Singing Bowl, Mangkuk Ritual Milik Mbak Rara si 'Pawang Hujan'

Singing bowl
Sumber :

VIVA – Baru-baru ini dunia jagat maya dihebohkan oleh aksi seorang wanita yang beprofesi sebagai pawang hujan di perhelatan MotoGP Mandalika 2022 kemarin.  Tidak hanya pembalap Marc Marquez yang jadi pusat perhatian usai mengalami insiden jatuh di sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. 

Tiket MotoGP Indonesia 2024 Sudah Bisa Dibeli, Harga Mulai Rp350 Ribu

Namun ada pemandangan yang jauh lebih menarik dan bikin gagal fokus penonton di sirkuit Mandalika.  Apalagi kalau bukan aksi pawang hujan, Rara Isti Wulandari yang didaulat langsung oleh pihak MotoGp untuk membuat cuaca di lingkungan sirkuit dan sekitar aman dan berjalan dengan lancar. Salah satunya dengan meredakan hujan saat acara berlangsung.

Pawang hujan sirkuit Madalika, Rara Istiati Wulandari

Photo :
  • IG @rara_cahayatarotindigo
ITDC Umumkan Tiket MotoGP Mandalika 2024 Didiskon 50 Persen

Benar saja, ketika hujan turun membasahi lokasi sirkuit Mandalika, Rara sang pawang hujan pun langsung dengan sigapnya turun tangan dan langsung melakukan aksinya untuk mengendalikan dan menghentikan hujan yang turun di sekitar lokasi perhelatan.

Sontak saja aksi menggeser hujan yang dilakukan oleh Rara, sembari mengelilingi lokasi sirkuit Mandalika pun berhasil menyita perhatian publik. Mengelilingi area pitlane, sang pawang hujan pun mulai melakukan aksi ritualnya dengan berjalan tanpa alas kaki sembari membawa mangkuk emas atau yang disebut dengan singing bowl di tangannya.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Aksinya tersebut dilakukan sebelum race dimulai. Dirinya sesekali membunyikan mangkuk emas itu dengan kentungan seperti palu kecil. Sontak saja aksi ritual yang dilakukan Rara sang pawang hujan pun banyak menyita perhatian penonton dan warganet yang di rumah.

Lantas, apa sih sebenarnya mangkuk emas yang digunakan oleh Rara Isti Wulandari?

Rupanya, tidak hanya aksi Rara yang jadi perhatian publik tapi juga sebuah mangkuk emas yang dibawa olehnya ramai jadi sorotan. Tidak sedikit penonton hingga warganetdibuat bertanya-tanya dengan mangkuk emas yang dibawa oleh sang pawang hujan.

Singing bowl

Photo :

Apa itu Mangkuk Emas?

Mangkuk emas biasanya disebut juga dengan singing bowl. Di mana singing bowl sendiri merupakan mangkuk yang digunakan untuk mempromosikan relaksasi. Di mana nantinya mangkuk tersebut menghasilkan suara dan getaran ketika dipukul atau dilingkari dengan palu atau kentungan.

Mangkuk emas atau mangkung bernyanyi Tibet, atau biasanya dikenal dengan singing bowl juga sejenis lonceng yang bergetar dan menghasilkan nada yang kaya saat dimainkan. Di mana singing bowl atau mangkuk bernyanyi ini dapat meningkatkan relaksasi dan menawarkan banyak khasiat untuk proses penyembuhan.

Biksu Buddha telah lama menggunakan mangkuk emas atau mangkuk bernyanyi Tibet atau lebih dikenalnya singing bowl dalam latihan meditasi. Selain itu, beberapa praktisi kesehatan (termasuk terapis musik , terapis pijat, dan terapis yoga) menggunakan singing bowl atau mangkuk bernyanyi Tibet ini selama perawatan.

Terapi suara pada umumnya merupakan sebuah praktik kuno. Mangkuk bernyanyi telah digunakan di Tibet dan daerah sekitarnya untuk upacara keagamaan dan spiritual, serta meditasi. Mangkuk bernyanyi atau singing bowl tradisional ini terbuat dari paduan logam, tetapi beberapa mangkuk bernyanyi lainnya dapat dibuat dari kristal.

Tidak banyak penelitian tentang keefektifan atau bahaya dari terapi menggunakan singing bowl atau mangkuk bernyanyi. Tetapi sejumlah kecil bukti menunjukkan bahwa itu dapat membantu Anda rileksasi. 

Manfaat Singing Bowl / Mangkuk Bernyanyi Tibet

Sangat sedikit penelitian ilmiah yang meneliti manfaat potensial dari singing bowl atau mangkuk bernyanyi Tibet, terlepas dari sejarah penggunaannya yang panjang. Tetapi beberapa orang melaporkan bahwa mereka membantu seseorang lebih rileks. Melansir dari verywellmind.com, berikut ini kami bagikan penggunaan terapi singing bowl atau mangkuk bernyanyi seperti berikut ini;

1. Menghilangkan stres : Beberapa penelitian mendukung penggunaan mangkuk bernyanyi Tibet sebagai cara untuk meningkatkan relaksasi dan mengurangi perasaan cemas.                                                                                                                     2. Meningkatkan kualitas tidur : Karena terapi bernyanyi mangkuk telah dikaitkan dengan penurunan kecemasan dan ketegangan, mungkin membantu untuk meningkatkan kualitas tidur. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mendukung hal ini.
3. Menurunkan tekanan darah : Sebuah studi pendahuluan yang diterbitkan dalam American Journal of Health Promotion pada tahun 2014 meneliti manfaat memulai sesi relaksasi terarah dengan bernyanyi bowling selama 12 menit dan menemukan penurunan yang lebih besar pada tekanan darah sistolik dan detak jantung dibandingkan dengan diam sebelum sesi.
4. Mengurangi depresi : Satu studi mengaitkan terapi mangkuk bernyanyi dengan perbaikan suasana hati dan menyarankan bahwa pendekatan ini mungkin merupakan cara berbiaya rendah untuk membantu mengurangi gejala depresi.
5. Merangsang sistem kekebalan : Beberapa juga mengklaim bahwa mangkuk bernyanyi Tibet dapat merangsang sistem kekebalan dan menghasilkan perubahan yang menguntungkan dalam gelombang otak.
6. Pereda nyeri : Satu studi yang mengamati nyeri tulang belakang kronis menemukan bahwa orang yang diobati dengan terapi mangkuk bernyanyi mengalami penurunan intensitas nyeri yang signifikan serta penurunan stres. 

Namun, pengobatan plasebo memiliki efek yang sama, sehingga penulis penelitian menyimpulkan bahwa efektivitas terapi singing bowl atau mangkuk bernyanyi ini untuk menghilangkan rasa sakit tidak dapat dikonfirmasi.

7. Menyeimbangkan dan menyelaraskan tubuh : Banyak pendukung mengklaim bahwa getaran mangkuk bernyanyi dapat menghasilkan perubahan yang bermanfaat dalam tubuh dengan "menyelaraskan" sel-sel dan "menyeimbangkan sistem energi tubuh."
8. Meningkatkan praktik penyembuhan lainnya : Beberapa orang menggunakan mangkuk dalam kombinasi dengan praktik penyembuhan lainnya, seperti meditasi dan pernapasan dalam .

Penting untuk dicatat bahwa sementara mangkuk bernyanyi Tibet sering digunakan untuk tujuan ini, penelitian masih diperlukan untuk menentukan dampak apa yang sebenarnya mereka miliki. 

Cara Menggunakan Singing Bowl atau Mangkuk Bernyanyi Tibet

Selama perawatan Anda akan berbaring di lantai, sementara itu mangkuk ditempatkan dalam konfigurasi yang berbeda. Misalnya, mereka mungkin ditempatkan di sekitar tubuh Anda, di tubuh Anda, atau di lokasi yang berbeda di sekitar ruangan.

Untuk membuat suara dengan mangkuk bernyanyi, tekan kuat palu yang menyertainya dengan gerakan melingkar ke tepi luar atau tepi mangkuk. Saat Anda mendengar nada yang cerah dan jelas, Anda dapat memperlambat gerakan. Gunakan lengan penuh Anda untuk melakukan gerakan, bukan hanya memutar pergelangan tangan Anda.

Anda juga bisa melakukan gerakan melingkar yang sama pada bagian luar perut mangkuk. Selain itu, Anda dapat memukul mangkuk dengan lembut sebelum memulai gerakan melingkar.

Untuk membuat suara dengan mangkuk bernyanyi, tekan kuat palu yang menyertainya dengan gerakan melingkar ke tepi luar atau tepi mangkuk. Saat Anda mendengar nada yang cerah dan jelas, Anda dapat memperlambat gerakan. Gunakan lengan penuh Anda untuk melakukan gerakan, bukan hanya memutar pergelangan tangan Anda.

Anda juga bisa melakukan gerakan melingkar yang sama pada bagian luar perut mangkuk. Selain itu, Anda dapat memukul mangkuk dengan lembut sebelum memulai gerakan melingkar.

Jadi kesimpulannya, singing bowl atau mangkuk bernyanyi Tibet ini diyakini dapat meningkatkan relaksasi, menghilangkan stres, dan menghasilkan efek penyembuhan lainnya. Berasal dari Timur Jauh ribuan tahun yang lalu, mangkuk ini menjadi semakin populer di Barat selama beberapa dekade terakhir.

Manfaat yang diklaim termasuk meningkatkan kualitas tidur, mengurangi depresi, menghilangkan rasa sakit, dan meningkatkan kekebalan. Namun, bukti saat ini tidak dapat mendukung manfaat ini. Meskipun tampaknya ada beberapa efek positif, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan bagaimana dan kapan bernyanyi bowls paling baik digunakan.

Singing Bowl menurut Praktisi

Menurut Praktisi Holistik, Adeline Windy, pada akun Instagram pribadi miliknya, ia memberi penjelasan mengenai singing bowl dan ritual 'mengusir' hujan yang dilakukan oleh pawang hujan, Rara Isti Wulandari.

Adeline mengatakan, jika ritual yang dilakukan oleh Rara Isti Wulandari di area pitlane sembari membawa mangkuk emas di perhelatan MotoGP itu tak bisa sekadar dikaitkan dengan hal-hal gaib atau mistis.

Justru baginya, apa yang dilakukan oleh sang pawang hujan itu merupakan salah satu bentuk dari kegiatan meditasi. Di mana Rara ingin mengumpulkan seluruh niata baik dan segala harapan banyak orang agar cuaca di sekitar lokasi sirkuit aman dan lancar, dan kemudian dimanifestasikan ke lingkungan sekitar atau alam.

Dan singin bowl atau mangkuk bernyanyi itu menjadi salah satu alat untuk membantu proses manifestasi tersebut.

Untuk cara kerjanya sendiri menurut Adeline, ternyata dalam ilmu meditasi energi mental yang dimiliki manusia sebenarnya memang bisa dimanfaatkan untuk memanipulasi hujan, cuaca, bahkan kondisi di luar diri lainnya.

Adeline juga menambahkan, jika tubuh manusia sendiri bisa menjadi salah satu media, karena adanya frekuensi dan vibrasi yang terpancar ketika kita memikirkan sesuatu atau merasakan emosi tertentu.

"Ketika Mbak Rara sudah memiliki niat yang kuat untuk mengatur hujan, lalu dia memainkan Singing Bowl sesuai niatan tersebut; energi dari tubuhnya akan dipancarkan ke alam dengan bantuan Singing Bowl," tulisnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya