10 Tokoh Ulama Berpengaruh di Dunia

Habib Umar bin Hafidz (Foto: Internet)
Habib Umar bin Hafidz (Foto: Internet)
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Ulama adalah tokoh masyarakat yang memahami dan mendalami terkait ilmu agama, khususnya di Islam, ulama kerap kali dijadikan tolak ukur dalam pengambilan suatu keputusan yang melibatkan kepentingan orang banyak, dan tentu melalui musyawarah diantara tokoh-tokoh para ulama.

Berikut ini VIVA telah merangkum 10 tokoh Ulama paling berpengaruh di dunia melansir dari Royal Islamic Strategic Studies Center of Jordan edisi 2022 dan berbagai sumber:

1. Dr Ali Gomaa

Ali Gomaa adalah Mufti besar Mesir periode 2003-2013, ia dikenal dengan sebutan Fadhilatu Syaikh DR. Ali Gomaa Mohamed Abdel Wahab, lahir di Mesir pada 3 Maret 1951. Ia adalah seorang sarjana Islam Mesir, ahli hukum, dan tokoh masyarakat.

Dia mengkhususkan diri dalam Teori Hukum Islam. Dia mengikuti mazhab Syafi`i yurisprudensi Islam dan mazhab Asy'ari tentang prinsip iman. Gomaa adalah seorang Sufi, namanya merupakan 1 dari 500 muslim paling berpengaruh di dunia yang diterbitkan Royal Islamic Strategic Studies Center of Jordan edisi terbaru 2022.

2. Bilal Philips

Memiliki nama lengkap Abu Ameenah Bilal Philips dia lahir di Dennis Bradley Philips pada 17 Juli 1947, Bilal adalah seorang ulama Islam di Kanada, pembicara, penulis, pendiri dan rektor Universitas Terbuka Internasional, yang tinggal di Qatar.

Ia telah menulis dan menerjemahkan lebih dari 50 buku-buku bertemakan islam dan ia juga kerap diundang untuk mengisi acara di saluran televisi nasional, termasuk Saudi TV, Sharjah TV, Ajman TV, Islam Channel, Huda TV, dan Peace TV.

Ia juga menerbitkan buku-buku hasil karyanya yang berjudul polygamy in Islam, the evolution of fiqh, the ansar cult, the fundamentals of tawheed buku-buku tersebut ditulis berdasarkan panduan Quran dan sunnah.

Namanya merupakan 1 dari 500 muslim paling berpengaruh di dunia yang diterbitkan Royal Islamic Strategic Studies Center of Jordan edisi terbaru 2022.

3. Yasmin Mogahed

Yasmin Mogahed adalah sarjana muslim perempuan yang tinggal di Amerika, Mogahed memiliki minat pada kajian spiritualitas, psikologi dan pengembagan diri. Mogahed mendapatkan di University of Wisconsin-Madison. Mogahed saat ini adalah instruktur untuk AlMaghrib Institute, seorang pembicara internasional, dan penulis buku Reclaim Your Heart and Love & Happiness.

4. Dalia Mogahed

Dalia Mogahed adalah seorang peneliti dan konsultan Amerika asal Mesir. Wanita kelahiran 1975 ini adalah direktur penelitian di Institute for Social Policy and Understanding (ISPU) di Washington, D.C. Dia juga menduduki posisi sebagai Presiden dan CEO Mogahed Consulting, sebuah perusahaan pelatihan dan konsultan eksekutif yang berbasis di Washington, D.C, yang mengkhususkan diri dalam masyarakat Muslim dan Timur Tengah.

Mogahed adalah mantan Direktur Eksekutif Gallup Center for Muslim Studies, sebuah pusat penelitian non-partisan yang menyediakan data dan analisis untuk mencerminkan pandangan Muslim di seluruh dunia. Dia dipilih sebagai penasihat oleh Presiden AS Barack Obama di Kantor Kemitraan Berbasis Keyakinan dan Lingkungan Gedung Putih.

 5. Omar Suleiman

Omar Suleiman lahir pada tahun 1986, ia adalah seorang sarjana muslim Amerika, ia juga menjalani pekerjaan sebagai penulis, dan pembicara public. Omar juga mendirikan sekaligus Presiden Yaqeen Institute for Islamic Research, dan Profesor Ajun Studi Islam dan anggota Dewan Penasihat Pusat Etika di Southern Methodist University.

Saat ini ia sedang menjabat sebagai Resident Scholar of the Valley Ranch Islamic Center dan Co-Chair Emeritus of Faith Forward Dallas di Thanks-Giving Square, sebuah koalisi multi agama dari ulama untuk perdamaian dan keadilan.

Namanya merupakan 1 dari 500 muslim paling berpengaruh di dunia yang diterbitkan Royal Islamic Strategic Studies Center of Jordan edisi terbaru 2022.

6. Nouman Ali Khan

Nouman Ali Khan adalah seorang keturunan Pakistan-Amerika, ia aktif sebagai pendakwah dan instruktur Bahasa arab, ia juga mendirikan Institut Bayyinah dengan fokus studi bahasa Arab dan Quran. Ia juga menjabat sebagai instruktur bahasa Arab di Nassau Community College, Nouman juga dinobatkan sebagai 1 dari 500 muslim paling berpengaruh di dunia oleh Royal Islamic Strategic Studies Center of Jordan

7. Mufti Menk

Mufti Mank memiliki nama lengkap Ismail ibn Musa Menk, ia lahir pada 27 juni 1975, ia adalah seorang cendekiawan Islam Zimbabwe, ia juga ditunjuk sebagai kepala departemen fatwa negara, namanya juga telah dikenal luas di dunia internasional.

Mank juga masuk dalam deretan 500 muslim paling berpengaruh di dunia yang dinobatkan oleh Royal Aal al-Bayt Institute for Islamic Thought di Yordania pada 2013, 2014 dan 2017. 

8. Umar bin Hafidz

Masyarakat Indonesia tentu sudah sangat mengenal sosok dari ulama asal kota Tarim, Hadramaut Yaman ini. Dikenal dengan sebutan al-Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz. Ia dilahirkan pada hari Senin 27 Mei 1963. Ia adalah seorang ulama dunia era modern, Habib Umar kini tinggal di Tarim dimana ia mengasuh Dar-al Musthafa dan berbagai sekolah lain yang dibangun di bawah manajemen nya. Namanya juga termasuk dalam 1 dari 500 muslim paling berpengaruh di dunia yang berada di posisi ke 11, yang diterbitkan oleh Royal Islamic Strategic Studies Center of Jordan edisi terbaru 2022.

Di Indonesia Umar sudah beberapa kali membuat kerjasama dengan pemerintah Indonesia, dalam hal ini Ditjen Kelembagaan Keagamaan Kementerian Agama Indonesia meminta pembuatan kerjasama dengan Umar dan Dar-al Musthafa untuk pengiriman sumber daya manusia yang berkualitas, khususnya para kyai pimpinan pondok pesantren untuk mengikuti program pesantren kilat selama tiga bulan di bawah bimbingan langsung al-Habib Umar.

9. Ahmed el-Tayeb

Lahir pada 6 Januari 1946 adalah seorang sarjana Islam Mesir dan Imam Besar al-Azhar saat ini, ia adalah mantan presiden Universitas al-Azhar. Ia diangkat oleh presiden Mesir, Hosni Mubarak, setelah kematian Mohamed Sayed Tantawy pada 2010. Dia berasal dari Kurna, Kegubernuran Luxor di Mesir Hulu, dan dia milik keluarga Muslim Sunni

Saat ini namanya berada di daftar 14 dari 500 muslim paling berpengaruh di dunia yang diterbitkan Royal Islamic Strategic Studies Center of Jordan edisi terbaru 2022.

10. Yusuf Estes

Ia adalah seorang mualaf yang awalnya memiliki nama Joseph Estes, ia lahir pada tahun 1944 di Amerika tepatnya di Texas. Sebelum memeluk agama Islam Yusuf adalah pemeluk agama Kristen. Yusuf pernah menjadi presenter tamu dan narasumber di berbagai acara-acara Islam. Estes dinobatkan sebagai Islamic Personality of the Year di Dubai International Holy Quran Award ceremony pada tanggal 8 agustus 2012. Latar belakang Estes adalah Salafi moderat.