Rute Perjalanan Jokowi Melawat Ukraina-Rusia, Berangkat dari Jerman

Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Deputi Sekjen PBB Amina Mohammed (kiri) sebelum upacara pembukaan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 di Nusa Dua, Bali, Rabu (25/5/2022).
Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Deputi Sekjen PBB Amina Mohammed (kiri) sebelum upacara pembukaan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 di Nusa Dua, Bali, Rabu (25/5/2022).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengkonfirmasi bahwa Presiden RI Joko Widodo akan mengunjungi Kiev,  Ukraina dan Moskow, Rusia.

Dalam konferensi pers melalui Zoom Meeting pada, Rabu 22 Juni 2022, Retno menjelaskan bahwa Jokowi akan mengunjungi kedua negara yang berseteru setelah Presiden Jokowi melakukan perjalanan ke Jerman. Dari Jerman kemudian Jokowi akan ke Kiev dan Moskow.

"Kunjungan ke kedua negara ini merupakan kunjungan yang dilakukan dalam situasi yang tidak normal (perang di Ukraina)," ujar Retno.

Dia menambahkan, bahwa meskipun situasi dunia sedang rumit namun sebagai Presiden G20,  Presiden Jokowi memilih untuk berkontribusi dan tidak bersikap acuh pada perang yang melibatkan kedua negara tersebut.

Retno juga berharap bahwa perang yang berada di Ukraina bisa dihentikan karena akan berdampak bagi seluruh negara di dunia.

Teekait kunjungan Presiden Jokowi di kedua negara tersebut, Retno menegaskan bahwa Jokowi menjadi pemimpin Asia pertama yang mengunjungi Ukraina dan Rusia.

"Kunjungan Presiden ini menunjukan kepedulian terhadap isu kemanusiaan, mencoba memberikan  kontribusi untuk menangani krisis pangan yang diakibatkan karena perang dan dampaknya dirasakan oleh semua negara berkembang dan berpendapatan rendah," tutur Retno.

Selain itu, Dia menjelaskan bahwa kunjungan Presiden ke Rusia dan Ukraina juga mendorong perdamaian di kedua negara tersebut.

Nantinya, Jokowi akan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kiev dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Rusia. Untuk tanggal pasti mengenai kunjungan Jokowi tersebut, Retno tidak memberikan penjelasan yang lebih rinci.