PM Baru Australia Albanese Bakal Hadiri Kelompok Keamanan Quad

Pemimpin Partai Buruh sekaligus Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese.
Pemimpin Partai Buruh sekaligus Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese.
Sumber :
  • AP/Joel Carrett.

VIVA – Pemimpin Partai Buruh, Anthony Albanese, dilantik sebagai perdana menteri ke-31 Australia, pada Senin 23 Mei 2022. Albansese, yang dibesarkan di perumahan rakyat oleh ibunya seorang diri yang mengandalkan pensiun disabilitas, diambil sumpah oleh Gubernur Jenderal David Hurley dalam upacara di ibu kota Australia, Canberra.

"Ini hari penting dalam hidup saya, tapi hari penting bagi negara ini, ketika kita berganti pemerintah," kata Albanese kepada para wartawan, di luar kediamannya di pinggiran kota Sydney, menjelang upacara pelantikan.

"Saya ingin menyalurkan kesempatan yang kita miliki untuk membentuk perubahan agar kita membawa rakyat bersama kita untuk berjalan menuju perubahan. Saya ingin membawa negara ini bersama-sama," ujarnya.

Pelantikan Albanese dilakukan kendati suara hasil pemilihan masih terus dihitung dan pemerintah baru belum selesai dibentuk.

Dengan demikian, sang perdana menteri baru Australia bisa menghadiri pertemuan utama kelompok keamanan "Quad" di Tokyo pada Selasa 24 Mei 2022. Albanese pada pertemuan itu akan didampingi Menteri Luar Negeri Penny Wong, yang juga baru dilantik.

Albanese mengatakan bahwa ia sudah berbicara dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden pada Minggu (22/5). Ia juga mengatakan menantikan perjumpaan dengan Biden serta perdana menteri Jepang dan India pada pertemuan tersebut. (Ant/Antara)