Perjalanan Mohammed bin Salman Jadi Pangeran Arab

Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Dunia – Pangeran Mohammed bin Salman belajar hukum di Universitas King Saud dan menjadi lulusan terbaik kedua di kelasnya menurut Al Arabiya News. Maka wajar saja karier politiknya kini bersinar dan menjadi pria paling berkuasa di Timur Tengah.

Warga Iran Kini Dapat Kembali Berangkat Umrah Setelah 9 Tahun, Hal Ini Jadi Penyebabnya

Bagaimana perjalanan Mohammed bin Salman menjadi Putra Mahkota Arab Saudi? Simak perjalanannya berikut ini yang dilansir dari Business Insider India: 

Awal mula karier

Houthi Tuding Arab Saudi hingga Rusia, China dan Iran Mulai Satukan Kekuatan

VIVA Militer: Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman

Photo :
  • AboutHer

Perjalanan Wakil Putra Mahkota bin Salman dimulai saat usianya 23 tahun dengan bergabung di Kabinet Saudi pada tahun 2008. Menggunakan latar belakangnya di bidang keuangan sektor swasta, ia bekerja untuk Komisi Ahli yang memberi nasihat kepada pemerintah tentang teknis masalah keuangan.

Alasan Negara Arab Lebih Pilih Dukung Israel daripada Iran, Khawatir Perang Makin Luas

Pada Desember 2009 di usianya yang ke-24 tahun, karier politik Wakil Putra Mahkota benar-benar dimulai. Ia menjadi penasihat khusus ayahnya, yang masih menjadi gubernur Provinsi Riyadh.

Dari sini kariernya dengan cepat naik menjadi sekretaris jenderal Dewan Kompetitif Riyadh dan anggota dewan pengawas Masyarakat Albir di wilayah Riyadh dalam waktu satu tahun.

Menjadi penasihat khusus Salman bin Abdulaziz

VIVA Militer: Raja Salman dan Pangeran Mahkota Mohammed bin Salman.

Photo :

Kemudian pada Oktober 2011, di usia 26 tahun dirinya menjadi penasihat khusus untuk ayahnya Salman bin Abdulaziz, yang menjadi Wakil Putra Mahkota dan Menteri Pertahanan.

Selama ini Pangeran Mohammad juga menunjukkan sisi filantropisnya, mendirikan Yayasan Pangeran Mohammed bin Salman untuk membantu kaum muda yang kurang beruntung. 

Menjadi Ketua Pengadilan Putra Mahkota

Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman

Photo :
  • Istimewa

Tak hanya itu, pangeran Arab Saudi ini juga melakukan sejumlah perjalanan di kawasan atas nama rezim Saudi, seperti pergi ke kerajaan Bahrain untuk membahas diplomasi.

Pada tahun 2012 Mohammed bin Salman terus mengukuhkan posisinya dengan menjadi Ketua Pengadilan Putra Mahkota. 

Menjadi Menteri Negara

Kemudian di usia 28 tahun, tepatnya pada tahun 2014, Mohammed bin Salman menjadi Menteri Negara sama seperti yang pernah dijabat ayahnya. Sepertinya kariernya memang mengikuti jejak sang ayah yang memiliki power kuat.

Menjadi Menteri Pertahanan

Selanjutnya, pada Januari 2015 dalam usia 29 tahun, ia menjadi Menteri Pertahanan Arab Saudi dengan pengangkatan ayahnya (yang sekarang menjadi Raja). Pangeran Mohammad menjadi Menteri Pertahanan termuda di dunia.

Selain itu, ia juga ditunjuk sebagai sekretaris jenderal Royal Court, serta mempertahankan jabatannya sebagai menteri negara.

Masih di tahun yang sama, Pangeran Mohammad akhirnya menjadi Wakil Putra Mahkota Arab Saudi dan menjadi salah satu pria paling berkuasa di Timur Tengah.

Keterlibatan Mohammed bin Salman 

Sekitar waktu yang sama, Wakil Putra Mahkota baru Mohammed bin Salman terlibat dalam Perang Saudara Yaman, meluncurkan serangan terhadap pemberontak Houthi. Arab Saudi dituduh oleh Amnesty International atas kejahatan perang karena keterlibatannya.

Arab Saudi menyatakan kampanye pengeboman telah berakhir dan akan memulai Operasi Pemulihan Harapan sebagai gantinya, tetapi perang terus berkecamuk di wilayah tersebut.

Ia juga mulai bertemu dengan para pemimpin dan diplomat dunia, termasuk Menteri Luar Negeri AS John Kerry untuk membahas hubungan bilateral.

Di sisi lain, perdagangan senjata pemerintah Barat ke Timur Tengah telah dikritik oleh badan amal kemanusiaan. Tahun lalu AS menyetujui penjualan bom pintar senilai $1,29 miliar ke Arab Saudi.

Pada Juni 2015 ia bertemu dengan pemimpin Rusia Vladimir Putin untuk membahas krisis yang sedang berlangsung di Suriah, perang yang enggan melibatkan Arab Saudi.

Rusia segera meluncurkan kampanye pengeboman yang intens terhadap pemberontak Suriah, tetapi mengklaim telah mundur.

Sementara pada Januari 2016 Wakil Putra Mahkota bin Salman menarik lebih banyak perhatian Barat dengan sebuah wawancara dengan The Economist, di mana menyebut protes Iran terhadap eksekusi itu "aneh" dan mengatakan dia menginginkan "revolusi Thatcher" dari privatisasi untuk Arab Saudi.

Dirinya juga mengatakan dia mendukung gagasan lebih banyak perempuan di angkatan kerja.

Kemudian pada Maret 2016 ia memberikan wawancara lain kepada Bloomberg dengan menguraikan rencananya "$2 triliun megafund" untuk mengurangi ketergantungan negara pada minyak dan secara fundamental mengubah ekonomi Saudi.

Kerajaan saat ini memiliki defisit sekitar $100 miliar dan harga minyak masih jauh di bawah $50 per barel.

Dalam wawancara yang sama, dia mengatakan dia akan mendukung lebih banyak kebebasan bagi perempuan yang tidak bisa mengemudi atau bepergian tanpa izin dari kerabat laki-laki di kerajaan dan bahwa polisi agama Arab Saudi akan dilarang melakukan penangkapan acak.

Namun ternyata tidak semua orang yakin pada kinerjanya. Pada April 2016, The Independent melaporkan bahwa Intelijen Jerman melabelinya sebagai "penjudi politik" yang dapat mengacaukan dunia Arab.

Selain itu yang lainnya juga menyatakan keraguannya terhadap sang pangeran dengan mengatakan”

"Ada sangat sedikit yang baru dalam 'Visi 2030' pemerintah Saudi dan masih ada beberapa bidang utama yang belum ditangani oleh pembuat kebijakan," kata Jason Tuvey, ekonom untuk Timur Tengah Capital Economics, dalam sebuah catatan kepada klien.

Pangeran juga harus "mengatasi kritik atas hak asasi manusia dan catatan kesetaraan sosialnya" untuk meningkatkan "hubungan antara keterbukaan dan investasi," menurut Andy Critchlow di Breakingviews.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya