Presiden Emmanuel Macron Menangkan Lagi Pemilu Prancis

Massa mendukung kemenangan Presiden Emmanuel Macron di Menara Eiffel, Paris
Sumber :
  • AP Photo/Rafael Yaghobzadeh

VIVA – Presiden Emmanuel Macron yang merupakan petahana di Pemilu Prancis disebutkan menjadi pemenang kembali dalam pemilu keduanya sesuai hasil pooling dan hitung cepat pada Minggu, 24 April 2022. Periode kedua pria berusia 44 tahun itu akan mengalahkan pesaingnya Marine Le Pen yang disebut kalah sesuai hitung cepat namun perolehan suaranya menunjukkan kenaikan.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Dilansir dari AP, Presiden termuda di Prancis itu sebelumnya selalu menggaungkan akan menyatukan Prancis. Hal ini yang diduga membuatnya masih didukung pemilih sementara Le Pen dalam kampanyenya memang cenderung anti-imigran dan pendatang.

"Tak akan ada satu pun orang Prancis yang dikeluarkan," kata Macron dalam pidato kemenangannya dengan latar belakang Menara Eiffel di Paris, Prancis. Kemudian dihiasi juga dengan proyeksi bendera Prancis tiga warna biru, putih dan merah tersebut.

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

Pidatonya disambut para pendukung dan massa yang bergembira berkumpul di sana dan mengibarkan bendera Prancis dan bendera Uni Eropa.

"Banyak hal yang perlu kita lakukan dan perang di Ukraina mengingatkan kita bahwa kita pernah melalui masa tragis itu sebabnya Prancis harus bersuara lebih keras," lanjut Emmanuel Macron.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

Sementara para pemimpin Uni Eropa juga dilaporkan ikut bersorak atas kemenangan Macron. Diketahui di bawah kepemimpinan Macron, Prancis selama ini amat kental perannya dalam Uni Eropa termasuk dalam hal menekan Rusia yang melakukan invasi ke Ukraina tersebut.

Pertemuan Prabowo Subianto dengan Surya Paloh Nasdem

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 

Koalisi Prabowo-Gibran akan merangkul semua kekuatan politik untuk membangun bangsa dan negara

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024