebih dari 50 persen penduduknya menganut agama Islam atau hampir menyentuh angka 2 juta orang. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya