11 Negara Sudah Membebaskan Masker, Terbaru Indonesia

Ilustrasi warga pakai masker
Ilustrasi warga pakai masker
Sumber :
  • ANTARA FOTO/REUTERS/Alejandra Cardona

VIVA – Banyak negara sudah membebaskan masker untuk tak lagi dipakai di ruang terbuka dan ruang tertutup. Protokol kesehatan satu ini memang dikencangkan ketika pandemi COVID-19 melanda banyak negara hampir di seluruh penjuru dunia. Masker digunakan agar setiap orang yang berinteraksi memiliki batasan sehingga terhindar dari penularan virus yang berasal dari Wuhan, China tersebut. Masker menjadi salah satu protokol kesehatan selain mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai hand sanitizer. Beberapa negara telah membebaskan penggunaan masker karena dianggap pandemi mulai menurun.

Kini, Indonesia menjadi negara terbaru yang mengikuti bebas masker. Pandemi di Tanah Air dianggap makin menurun angka kasusnya. Penggunaan masker tetap dilakukan bagi penderita flu dan batuk. Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa Indonesia bebas masker khususnya di ruangan terbuka.

Hal ini menjadi kabar bahagia bagi banyak pihak yang telah merindukan kondisi normal sebelum negara dilanda pandemi COVID-19. Berikut daftar negara sudah membebaskan masker:

1. Denmark

Denmark menjadi negara pertama di Eropa yang mencabut pembatasan Covid-19, termasuk pemakaian masker. Walaupun kasus Covid yang tercatat relatif masih tinggi, namun pemerintah memandang virus corona tidak lagi menjadi ancaman besar.

Setelah Inggris, Denmark mengucapkan selamat tinggal ke masker dan kartu kesehatan COVID-19. Negara itu menjadi negara Uni Eropa pertama yang mencabut semua pembatasan pandemi meski mengalami rekor kasus Corona terutama varian Omicron.

Tidak hanya itu, pembatasan jam operasional di bar dan restoran juga ditiadakan. Klub malam juga sudah dibuka kembali.