Jokowi akan Jadi Pemimpin Asia Pertama ke Rusia-Ukraina, Contoh Baik

Presiden Jokowi menghadiri jamuan santap malam antara pemimpin negara-negara ASEAN dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Gedung Putih, Washington.
Sumber :
  • ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan kunjungan ke Ukraina dan ke Rusia. Diketahui dua negara itu sedang berperang usai Presiden Rusia Vladimir Putin melancarkan invasi pada 24 Februari 2022 silam.

Jokowi: Tilapia Fish Cultivation Has Huge Global Demand

Apabila Jokowi jadi terbang langsung ke dua negara itu maka hal tersebut akan menjadi sejarah bahwa Presiden Jokowi akan menjadi pemimpin Asia pertama yang ke Rusia dan Ukraina setelah perang berkecamuk. 

Rencana kunjungan Presiden Jokowi tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dalam konferensi pers pada Rabu, 22 Juni 2022. Menlu juga menyinggung soal kunjungan itu akan menjadi kunjungan pertama pemimpin dari Asia ke dua negara yang berseteru tersebut.

President Jokowi Ensures to Extend Export Permits for Freeport

"Presiden Jokowi merupakan pemimpin Asia pertama yang akan melakukan kunjungan ke dua negara tersebut," kata Retno Marsudi.

Sementara Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Harmianin ikut merespons rencana kunjungan itu. Dia mengakui kunjungan itu nantinya akan sangat bersejarah. Selain itu akan menjadi contoh bagi pemimpin dunia lainnya.

9 Calon Anggota Pansel Capim KPK, 5 dari Unsur Pemerintah dan 4 Masyarakat

"Yang pertama, ini akan menjadi kunjungan bersejarah yakni kunjungan Presiden Indonesia ke Ukraina karena selama ini belum pernah pemimpin Indonesia mengunjungi Ukraina secara resmi. Jadi akan menjadi kunjungan bersejarah," kata Vasyl Harmianin saat dihubungi VIVA, Kamis siang, 23 Juni 2022.

"Yang kedua, ini menjadi kunjungan resmi pemimpin Asia pertama yang dilakukan pemimpin negara sejak perang terjadi. Jadi akan menjadi contoh baik bagi dunia dan akan menjadi contoh terdepan pemimpin di Asia," katanya lagi.

Namun Vasyl Harmianin mengatakan yang pasti saat ini pemerintah dan seluruh rakyat Ukraina menginginkan perang berakhir. Oleh karena itu peran Presiden Rusia Vladimir Putin akan menjadi sangat krusial karena dialah yang memulai perang tersebut dan bisa menyetopnya dengan menarik pasukan dari wilayah Ukraina.

Dia karena itu berharap bahwa kunjungan Presiden Jokowi ini akan menjadi langkah penting dukungan untuk terciptanya perdamaian di Ukraina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya