Gempa di Jepang Tewaskan 2 Orang dan 94 Lainnya Luka-luka

Ilustrasi - Tembok yang rubuh akibat gempa bumi kuat di Jepang. (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA

VIVA - Gempa berkekuatan 7,3 SR mengguncang timur laut Jepang di lepas pantai Fukushima pada Rabu malam, 16 Maret 2022. Insiden ini menyebabkan dua orang tewas dan 94 lainnya terluka.

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Dokumentasi - Seorang staf perpustakaan mencoba merapikan buku-buku yang berjatuhan dari rak akibat gempa bumi kuat di Kota Iwaki di Iwaki, Prefektur Fukushima, Jepang, 14 Februari 2021.

Photo :
  • ANTARA

Hidupkan Ingatan Akan Gempa dan Tsunami yang Melumpuhkan Fukushima

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Gempa yang mengguncang Negeri Sakura itu menghidupkan kembali ingatan akan gempa dan tsunami yang melumpuhkan wilayah yang sama lebih dari satu dekade sebelumnya.

Menurut Badan Penanggulangan Kebakaran dan Bencana, ada beberapa laporan kebakaran yang terjadi pada Kamis pagi. Mereka juga melaporkan ada dua kematian yang dikonfirmasi dan 94 terluka, termasuk 4 orang mengalami luka serius.

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Terasa di Tokyo

Gempa itu terasa di wilayah Tokyo, sekitar 275 kilometer jauhnya, di mana guncangan bangunan terasa lama. Ratusan ribu rumah di ibu kota tenggelam dalam kegelapan selama satu jam atau lebih meskipun listrik telah pulih sepenuhnya pada dini hari.

Baca juga: Gempa Magnitudo 7,3 Guncang Jepang, Picu Listrik Padam dan Tsunami

Batalkan Peringatan Tsunami

Pihak berwenang membatalkan peringatan tsunami sebelumnya. Tepat sebelum tengah malam, gempa melanda di lepas pantai Fukushima pada kedalaman 60 kilometer, menurut Badan Meteorologi Jepang.

“Tidak ada kelainan di pembangkit listrik tenaga nuklir,” kata Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida kepada wartawan, dikutip dari Channel News Asia, Kamis, 17 Maret 2022.

Pihak berwenang sebelumnya mengatakan alarm kebakaran telah dipicu di sebuah bangunan turbin di pabrik yang lumpuh. Secara terpisah, kereta peluru Shinkansen juga tergelincir dengan 100 orang di dalamnya, meskipun tidak ada laporan cedera.

Utilitas Tokyo Electric Power Company, mengatakan bahwa awalnya sekitar 2 juta rumah tangga kehilangan listrik pada Rabu 16 Maret 2022. Pemadaman listrik termasuk 700.000 di ibu kota Tokyo. Tohoko Electric Power mengatakan sekitar 38.500 rumah masih padam pada pukul 07.40 waktu setempat pada Kamis 17 Maret 2022.

Gempa kuat di Jepang dapat mengganggu manufaktur, terutama komponen elektronik sensitif seperti semikunduktor yang dibuat menggunakan mesin presisi. Berada di perbatasan lempeng tektonik, Jepang mengalami sekitar seperlima gempa bumi berkekuatan 6 atau lebih besar di dunia.

Salah satu koresponden Channel News Asia di Jepang, Michiyo Ishida mengatakan bahwa gempa bumi besar juga telah melanda daerah Tohoku.

“Tokyo juga bergetar. Ini dua getaran yang terpisah. Yang lebih besar mengukur M7.3 pada pukul 11.30 malam,” tulisnya di laman Twitter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya