7 Pertempuran Paling Sadis dan Menegangkan di Dunia

Demo Anti Perang Vietnam.
Sumber :
  • www.news.cornell.edu

VIVA – Pertempuran paling sadis di dunia ternyata banyak sekali. Pertempuran tersebut sangat menegangkan karena tidak lagi berperang antar individu satu dan individu lain, tetapi pertempurn sudah melibatkan bangsa atau antar golongan.

Pangeran Harry Resmi Daftarkan AS Sebagai Tempat Tinggal Utama, Tak Lagi Jadi Bangsawan Inggris?

Pertempuran sendiri terjadi karena berbagai alasan yang melatarbelakangi nya, seperti perebutan kekuasaan atau mengadu kekuatan. Kali ini Viva memberikan informasi mengenai 7 pertarungan paling sadis dan menegangkan di dunia yang dilansir dari berbagai sumber sebagai berikut:

1. Pertempuran Muye

Pengembang Perumahan di Dubai Beri Perbaikan Rumah Gratis Setelah Banjir Bandang

Hutan purba ditemukan tersembunyi di balik lubang raksasa di China.

Photo :
  • metro.co.uk

Pertempuran ini  di mana sebuah kekuatan secara besar-besaran melebihi jumlah yang lain, tetapi beberapa ketidakseimbangan yang mencolok seperti Pertempuran Muye.

Organisasi Liga Muslim Dunia Ucapkan Selamat ke Prabowo: Semoga RI Makin Maju

Sekitar 50.000 tentara dari suku Zhou berperang melawan lebih dari 500.000 tentara dari Dinasti Shang yang berkuasa saat itu, belum lagi 170.000 budak bersenjata.

Namun, Zhou tidak hanya terbukti menjadi tentara yang unggul, mayoritas budak dengan cepat membelot ke sisi pasukan Zhou, yang menyebabkan banyak tentara Shang juga membelot.

Pertempuran yang dihasilkan menyebabkan akhir Dinasti Shang dan awal Dinasti Zhou, Dinasti yang paling lama memerintah dalam sejarah Cina.

2. Pertarungan Marathon

Salah satu pertempuran militer paling terkenal serta salah satu pertarungan paling awal yang tercatat, Pertempuran Marathon terjadi pada 490 SM, selama invasi Persia pertama ke Yunani.

Dalam peperangan itu, sekitar 20.000 infanteri dan kavaleri Persia ingin menghancurkan Athena, yang telah mengerahkan hanya sekitar 10.000 prajurit. Namun, orang-orang Yunani yang berani mengalahkan musuh mereka yang jumlahnya lebih banyak dan membela diri.

Oleh karena itu pertarungan dianggap sebagai momen yang menentukan dalam perkembangan budaya Eropa.

3. Pertempuran Armada Spanyol

Kebarakan Arraiza, utara Spanyol.

Photo :
  • AP Photo/Sergio Martin.

Kekalahan Armada Spanyol adalah salah satu peristiwa paling terkenal dalam sejarah Inggris. Kembali pada akhir abad ke-16, Spanyol adalah negara paling kuat di dunia, memerintah wilayah yang luas dan mempertahankan kekayaan yang tak tertandingi dari Dunia Baru.

Sementara Inggris adalah negara kecil dengan sedikit teman dan banyak musuh. Ketika Spanyol mengirimkan 130 kapal untuk menyerang Inggris pada tahun 1588, peluang mempertahankan wilayah mereka sangat kecil bagi Inggris. Namun, dengan bantuan sekutu Belanda dan cuaca buruk, mereka berhasil mengalahkan armada Spanyol yang ditakuti.

4. Pertempuran Wina

Pertempuran pada 12 September 1683 di Gunung Kahlenberg dekat Wina, Pertempuran Wina adalah salah satu peperangan terbesar dan terpenting dalam sejarah Eropa.

Setelah dua bulan pengepungan Wina oleh Ottoman, pertempuran ini terjadi antara koalisi Monarki Habsburg, Persemakmuran Polandia-Lithuania, dan Kekaisaran Romawi Suci melawan Ottoman (Turki) dan negara-negara bawahan dan anak sungai mereka.

Setelah pertempuran yang sengit, pasukan sekutu Eropa (berjumlah sekitar 90.000 orang) berhasil mengalahkan tentara Ottoman (140.000 orang), sehingga menyelamatkan Eropa dan kemudian dunia Kristen dari penaklukan Islam.

5. Pertempuran Waterloo

Pada tanggal 18 Juni 1815, dekat Waterloo di Belgia modern, pertempuran Waterloo adalah peperangan terakhir dan menentukan dari kampanye Napoleon untuk mendirikan Kekaisaran Eropa di bawah kekuasaan militernya.

Pada bulan Juni 1815, Napoleon menyerbu Belgia, berharap untuk merebut Brussel, tetapi pasukannya dihadang oleh tentara Inggris, yang dipimpin oleh Duke of Wellington, dan tentara Prusia, yang dipimpin oleh Jenderal Blucher.

Meskipun pasukan sekutu jauh melebihi jumlah tentara Napoleon, pertarungan sebenarnya sangat ketat dengan ribuan korban di kedua sisi. Akhirnya, Napoleon dikalahkan dan diasingkan ke pulau St Helena dan perdamaian didirikan di seluruh Eropa.

6. Pertempuran Normandia

Juga dikenal sebagai Operasi Overlord, Invasi Normandia adalah operasi militer penting dalam Perang Dunia II. Diluncurkan pada 6 Juni 1944, itu adalah pendaratan simultan pasukan AS, Inggris, dan Kanada di lima tempat berpijak terpisah di Normandia, Prancis.

Pada akhir Agustus 1944, seluruh Prancis utara dibebaskan, dan pasukan penyerbu direorganisasi untuk serangan terakhir ke Jerman, di mana mereka pada akhirnya akan bertemu dengan pasukan Soviet yang bergerak maju dari timur untuk mengakhiri Nazi Jerman dan rencananya dalam menaklukan Eropa.

7. Pertempuran Vietnam

Salah satu potret Perang Vietnam.

Photo :

Pada tanggal 30 Januari 1968 oleh Viet Cong dan Angkatan Darat Vietnam Utara melawan pasukan Angkatan Darat Vietnam Selatan, Angkatan Bersenjata AS dan sekutu mereka, Serangan Tet adalah salah satu kampanye militer terbesar dalam Perang Vietnam.

Media Amerika awalnya menggambarkan Serangan Tet sebagai kegagalan bagi Vietcong, menunjuk pada mundurnya mereka dan korban yang mengejutkan.

Namun, ketika ditemukan bahwa menyelesaikan kekalahan Vietcong akan membutuhkan 200.000 lebih tentara Amerika dan memerlukan aktivasi cadangan, segmen publik Amerika yang berkembang menginginkan pasukan AS untuk mundur dari perang, yang akhirnya mereka lakukan.

Nah, itu informasi mengenai pertempuran yang hebat dan menegangkan di dunia yang dapat Viva berikan informasinya ke kamu!

Jack Grealish

Pemain Jagoan Inggris Persenjatai Diri Rumahnya dengan Perlengkapan 'Kelas Militer' Selama EURO 2024

Bintang-bintang Inggris merencanakan keamanan “tingkat militer” untuk Euro menyusul serentetan penggerebekan terhadap pesepakbola Liga Premier.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024