AS-Korsel Intens Hempang Nuklir Korut, Kim Jong-un Rapat Berhari-hari

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.
Sumber :
  • KRT via AP

VIVA – Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengadakan konferensi politik dengan agenda bahwa dia berencana meninjau urusan negara terkait COVID-19. Selain itu dimungkinkan membahas hubungan dengan Washington dan Seoul di tengah kebangkitan nuklirnya.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Rapat Pleno Komite Sentral Partai Buruh yang berkuasa dimulai pada Rabu 8 Juni 2022 di Ibu Kota Pyongyang disebutkan bisa berlangsung beberapa hari.

Pertemuan itu terjadi di tengah sinyalemen Korea Utara (Korut) yang sedang mempersiapkan ledakan uji coba nuklir pertamanya dalam hampir lima tahun. Tindakan ini juga akan meningkatkan provokatif dalam demonstrasinya yang telah melakukan uji coba rudal balistik antarbenua.

Delegasi Korea Utara Kunjungi Iran, Isu Kerjasama Semakin Kuat

Melansir dari AP, Kamis 9 Juni 2022, media pemerintah Korea Utara sebelumnya mengumumkan pertemuan itu akan meninjau urusan negara dan membuat keputusan tentang serangkaian masalah penting.

Sementara para pejabat dan pakar Korea Selatan mengatakan Kim mungkin membahas hubungan dengan Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan di tengah diplomasi yang lama terhenti.

Serang Israel, Uni Eropa Bakal Jatuhi Iran Sanksi

Selama pertemuan pleno partai sebelumnya pada Desember lalu, Kim mengulangi sumpahnya untuk meningkatkan program nuklir militernya dan memerintahkan produksi sistem senjata yang kuat, yang lebih canggih selama diskusi yang berlangsung lima hari itu.

Pertemuan Korea Utara berlangsung selama Wakil Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman bertemu dengan rekan-rekannya dari Korea Selatan dan Jepang pada hari Rabu di Seoul.

Sherman menekan kerja sama keamanan trilateral dalam menghadapi ancaman Korea Utara yang semakin cepat.

“Respons cepat dan kuat jika Korea Utara tetap melanjutkan uji coba nuklirnya,” kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya