Negara Dengan Waktu Puasa Ramadhan Terlama di Dunia 2022

Menyambut bulan suci Ramadhan.
Sumber :
  • Freepik

VIVA – Negara dengan puasa ramadhan terlama. Sudah tidak terasa tinggal beberapa minggu lagi Umat Islam seluruh dunia akan menghadapi bulan yang penuh berkah yaitu Bulan Suci Ramadhan yang akan diperkirakan jatuh tanggal 2 atau 3 April.

Berdalih demi Kemanusiaan, SYL Mohon Hakim Buka Blokiran Rekening Istrinya

Setiap tahun untuk separuh bumi, akan menjauh dari hari-hari musim panas yang panjang dan menuju musim dingin yang lebih pendek dalam waktu berbuka puasa, tetapi negara mana yang memiliki jam siang paling banyak dan negara yang memiliki jam puasa terpendek.

Ada beberapa negara yang memiliki puasa terpendek, di antaranya Selandia Baru, Argentina, dan Afrika Selatan yang memiliki durasi puasa antara 12 jam selama menjalankan puasa.

8 Negara Ini Juga Menerapkan Tapera, Intip Perbedaanya dengan Indonesia!

Seperti dikutip dari The National News, Muslim di Islandia akan menjadi umat yang menjalankan puasa terlama yang diprediksi hampir 17 jam, sementara beberapa negara seperti Prancis, Pakistan, Jepang, Kuwait, Mesir, Qatar dan India memiliki waktu puasa selama kurang lebih 14 jam.

Bagi Muslim yang berada di negara-negara dengan waktu siangnya sangat panjang, tidak benar-benar menjalankan puasa selama 20 jam, waktu nya puasa berbuka puasa itu tidak ditentukan dengan gelapnya waktu malam.

Ikuti Jejak Spanyol hingga Norwegia, Slovenia Akui Negara Palestina

Ada sebagian negara yang memiliki tiga jam antara waktu terbenam dan terbitnya matahari, namun fatwa telah diumumkan untuk memungkinan pendudukan mengikuti jadwal kota lain atau negara sebelah, atau banyak juga yang mengikuti waktu puasa Makkah Arab Saudi.

Arab Saudi dan sebagian negara timur tengah akan menjalani puasa sekitar 15 jam, berikut beberapa negara yang memiliki waktu puasa terlama dan memiliki waktu puasa terpendek seperti dikutip dari The National News, sebagai berikut

1. Negara Dengan Puasa Terlama

Ilustrasi pengamatan hilal Bulan Suci Ramadhan.

Photo :
  • VIVA/Andri Mardiansyah

- Kota Warsawa, Polandia menjadi salah kota dengan jam puasa terpanjang. Di ibu kota Greenland yang dingin dan berangin, umat Islam harus menjalani puasa selama 16 – 17 jam.

- Kota terbesar sekaligus ibu kota Inggris, London ini juga memiliki jam puasa terlama bagi umat Islam. Total 16 hingga 17 jam siang hari membuat menyelesaikan puasa di sini menjadi prestasi yang monumental.

- Paris juga memegang jam puasa terpanjang untuk tahun 2022. Umat Muslim di Paris harus kuat bertahan melalui 16 sampai 17 jam.

- Canada, Negara paling utara di Amerika ini menantang tekad seorang Muslim dengan menawarkan waktu puasa 15 hingga 16 jam. Mereka yang menjalankan puasa Ramadhan di Ottawa disarankan untuk menjaga kebugaran dengan memberikan asupan nutrisi yang cukup selama sahur, dan ada beberapa negera lain yang memiliki waktu puasa terlama diantaranya:

- Lisbon, Portugal: 15 hingga 16 jam
- Athena, Yunani: 15 hingga 16 jam
- Beijing, China: 15 hingga 16 jam
- Washington DC, AS: 15 hingga 16 jam
- Ankara, Turki: 15 hingga 16 jam

2. Negara Dengan Puasa Terpendek.

Petugas sedang melakukan pengamatan hilal bulan suci Ramadhan.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Fajar Sodiq

- Johannesburg, South Africa: 11 – 12 jam
- Buenos Aires, Argentina: 11 – 12 jam
- Cape Town, South Africa: 11 - 12 jam
- Christchurch, New Zealand: 11 - 12 jam
- Ciudad del Este, Paraguay: 11 -12  jam
- Montevideo, Uruguay: 11 - 12 jam
- Brasilia, Brazil: 12 - 13 jam
- Harare, Zimbabwe: 12 – 13 jam

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya