PM Ranil Wickremesinghe Jadi Presiden Sri Lanka, Dipilih Parlemen

PM Sri Lanka Ranil Wickremesinghe (tengah jas hitam)
Sumber :
  • AP Photo/Eranga Jayawardena

VIVA Dunia – Perdana Menteri (PM) Sri Lanka Ranil Wickremesinghe pada Rabu, 20 Juli 2022, resmi terpilih sebagai presiden untuk menggantikan Gotabaya Rajapaksa, yang melarikan diri dari negara yang dilanda krisis dan mengundurkan diri pada minggu lalu.

Putin Resmi Dilantik Jadi Presiden Rusia, Lanjut Menjabat 6 Tahun Lagi

Hasil resmi menunjukkan Wemesinghe berhasil mengumpulkan 134 suara dalam pemungutan suara parlemen tiga sudut, dengan lawan utamanya Dullas Alahapperuma yang hanya mendapatkan 82 suara, dan sayap kiri Anura Dissanayake hanya 3 suara.

Melansir dari The Sundaily, Rabu 20 Juli 2022, pemilihan yang dodominasi oleh pendukung perdana menteri Sri Lanka itu memberinya mayoritas mutlak pada kesempatan pemilihan pertama.

Habiskan Anggaran Hampir Rp1 Triliun, Apa Saja Fasilitas yang Dimiliki IDTH Kemenkominfo

"Perpecahan kita sekarang sudah berakhir," kata Wickremesinghe dalam pidato penerimaan singkat di parlemen.

Dia juga mengundang Alahapperuma untuk bergabung dengannya dan bekerja sama untuk membawa negara keluar dari krisis yang mereka hadapi.

Kritik Menohok Masinton soal Ide Presidential Club: Omon-omon Ketemu, Terus Ngapain?

Dia mengatakan, dan berharap untuk dilantik pada Rabu malam dalam sebuah upacara sederhana di dalam gedung parlemen yang dijaga ketat.

Dengan diangkatnya pria berusia 73 tahun ke posisi puncak, kabinet saat ini secara otomatis bubar dan dia akan memilih perdana menteri untuk membentuk kabinet baru.

Pembicara Mahinda Abeywardana mengatakan perhatian dunia terfokus pada legislatif Sri Lanka karena memilih seorang pemimpin untuk melayani periode keseimbangan masa jabatan Rajapaksa yang berakhir pada November 2024 mendatang.

“Ini adalah sesi bersejarah, tidak hanya untuk parlemen tetapi seluruh negara,” kata Abeywardana. 

“Mata dunia tertuju pada kita hari ini saat kita memilih presiden baru," lanjut dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya