5 Negara Terdingin di Dunia, Norwegia Tembus -51 Derajat Celcius

Beruang Kutub mencari makan di Kutub Utara.
Sumber :
  • Airlink Alaska

VIVA – Negara terdingin di Dunia. Negara-negara yang terletak dekat dengan kutub, akan menghadapi musim dingin yang sangat panjang dan parah daripada yang lain seperti halnya Rusia. Di sana, musim dingin bukan hanya hadiah Natal, tetapi juga masa kesulitan selama selama musim dingin dan perjuangan untuk bertahan hidup.

Menteri Perdagangan Mau Basmi Kaspersky

Orang-orang yang pergi ke negara-negara yang sangat dingin mengalami banyak kesulitan dalam produksi makanan, tempat tinggal yang hangat, dan pakaian. Mereka membutuhkan lebih banyak bahan bakar atau pasokan energi untuk menjaga tempat mereka tetap hangat. Jika mereka gagal memenuhi kebutuhan tersebut, mereka akan mengalami sakit seperti pilek atau radang paru-paru atau radang dingin, dan yang paling parah lagi pembekuan jantung.

Mencoba mencari data suhu rata-rata di setiap negara bukanlah tugas yang mudah, seperti dilansir dari myfunkytravel.com. berdasarkan Unit Penelitian Iklim, yang menghitung rata-rata suhu untuk setiap negara antara tahun 1961 sampai 1990. Semua angka tingkat kedinginan di suatu negara berdasarkan hasil penelitian.

Kim Jong Un Hadiahi Putin 2 Ekor Anjing Pungsan

Berikut beberapa negara terdingin di dunia seperti dilansir dari My Funky Travel, sebagai berikut:

1. Kanada

Putin Tandatangani 11 Kontrak Perjanjian Kerja Sama Dengan Vietnam, Apa Saja?

kereta gantung gondola, kanada

Photo :
  • U-Report

Terletak di bagian Utara Amerika Serikat, Kanada juga dianggap sebagai negara terdingin di bumi. Karena terletak di utara AS, oleh karena itu, ia menerima angin dingin yang sama seperti AS. Angin dingin ini membawa hujan salju lebat dan menurunkan suhu hingga sekitar -40 derajat Celcius.

Bagian utara dan timur negara bagian menerima sebagian besar dampak musim dingin dan disana musim dingin berlangsung selama 5 bulan. Namun kemajuan infrastruktur dan teknologi telah membuat cara hidup lebih mudah bagi warga. diperkirakan sebagian besar suhu di Kanada meningkat hampir 2 Derajat Celcius sejak pertengah abad ke 20.

2. Rusia

Kota Mariupol hancur-hancuran diserang Rusia

Photo :
  • AP Photo/Evgeniy Maloletka, File

Rusia merupakan negara terdingin kedua di dunia setelah kutub antartika. Ini adalah negara Asia yang terkurung daratan, yang terdingin di dunia. Bahkan di musim panas yang ekstrim, suhu tetap sekitar 03 derajat Celcius. Bayangkan betapa rendahnya itu selama musim dingin yang ekstrim.

Ketika musim dingin di Rusia bisa mencapai kurang dari -40 derajat celcius di musim dingin bersalju yang keras. Kecuali selama 2 bulan, tidak ada sinar matahari selama sisa tahun. Jadi, jika Anda telah bertahan di Rusia, Anda praktis dapat bertahan hidup di mana saja.

3. Mongolia

Mongolia

Photo :
  • pixabay

Mongolia merupakan negara kecil yang terletak di tengah Asia Timur dan Tengah. Berbatasan dengan Rusia dan Cina sehingga juga berbagi dampak iklim di wilayah Utara mereka. Di Mongolia, musim dingin tidak hanya membawa salju dan angin, tetapi juga menurunkan suhu di bawah -20 derajat celcius. Terutama selama bulan Februari dan Januari, musim dingin mengubah wajah terdinginnya ke semua orang.

4. Norwegia

Norwegia

Photo :
  • BusinessInsider

Norwegia termasuk negara paling dingin di dunia, sementara negara tetangganya seperti Swedia, Finlandia dan Islandia juga masuk dalam jajaran negara paling dingin di dunia dengan suhu rata-rata sama dengan Norwegia.

Norwegia sebagian besar merupakan negara yang dipenuhi oleh pantai. Namun secara teori seharusnya dapat menghangatkan, akan tetapi Norwegia terletak di atas Lingkaran Arktik. Maka dari itu terkadang suhu di negara Norwegia turun secara drastis selama berbulan-bulan dengan rekor suhu terdingin yaitu -51 Derajat Celcius yang tercatat di salah satu daerah di Norwegia yaitu Karasjok.

5. Kazakhstan

Pegunungan Alatan, Kazakhstan

Photo :
  • Veronica Garbutt/ Lonely Planet

Kazakhstan merupakan salah negara terdiri di dunia selanjutnya, negara kecil ini yang berada di perbatasan Rusia dan memiliki iklim yang sama. Negara ini terdiri dari beberapa bukit dan pegunungan. Sepanjang tahun, ada curah hujan yang tinggi ditambah dengan turunnya salju yang membuat masyarakat sulit untuk hidup dan bertahan hidup terutama bagi mereka yang tinggal di dataran tinggi. Tanpa fasilitas yang disediakan oleh pemerintah, penduduk asli negara harus mengelolanya sendiri.

Di Kazakhstan terdapat Lembah Fergana, di lembah tersebut ketika memasuki siang hari akan mengalami suhu panas sekitar 40 Derajat Celcius. Akan tetapi ketika memasuki malam hari, suhu akan turun secara drastis bisa mencapai -30 Derajat Celcius.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya