10 Pemimpin Dunia Paling Berkarisma Sepanjang Sejarah

Lukisan Napoleon Bonaparte.
Sumber :
  • Wikimedia Commons / National Gallery of Art

VIVA – Pemimpin dunia paling berkarisma tentu menjadi salah satu tolak ukur, agar rakyatnya percaya jika mereka mampu mencapai  tujuan yang dicita-citakannya demi negaranya. Seorang pemimpin dunia paling berkarisma itu harus mampu menunjukkan sisi percaya dirinya, menarik, mampu mengambil risiko dan visioner.

Dalam Sepekan, 4 Pemimpin Negara di Dunia Mengundurkan Diri

Dengan memiliki wajah yang berkarisma tentu seorang pemimpin dengan mudah memengaruhi anggota, rakyat, serta bawahannya.  Seorang pemimpin berkarisma tentu bisa membuat Anda semua bersemangat akan sebuah visi dan cara untuk mencapainya. 

Ini adalah naluri manusia yang umum. Sementara itu, para pemimpin bisa efektif tanpa menjadi karismatik, memiliki karisma kombinasi dengan pesona, gairah, dan persuasif yang unggul. Tentu saja ini bisa menjadi aset yang sangat besar dalam diri seorang pemimpin dunia.

Ucapan Duka Para Pemimpin Dunia atas Serangan Teroris di Gedung Konser Moskow

Sangat sulit untuk menolak orang yang karismatik. Ambil saja contohnya, Cesar Chavez. Aktivis buruh dan hak-hak sipil merupakan salah satu pembicara yang bijaksana dan berkarisma tetapi semangatnya ketika berbicara, ditambah kemampuan untuk berhubungan dengan orang biasa.

Selain itu dia memiliki karisma yang membuat begitu banyak orang berduyun-duyun ke tujuannya. Tentu saja, karisma tidak selalu merupakan hal yang positif. Beberapa pemimpin karismatik dapat membuat orang melakukan beberapa hal yang sangat buruk. 

Raja Yordania Beri Selamat ke Prabowo via Telepon: Negaramu Membutuhkanmu

Mengutip dari people.howstuffworks.com berikut ini daftar pemimpin dunia paling berkarisma sepanjang sejarah.

10. Napoleon Bonaparte

ilustrasi Napoleon Bonaparte

Photo :
  • U-Report

Napoleon Bonaparte pernah meminta emas dan perak dari orang-orang yang dia taklukkan, kemudian dia membagikannya kepada prajuritnya sebagai ucapan terima kasih, memastikan kesetiaan mereka.

Meskipun berdiri hanya setinggi 5 kaki, 2 inci (1,57 meter), dan diejek sebagai seorang anak di Corsica karena dia tidak berbicara bahasa Prancis yang benar, Napoleon Bonaparte adalah seorang pemimpin yang fenomenal. Sebagai seorang perwira muda di tentara Prancis, dia cerdas, agresif dan tak kenal takut, dan menginspirasi kesetiaan yang besar pada siapa saja yang dia temui. 

Karena sifat-sifat ini, tentara Bonaparte memenangkan banyak pertempuran untuk Prancis, dan pada usia 34 tahun ia menjadi kaisar negara itu pada tahun 1804. Bonaparte berhasil karena dia secara naluriah tahu banyak tentang perilaku manusia seperti fakta bahwa Anda perlu menunjukkan penghargaan kepada mereka yang membantu Anda sukses. 

9. Fidel Castro

Fidel Castro Pemimpin Legendaris Kuba

Photo :
  • britannica.com

Fidel Castro memerintah Kuba dengan tangan besi sejak ia dilantik ke tampuk kekuasaan selama Revolusi Kuba 1959 hingga 2008, ketika ia mengundurkan diri sebagai presiden karena sakit. Meskipun dia dicerca oleh banyak orang sebangsanya karena membawa komunisme ke Kuba, dia tetap disukai oleh sebagian besar orang miskin Kuba karena reformasi sosialnya dan kepribadiannya yang magnetis.

Ketika Castro berkuasa, Kuba adalah negara muda, setelah memperoleh kemerdekaan dari penjajah Spanyol pada tahun 1898. Castro menggulingkan diktator Fulgencia Batista dengan kekuatan militer untuk memenangkan kepemimpinan pulau, berjanji untuk mengadakan pemilihan dan memulihkan konstitusi Kuba. 

Warga dengan antusias mendukungnya. Tapi Castro mengingkari janji-janji itu dan membawa komunisme yang ketat ke Kuba, bersekutu dengan Uni Soviet dan menjadi musuh bebuyutan dengan AS Meskipun Uni Soviet mendukung Kuba selama keberadaannya, ekonomi Kuba selalu suram. Ada sedikit industri di negara ini, dan hari ini, dengan Uni Soviet tidak ada lagi, Kuba terutama mengandalkan uang yang datang dari pariwisata dan pengiriman uang dari orang-orang buangan.

Hebatnya, apa pun yang terjadi selama bertahun-tahun, dukungan Castro tetap kuat di dalam negeri. Orang Kuba bangga bahwa dia tidak tunduk pada Amerika Serikat yang kuat atau tunduk pada daya tarik budaya populernya, seperti yang dilakukan banyak negara.

Justru sebaliknya: Castro menyalahkan AS atas sebagian besar, jika tidak semua, kesengsaraan ekonomi Kuba. Untuk penghargaannya, Castro mendirikan perawatan kesehatan gratis, mengurangi rasisme dan memberikan pendidikan gratis untuk semua melalui perguruan tinggi. Sekarang adik Castro, Raúl, yang bertanggung jawab. Masih harus dilihat apakah orang Kuba akan puas dengan ekonomi suram mereka dengan orang yang kurang karismatik memimpin mereka.

8. Winston Churchill

Bombastis, energik, dan tegas, Sir Winston Churchill tampak lebih besar dari kehidupan. Putra seorang pria Inggris dan seorang wanita Amerika, Churchill adalah siswa biasa. Tapi dia memiliki bakat untuk menginspirasi orang untuk mengikutinya, dan dia tidak pernah mundur ketika dia pikir dia benar. Dia memasuki politik sebagai seorang pemuda, dan naik pangkat menjadi Menteri Keuangan pada tahun 1924, jabatan pemerintahan tertinggi di Inggris setelah perdana menteri.

Inggris sebagian besar pasifis pada 1920-an dan 30-an sementara Churchill lebih hawkish, merasa perang menjulang dengan munculnya Partai Nazi Jerman. Hal ini menyebabkan dia sering berselisih dengan Perdana Menteri Stanley Baldwin dan lainnya. Namun pada tahun 1940 -- dengan Inggris yang sekarang terlibat dalam Perang Dunia II -- Churchill menjadi perdana menteri.

Dan saat itulah orang-orang benar-benar mulai berkumpul di belakangnya. Selama perang, Churchill menyampaikan banyak pidato yang menginspirasi dan membangkitkan semangat kepada Pasukan Sekutu di seluruh dunia dan kepada warga Inggris. Salah satu kalimatnya yang lebih menonjol diucapkan pada tanggal 18 Juni 1940, ketika Prancis sedang dalam proses menyerah kepada Hitler, meninggalkan Inggris untuk menghadapi Jerman sendirian: "Karena itu marilah kita menguatkan diri kita pada tugas-tugas kita, dan dengan demikian menanggung diri kita sendiri bahwa, jika Kerajaan Inggris dan Persemakmurannya bertahan selama seribu tahun, pria masih akan berkata, 'Ini adalah saat terbaik mereka'"

Untuk memastikan orang-orang mengaitkan Churchill dengan kata-katanya, dia membuat dirinya mudah dikenali di foto dan kartun politik yang ada di mana-mana saat itu, mengadopsi banyak "merek dagang", seperti topi, tongkat, cerutu, dan dasi kupu-kupunya.

Menariknya, sementara Churchill adalah sosok yang dicintai publik, dia cukup kasar dan kasar kepada stafnya. Anggota stafnya memang mencintainya, tapi itu karena perannya sebagai pemimpin -- bukan karena dia pria yang hangat dan tidak jelas. Pada tahun 1945, Inggris dan sekutunya memenangkan Perang Dunia II. Churchill dikalahkan dalam pemilihan pasca-perang tetapi menjadi perdana menteri lagi dari tahun 1951 hingga 1955.

7. Mahatma Gandhi

Mahatma Gandhi.

Photo :
  • U-Report

Mahatma Gandhi adalah anak yang kurus kering, sakit-sakitan, dan siswa yang biasa-biasa saja. Dia menjadi pengacara saat dewasa, tetapi rasa malunya membuatnya tidak efektif. Dia bisa menjadi kasar dan tidak bijaksana. Dan dia tidak jauh dari karismatik. Sampai, yaitu, dia marah. Sangat marah.

Gandhi telah pindah dari India ke Afrika Selatan pada tahun 1893 untuk bekerja sebagai pengacara dan bepergian dengan kereta api di Afrika Selatan. Meskipun dia memiliki tiket kelas satu, seorang pria kulit putih tidak ingin dia duduk di sana, jadi seorang penjaga mengusirnya.

Menggigil di ruang tunggu yang gelap, Gandhi mendapat pencerahan. Dalam seminggu, dia berbicara secara terbuka tentang diskriminasi dan memukau orang banyak dengan hasratnya. Dia menanggalkan pakaian Inggris yang disukainya, dan mulai mengenakan pakaian sederhana seperti tunik petani India. Segera, modus operandi protes tanpa kekerasan melalui pembangkangan sipil lahir, yang ia gunakan untuk memperjuangkan hak asasi manusia dan kesetaraan politik. Semakin menonjol dan sukses yang diraihnya, semakin dia dipandang sebagai karismatik.

Setelah membantu mengubah beberapa undang-undang diskriminatif di Afrika Selatan, Gandhi pindah kembali ke India pada tahun 1915. Tak lama kemudian, dia memobilisasi orang-orang untuk memberontak secara damai melawan penjajah Inggris mereka. Secara khusus, Gandhi menginstruksikan orang India untuk memboikot segala sesuatu di Inggris: pakaian buatan Inggris, universitas Inggris, dan bahkan hukum Inggris. Salah satu undang-undang tersebut menetapkan orang India tidak dapat memproduksi garam, tetapi sebaliknya harus membelinya dari pabrik berlisensi -- yang semuanya dimiliki oleh Inggris. Jadi pada tahun 1930, Gandhi menggelar pawai 24 hari ke laut, yang kemudian dikenal sebagai Great Salt March . Ratusan ribu orang sebangsanya bergabung dalam pawai; ketika mereka sampai di laut, mereka menggunakannya untuk membuat garam mereka sendiri.

Taktik Gandhi berhasil. India memperoleh kemerdekaannya pada tahun 1947, dan negara baru Pakistan juga dibentuk dari wilayah timur laut dan barat laut, yang mayoritas penduduknya Muslim. Sayangnya, Gandhi dibunuh pada tahun 1948 oleh seorang nasionalis Hindu yang membencinya karena toleransinya terhadap Muslim.

6. Adolf Hitler

adolf hitler

Photo :
  • U-Report

Adolf Hitler bukanlah orang yang mudah bergaul. Dia adalah anak aneh yang meninggalkan sekolah pada usia 16 tahun untuk menjadi pelukis di Wina, di mana dia gagal total. Dia memiliki masalah dalam membentuk hubungan intim dan tidak bisa terlibat dalam debat intelektual. Ditambah lagi, dia punya banyak prasangka. Namun setelah bergabung dengan Partai Buruh Jerman yang fasis (kemudian menjadi Partai Nazi) pada tahun 1919, ia hanya membutuhkan waktu dua tahun untuk menjadi pemimpinnya.

Itu adalah badai yang sempurna. Jerman telah dihancurkan dalam Perang Dunia I dan miskin, kelaparan, dan dipermalukan dengan syarat penyerahan diri mereka. Hitler menyapu menjanjikan penebusan dan keselamatan dengan cara yang hampir religius. Dia mencerca demokrasi , mengatakan kepada Jerman bahwa mereka Arya dan lebih baik dari orang lain dan berbicara menentang musuh yang didefinisikan dengan hati-hati, yaitu komunis dan Yahudi.

Dia memiliki visi yang jelas, dan bertekad untuk meyakinkan alam semesta tentang misinya -- ciri-ciri seorang pemimpin karismatik. Jutaan orang Jerman, yang cenderung mendengar pesan seperti itu, jatuh cinta padanya, memandang Hitler hampir seperti dewa. Stafnya juga ikut; Secara mengejutkan, Hitler adalah bos yang baik hati. Segera, mayoritas orang mengikutinya tanpa pertanyaan.

Bagian dari karisma Hitler adalah keyakinannya yang benar dan sepenuhnya bahwa orang Jerman hebat, dan bahwa dia adalah "orang" yang memimpin mereka untuk mengambil alih Eropa. Mungkin tampak seperti itu setelah dia dengan mudah menaklukkan beberapa negara di Eropa Barat tetapi itu membutakannya terhadap risiko melampaui batas. Dia menyuruh tentara Jerman menyerang Rusia selama Perang Dunia II, saat mereka masih memerangi Inggris dan menduduki negara lain. Dia juga memiliki populasi Yahudi dari semua negara yang dia invasi (serta Jerman) dikumpulkan dan dibunuh atau dikirim ke kamp konsentrasi. Dengan AS, Inggris dan Rusia mendekati Nazi Jerman, para pengikut Hitler mulai kecewa. Setelah Jerman menyerah pada 1945, Hitler bunuh diri.

5. Martin Luther King, Jr.

Martin Luther King

Photo :
  • Wikimedia Commons / U.S. Library of Congress

Dia punya mimpi , tapi dia tidak pernah hidup untuk melihatnya menjadi kenyataan. Dr. Martin Luther King, Jr. adalah pelopor dalam gerakan hak-hak sipil di AS. Ada banyak pemimpin Afrika-Amerika lainnya pada saat itu, tetapi Rajalah yang menonjol karena cara dia memotivasi massa dan pengikutnya. komitmen tanpa kompromi untuk protes tanpa kekerasan.

King lahir di Atlanta pada tahun 1929. Seorang pria berpendidikan, ia memperoleh banyak gelar, termasuk gelar doktor dari Universitas Boston. Pada tahun 1955, ia setuju untuk mengambil peran utama dalam Boikot Bus Montgomery, di mana orang kulit hitam di Montgomery, Alabama menolak naik bus umum sampai mereka diizinkan duduk di tempat yang mereka suka, bukan hanya di belakang. Keberhasilan boikot (yang berlangsung hampir satu tahun) membuat King berada di garis depan gerakan.

King dikenal karena pidato inspirasionalnya, yang mencakup pidato-pidato yang mengesankan seperti pidato "I Have a Dream" yang dia berikan selama Maret di Washington, DC pada tahun 1963, mendorong orang-orang dari semua ras untuk bersatu dan mendorong undang -undang hak-hak sipil federal . Pada saat itu, itu adalah pertemuan pengunjuk rasa terbesar yang pernah ada di ibu kota AS (250.000) dan pidato tersebut dianggap sebagai salah satu yang terbesar dalam sejarah Amerika. Pada tahun 1964, Kongres meloloskan Undang-Undang Hak Sipil yang melarang diskriminasi berdasarkan ras, agama, atau jenis kelamin.

Tentu saja, King juga memiliki banyak pencela -- baik orang kulit hitam yang tidak setuju dengan metode non-kekerasannya, dan juga rasis yang ingin menjaga pemisahan tetap utuh. Pada tahun 1968, King dibunuh di balkon kamar motelnya di Memphis, Tennessee, tempat dia pergi untuk membantu pemogokan pekerja sampah.

4.Malcolm X

Malcolm X.

Photo :
  • U-Report

Malcolm X memiliki kehidupan yang sangat bergejolak. Namun terlepas dari kekacauan dan kurangnya pendidikan, ia menjadi motivator yang kuat yang menarik ribuan orang kulit hitam untuk bergabung dengan Nation of Islam dan memeluk kebanggaan kulit hitam.

Lahir sebagai Malcolm Little di Omaha, Neb., Ayah Malcolm, Earl Little, adalah seorang pengkhotbah dan aktivis hak-hak sipil . Gara-gara aktivisnya, keluarganya sering dilecehkan oleh kelompok supremasi kulit putih. The Littles pindah ke East Lansing, Mich., untuk menghindari pelecehan, tetapi supremasi di sana membunuh Earl pada tahun 1931. Ibu Malcolm, Louise, tidak pernah pulih dari kematian Earl, dan akhirnya dimasukkan ke rumah sakit jiwa.

Malcolm jatuh ke dalam kehidupan narkoba dan kejahatan. Setelah mendarat di penjara pada tahun 1946, ia mulai membaca dengan rakus. Dia juga masuk ke Nation of Islam, sebuah sekte kecil Muslim kulit hitam yang percaya bahwa orang kulit hitam Amerika harus mendirikan negara mereka sendiri. Malcolm kemudian menjatuhkan nama keluarga "Little," yang dianggapnya sebagai nama budak, dan menggantinya menjadi "X" untuk menghormati nenek moyangnya yang tidak dikenal di Afrika. Segera, dia mengkhotbahkan perlunya revolusi kekerasan untuk mendirikan negara kulit hitam yang merdeka. Malcolm X adalah orang yang bersemangat, dan ternyata menjadi orator yang berbakat secara alami. Ketika dia dibebaskan dari penjara pada tahun 1952, ada 400 anggota di Nation of Islam. Pada tahun 1960, sebagian besar karena upaya dan karismanya, ada 40.000.

Pada tahun 1964, Malcolm X meninggalkan Negara, kecewa setelah pemimpin pembelajaran Elijah Muhammad telah melanggar ajarannya sendiri dengan melakukan perzinahan. Dia pergi berziarah ke Mekah dan masuk Islam tradisional. Dia juga menjadi kurang marah dan lebih inklusif terhadap ras lain, menyadari kekerasan tidak diperlukan untuk mencapai tujuannya. Sayangnya, pada tahun 1965, ketika dia bersiap-siap untuk menyampaikan pidato di Manhattan, tiga anggota National of Islam bergegas ke panggung dan menembaknya. Dia meninggal seketika pada usia 39.

3. Nelson Mandela

Nelson Mandela mengusung trofi Piala Dunia [foto ilustrasi]

Photo :
  • Google

Nelson Mandela lahir pada tahun 1918 dalam keluarga kerajaan Afrika Selatan dari suku Thembu yang berbahasa Xhosa. Tapi dia berkulit hitam, dan Afrika Selatan diperintah oleh orang kulit putih, jadi bahkan kelahirannya yang bergengsi pun tidak bisa menyelamatkannya dari sistem pemisahan rasial yang brutal, yang disebut apartheid, yang ada saat itu.

Mandela kuliah di perguruan tinggi, di mana ia dengan cepat terlibat dengan berbagai protes terhadap diskriminasi rasial. Awalnya, dia lebih suka menggunakan boikot, pemogokan, dan metode non-kekerasan lainnya untuk mendorong kewarganegaraan penuh bagi semua orang Afrika Selatan. Tetapi setelah polisi kulit putih membunuh 69 pemrotes kulit hitam yang damai pada tahun 1962 di Sharpeville, Mandela, sebagai kepala organisasi aktivis, Kongres Nasional Afrika (ANC), juga menganut beberapa metode perlawanan dengan kekerasan.

Setelah ANC dilarang, Mandela ditangkap pada tahun 1962 dan didakwa dengan sabotase, pengkhianatan, dan konspirasi kekerasan. Selama delapan bulan persidangannya, ia mengukuhkan statusnya sebagai ikon internasional dengan pernyataan pembukaannya yang diakhiri dengan kata-kata penuh semangat ini: "Saya telah menghargai cita-cita masyarakat yang demokratis dan bebas di mana semua orang hidup bersama dalam harmoni dan dengan kesempatan yang sama. . Ini adalah cita-cita yang saya harapkan untuk hidup dan capai. Tetapi jika perlu, itu adalah cita-cita yang saya siap mati"

Mandela menghabiskan 27 tahun di penjara, sebagian besar waktunya melakukan kerja paksa. Tapi dia juga mendapatkan gelar sarjana hukum, menyelundupkan pernyataan politik dan menyusun otobiografinya. Dan pemenjaraannya yang lama menambah mistik dan reputasinya sebagai pejuang kemerdekaan. Tekanan publik internasional menyebabkan pembebasannya dari penjara pada tahun 1990 dan pembongkaran sistem apartheid. Hanya beberapa tahun kemudian, pada tahun 1994, ia terpilih sebagai presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan dalam pemilihan parlemen multiras pertama di negara itu. Pada tahun 1999, Mandela pensiun dari politik, tetapi terus mendorong perdamaian dan keadilan sosial di seluruh dunia.

2. Eva Peron

Eva dan Juan Peron, 1950

Photo :
  • latinamericanstudies.org

Anda mungkin mengenalnya lebih baik sebagai Evita, berkat musikal Broadway populer dengan nama yang sama. Tapi tidak peduli apa Anda memanggilnya, Maria Eva Duarte Perón memiliki pengaruh besar pada kehidupan jutaan orang Argentina abad ke-20.

Lahir pada tahun 1919 di kota kecil Los Toldos, Eva pindah ke Buenos Aires sebagai seorang wanita muda untuk menjadi seorang aktris . Meskipun tidak terlalu berbakat, dia memiliki jumlah kesuksesan yang masuk akal. Tapi hidupnya berubah secara dramatis ketika dia menikah dengan Juan Perón pada tahun 1945.

Perón adalah seorang kolonel dan pejabat pemerintah, dan setahun setelah mereka menikah, ia menjadi presiden Argentina. Eva adalah seorang pembicara yang terampil, dan segera memutuskan untuk menggunakan posisinya sebagai ibu negara untuk memajukan berbagai tujuan seperti hak pilih perempuan dan bantuan untuk orang miskin. Dia memiliki hubungan khusus dengan orang miskin, yang dia sebut "mis descamisados ??(yang bertelanjang dada)." Dia juga memulai yayasannya sendiri untuk membantu mereka, sering kali secara pribadi membagikan uang tunai.

Eva ditunjuk untuk mengepalai kementerian kesehatan dan tenaga kerja. Saat itu -- dalam masyarakat Argentina yang sangat patriarki -- hal itu tidak pernah terdengar. Eva langsung menjadi baik dicintai dan dibenci oleh jutaan -- dicintai oleh orang-orang yang ingin dia bantu, dan dibenci oleh mereka yang berpikir seorang wanita tidak seharusnya menjadi aktivis atau yang tidak menyetujui aturan otokratis suaminya.

Pada tahun 1951, dengan suaminya lagi mencalonkan diri sebagai presiden, beberapa mendesak tiket Perón-Perón, dengan Eva sebagai wakil presiden. Tentara menentang ini, dan Eva menolak untuk lari. Dia meninggal karena kanker pada tahun 1952 pada usia 33, setelah mencapai banyak hal dalam waktu yang sangat singkat. Ribuan orang memohon kepada Vatikan untuk mengkanonisasi dia.

1. Aung San Suu Kyi

Aung San Suu Kyi

Photo :
  • Dok.Pribadi

Selama hampir dua dekade, aktivis Aung San Suu Kyi dipenjarakan di rumahnya di Myanmar (sebelumnya Burma) dan menjadi simbol pembebasan bagi negaranya. Dia adalah putri pendiri Tentara Kemerdekaan Burma, yang awalnya merundingkan persyaratan kemerdekaan Burma dari Inggris dan kemudian dibunuh.

Suu Kyi menjalani kehidupan biasa di Inggris bersama suami dan anak-anaknya yang berkebangsaan Inggris sampai dia kembali ke Burma untuk merawat ibunya yang sakit. Selama di sana, dia diminta untuk memimpin gerakan pro-demokrasi.

Pada tahun 1988, ia berbicara kepada setengah juta orang atas nama partai Liga Nasional untuk Demokrasi dengan harapan membawa demokrasi ke negara asalnya. Namun, negara itu diperintah oleh junta tentara yang brutal, dan tidak mengherankan, itu tidak mendukung gagasan ini.

Meskipun partai Suu Kyi menang telak selama pemilihan umum 1990, junta membatalkan hasil pemilu, mengurung Suu Kyi di rumahnya dan tetap berkuasa. Junta menawarkan untuk membebaskannya jika dia akan meninggalkan Burma dan menjauh dari politik tetapi dia menolak, bersumpah untuk melayani rakyat Burma sampai mati, dan jarang bertemu keluarganya lagi.

Namun perlahan, keadaan berubah. Setelah tekanan internasional yang kuat, Suu Kyi -- saat itu, salah satu tahanan hati nurani paling terkemuka di dunia -- dibebaskan pada akhir 2010. Junta akhirnya berakhir dan pemilihan umum diadakan pada 2012, ketika partai Liga Nasional untuk Demokrasi menang hampir setiap kursi yang diperebutkan. Pada 2015, partainya menang telak, meskipun dia dilarang menjadi presiden karena kewarganegaraan asing putranya.

Belakangan ini, reputasi Suu Kyi sebagai pembela hak asasi manusia tercoreng. Dia telah dikritik karena tidak melakukan apa pun untuk menghentikan penganiayaan militer Myanmar terhadap minoritas Muslim Rohingya, yang ribuan jumlahnya terpaksa melarikan diri ke Bangladesh. Tetapi para pendukungnya menyatakan bahwa dia tidak punya banyak pilihan karena militer mempertahankan kekuasaan yang serius.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya