Jepang Ingin Perkuat Kemitraan RI, Sepakat Stabilisasi Indo-Pasifik

Pertemuan bilateral Presiden Jokowi dengan PM Jepang Fumio Kishida
Sumber :
  • YouTube Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan bilateral Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat, 29 April 2022. Pertemuan tersebut membahas kerja sama Indonesia-Jepang untuk menjaga kawasan Indo-Pasifik agar menjadi kawasan yang damai, stabil, dan sejahtera.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

"Saya menekankan pentingnya membangun strategic trust di kawasan," kata Presiden Jokowi dalam jumpa pers bersama PM Kishida selepas pertemuan yang disiarkan langsung kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden, Jumat.

Presiden Jokowi menegaskan bahwa Indonesia beserta negara-negara ASEAN siap untuk melakukan kerja sama dengan para mitra, terutama di bidang maritim, konektivitas, pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), serta perdagangan dan investasi.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Selain itu dalam pertemuan yang sama dibahas pula mengenai situasi di Myanmar.

"Saya menekankan pentingnya kerja sama ASEAN dan Jepang untuk memastikan bahwa Five Point of Consensus ASEAN dapat dijalankan," kata Presiden Jokowi.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Sementara PM Fumio Kishida mengatakan  Jepang ingin memperkuat kemitraan strategis dengan Indonesia menjelang peringatan 65 tahun hubungan diplomatik kedua negara yang akan diperingati 2023.

"Pada kesempatan istimewa ini, saya ingin mempererat lebih lanjut kemitraan strategis kedua negara yang akan menyambut peringatan 65 tahun hubungan diplomatik pada tahun depan," kata Kishida seperti disampaikan penerjemah dalam siaran langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat.

Kishida menyampaikan maksud tersebut secara langsung di hadapan Presiden Joko Widodo, saat keduanya secara bergantian memberikan sambutan pembuka dalam pertemuan pleno bilateral kedua negara di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat.

Dalam pertemuan, Kishida menjelaskan pihaknya berdiskusi lebih lanjut terkait rencana peningkatan hubungan kerja sama di berbagai bidang dengan Indonesia. "Antara lain kerja sama bilateral dalam bidang investasi dan energi," tambahnya.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam Forum Menteri untuk Kerja Sama di Indo-Pasifik di Paris, 22 Februari 2022, sempat menyampaikan bahwa kompetisi di kawasan Indo-Pasifik tidak bisa dihindari.

Namun, Menlu Retno menegaskan bahwa kompetisi di Indo-Pasifik harus tetap berjalan secara sehat dan sesuai dengan hukum internasional yang berlaku guna mencegah meletusnya konflik terbuka.

"Untuk Indonesia, Indo-Pasifik adalah lautan kesempatan yang terlalu besar untuk didominasi oleh satu negara," tegas Retno.

Presiden Jokowi menyambut kunjungan kenegaraan PM Kishida beserta delegasi Jepang lainnya didampingi sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju termasuk Menlu Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Indonesia jadi negara pertama yang dikunjungi dalam lawatan ke kawasan Asia Tenggara. PM Kishida juga dijadwalkan untuk meletakkan karangan bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata pada hari Sabtu (30/5). (Ant)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya