12 Bandara Terbesar dan Tersibuk di Dunia

ilustrasi bandara
Sumber :
  • U-Report

VIVA Dunia – Dengan kebutuhan untuk mengangkut orang dan barang yang terus meningkat, banyak bandara berkembang, tetapi hanya 12 yang dapat mengklaim gelar terbesar dan tersibuk di dunia.

Kemenhub Panggil Manajemen Garuda Buntut Penerbangan Haji Sering Terlambat

Meskipun bandara dalam artikel ini diberi peringkat menurut lalu lintas penumpang, penting untuk dicatat bahwa selain mengangkut orang, mereka bertanggung jawab untuk mengangkut sebagian besar kargo planet ini. Kemungkinan Anda sudah melewati salah satu fasilitas ini, belum lagi pakaian yang Anda kenakan atau makanan yang Anda makan.

Selain membantu penumpang (dan paket) berpindah dari titik A ke titik B, bandara-bandara ini juga membantu mengangkat ekonomi lokal dan menyediakan lapangan kerja bagi ribuan orang di seluruh dunia.

Super Air Jet Perdana Terbangi rute Kualanamu-Pekanbaru, Catat Jadwal Penerbangannya!

Ilustrasi bandara.

Photo :
  • U-Report

Lain kali Anda bepergian melalui salah satu bandara ini, berhentilah sejenak untuk memikirkan betapa tidak mungkinnya operasi hariannya. Sungguh menakjubkan bagaimana mereka berhasil memecahkan tantangan logistik yang sangat besar setiap hari sambil membawa Anda dan bagasi Anda ke tempat yang Anda tuju secara tepat waktu dan efisien.

Evaluasi Layanan Penerbangan Haji 2024, Garuda Indonesia Mitigasi Kesiapan Seluruh Embarkasi

Semua bandara yang disebutkan dalam artikel ini adalah keajaiban teknik, dan jumlah upaya di belakang layar yang dilakukan untuk membuatnya berjalan dengan lancar (setidaknya sebagian besar waktu) tidak kalah mengesankan.

Ini adalah daftar bandara terbesar dan tersibuk di dunia, berdasarkan jumlah total penumpang yang berangkat atau tiba dalam satu tahun. Melansir dari laman wanderwisdom.com,berikut bandara tersibuk dan terbesar di dunia:

Bandara terbesar

Photo :

1. Bandara Internasional Hartsfield-Jackson Atlanta (ATL)

Bandara Internasional Hartsfield-Jackson Atlanta di Georgia, AS adalah bandara tersibuk di dunia. Ini adalah satu-satunya bandara yang melayani lebih dari 100 juta penumpang setiap tahun, dan telah melakukannya selama tiga tahun berturut-turut! Kemungkinan Anda atau seseorang yang Anda kenal telah melewati Hartsfield-Jackson, karena ini adalah pusat koneksi terbesar di Amerika Utara.

Hartsfield-Jackson adalah bandara hub untuk Delta Airlines, AirTran Airways, dan beberapa maskapai kecil. Delta Airlines mewakili sebagian besar bisnis Hartsfield-Jackson karena menerbangkan hampir 60% dari semua penumpang ATL.

Bandara kelas dunia ini telah memegang posisi nomor satu selama dua dekade. Orang-orang Atlanta harus sangat bangga dengan bandara mereka, karena dianggap sebagai model bagi orang lain di seluruh dunia, termasuk Bandara Internasional Ibu Kota Beijing, yang kedua dalam daftar kami.

Tahukah kamu? Dengan rata-rata 275.000 penumpang setiap hari, Bandara Internasional Hartsfield-Jackson Atlanta telah menjadi bandara tersibuk di dunia sejak tahun 1998!

2. Bandara Internasional Ibu Kota Beijing (PEK)

Bandara Internasional Ibu Kota Beijing adalah bandara terbesar dan tersibuk di Asia dan terbesar kedua di dunia, dengan 95.786.296 penumpang pada tahun 2017.

Ini adalah hub untuk beberapa maskapai besar termasuk Air China, China Southern Airlines, dan Hainan Airlines. Bandara Internasional Ibukota Beijing telah berkembang pesat selama dekade terakhir dan meningkatkan throughput penumpang sebesar 1,5% pada tahun lalu.

Dengan pertumbuhan ekonomi China dan Beijing menjadi salah satu pusat bisnis top dunia, Bandara Internasional Ibu Kota Beijing akan terus tumbuh dan memenuhi permintaan akan layanan bandara kelas dunia yang luar biasa.

3. Bandara Internasional Dubai (DXB)

Bandara Internasional Dubai telah mengalami lonjakan pertumbuhan besar-besaran selama beberapa tahun terakhir, meningkatkan lalu lintas penumpang sebesar 5,5% tahun lalu saja. Bandara ini telah melampaui Tokyo International, yang sebelumnya merupakan bandara terbesar ketiga di dunia.

90 maskapai mitra Dubai International menawarkan penerbangan ke lebih dari 240 tujuan di enam benua. Ini adalah bandara nomor satu untuk penumpang internasional—dan telah berlangsung selama empat tahun berturut-turut—dan bandara nomor dua untuk angkutan internasional. Ini juga merupakan bandara dengan pertumbuhan tercepat di dunia, saat ini menggandakan arus masuk penumpang setiap empat tahun. Dengan jumlah mereka yang terus bertambah, tidak mengherankan jika lalu lintas penumpang diproyeksikan mencapai hampir 104 juta pada tahun 2020.

Memperluas pada tingkat yang membingungkan itu berarti lebih dari sekadar menambahkan lebih banyak landasan pacu. Koleksi toko bebas bea Dubai International dinilai sebagai 'outlet ritel terbesar dan tersibuk' di dunia pada tahun 2014.

Tahukah kamu? Terminal 3 adalah gedung terbesar kedua di dunia!

4. Bandara Internasional Tokyo (HND)

Bandara Internasional Tokyo (juga dikenal sebagai Bandara Haneda) menempati peringkat sebagai bandara terbesar keempat di dunia. Pada tahun 2017, sebanyak ?84.956.964 orang melewati Bandara Haneda. Ini terus melihat pertumbuhan lalu lintas penumpang dan memperluas untuk mengakomodasi itu.

Bandara Internasional Tokyo digunakan untuk menangani sebagian besar lalu lintas penerbangan domestik. Namun, otoritas transportasi Jepang baru-baru ini membuka terminal internasional yang telah meningkatkan jumlah penumpang secara signifikan. Seperti saat ini, Bandara Haneda mampu menangani lebih dari 90.000.000 penumpang per tahun; namun, jumlah itu pasti akan bertambah cepat karena bandara masih mencari kontrak dengan lebih banyak perusahaan penerbangan internasional.

Bandara Haneda adalah hub bagi dua maskapai terbesar Jepang—Japan Airlines dan Nippon Airways—serta berbagai maskapai penerbangan bertarif rendah. Bandara Internasional Tokyo adalah yang terbaik, dan secara luas diakui sebagai salah satu bandara paling tepat waktu di dunia.

5. Bandara Internasional Los Angeles (LAX)

Berada di urutan kelima, meskipun hanya nyaris, adalah Bandara Internasional Los Angeles. Ini adalah bandara terbesar kedua di AS dan satu-satunya bandara di dunia yang dipilih oleh ketiga maskapai lama AS (Amerika, Delta, dan United) sebagai hub. Ini juga merupakan hub untuk Alaska Airlines, Virgin America, dan Atlas Air (maskapai kargo).

Pada Mei 2017, itu juga menjadi rumah bagi terminal swasta pertama AS, yang terletak di sisi terjauh bandara dari publik dan paparazzi. Bagaimana lagi para selebritis bisa terbang? Diduga, mereka harus berjalan hanya 70 langkah dari terminal ke pesawat (dibandingkan dengan 2.000+ orang awam). Keanggotaan hanya $7.500 per tahun, dengan biaya tambahan $2.700 untuk setiap penerbangan domestik dan $3.000 untuk setiap penerbangan internasional. Belum cukup siap untuk menjadi anggota? Anda masih dapat berpartisipasi dengan biaya kecil $3.500 per penerbangan domestik dan $4.000 per penerbangan internasional. Apa mencuri!

Tahukah kamu? LAX awalnya dikenal sebagai Mines Field—bukan nama yang paling meyakinkan untuk sebuah bandara! 

6. Bandara Internasional Chicago O'Hare

Bandara Internasional O'Hare, terletak di barat laut Chicago, adalah bandara terbesar ketiga di AS. Pada tahun 2017, 79.828.183 penumpang melewati O'Hare International, menjadikannya bandara tersibuk keenam di dunia. Faktanya, O'Hare adalah bandara tersibuk di dunia hingga tahun 1998, ketika digulingkan oleh Hartsfield-Jackson Atlanta.

O'Hare adalah mitra strategis yang sangat penting bagi beberapa maskapai terbesar di AS. Ini adalah rumah bagi hub United Airlines terbesar, baik dalam hal penumpang tahunan dan penerbangan harian. O'Hare International juga merupakan hub terbesar kedua untuk American Airlines dan memainkan peran besar dalam bisnis Midwest mereka. Pada tahun 2017, O'Hare menduduki peringkat sebagai Mega Hub terbesar di AS (dan terbesar keempat di dunia). Ini berarti O'Hare memiliki kemungkinan jumlah koneksi tertinggi antara penerbangan masuk dan keluar dalam jangka waktu enam jam. Cukup mengesankan!

O'Hare International selalu dianggap sebagai salah satu bandara terbaik di AS, dan telah memenangkan berbagai penghargaan untuk keunggulan dari wisatawan AS. Dengan reputasi yang hebat dan layanan yang sempurna, O'Hare adalah salah satu nama yang paling dikenal dalam bisnis penerbangan, dan terus tumbuh dan membangun reputasi positifnya.

Tahukah kamu? Pada tahun 2017, O'Hare menduduki peringkat sebagai Mega Hub terbesar di AS (dan terbesar keempat di dunia). Ini berarti O'Hare memiliki kemungkinan jumlah koneksi tertinggi antara penerbangan masuk dan keluar dalam jangka waktu enam jam. Cukup mengesankan!

7. Bandara Heathrow London

Bandara Heathrow London adalah bandara tersibuk di Eropa dan ketujuh tersibuk di dunia dengan 78.012.825 penumpang yang mengesankan pada tahun 2017. Heathrow menawarkan 81 maskapai penerbangan dan melayani 204 tujuan di 85 negara. Bandara Heathrow juga merupakan hub bagi salah satu maskapai penerbangan terbesar dan paling berpengaruh di dunia—British Airways.

Bagaimana masa depan Heathrow? Peringkat sebagai bandara terbesar ketiga di dunia hanya beberapa tahun yang lalu pada tahun 2012, apakah ia memiliki kesempatan untuk merebut kembali posisi sebelumnya? Ini tidak terlihat seperti itu.

Ada rencana untuk landasan pacu ketiga di dekat ujung utara bandara, yang secara signifikan akan meningkatkan jumlah penumpang yang dapat melakukan perjalanan melalui Heathrow, tetapi bahkan jika rencana itu disetujui, landasan tidak akan beroperasi sampai 2025. Usulan lain fitur termasuk link kereta api yang sangat dibutuhkan antara Heathrow dan Bandara Gatwick (bandara besar lainnya di dekat kota London), tapi itu lebih jauh lagi.

Bahkan jika kedua proyek selesai pada tahun 2025, masih banyak waktu bagi enam bandara teratas untuk tumbuh lebih besar, dan untuk bandara yang saat ini lebih kecil dari Heathrow untuk menggantikannya.

Tahukah kamu? Sarapan adalah makanan paling populer hari ini di Heathrow. Setiap tahun, bandara menyajikan hampir lima juta telur, 6,4 juta croissant, dan 4,5 juta irisan daging asap, dan jumlah kue kering yang dijual setiap tahun akan memenuhi landasan pacu di kedua arah 350 kali.

8. Bandara Internasional Hong Kong (HKG)

Bandara Internasional Hong Kong, juga dikenal sebagai Bandara Chek Lap Kok, dibangun untuk menggantikan Bandara Kai Tak (Bandara Internasional Hong Kong asli) dan dibuka pada Juli 1998. Kai Tak, dibangun pada tahun 1925 dan terletak di kawasan perkotaan yang padat, hanya memiliki satu landasan pacu (yang sangat berbahaya , dan ujian keterampilan yang sesungguhnya bagi setiap pilot yang harus mendarat di sana).

Kai Tak adalah salah satu bandara besar terakhir di dunia di mana Anda benar-benar harus mengandalkan keterampilan terbang dasar 'stick and rudder'—dan kami semua agak sedih saat ditutup.

Bandara baru ini dirancang dengan mempertimbangkan tunjangan penumpang yang besar, termasuk dua landasan pacu dan tapak yang jauh lebih besar. Bandara Internasional Hong Kong yang baru sekarang menangani lebih dari 1.100 penerbangan setiap hari, mempekerjakan lebih dari 73.000 staf, dan memiliki lebih dari 320 toko dan 100 restoran.

Bandara ini juga telah mendapatkan berbagai penghargaan yang mengesankan , termasuk "Bandara Terbaik Dunia untuk Bersantap" dari Skytrax, "Penghargaan Keunggulan Efisiensi Bandara Terbaik Asia" dari Air Transport Research Society (ATRS), dan lima penghargaan bergengsi lainnya di tahun 2017 saja. Meskipun Bandara Internasional Hong Kong bukan yang terbesar, ini mungkin yang terbaik.

9. Bandara Internasional Pudong Shanghai (PVG)

Shanghai Pudong dibuka pada tahun 1999 untuk mengurangi tekanan pada bandara Shanghai lainnya, Hongqiao, dan sejak itu menjadi salah satu bandara tersibuk di Cina. Hongqiao masih merupakan bandara utama, tetapi melayani penerbangan domestik, sedangkan Pudong memiliki penerbangan domestik dan internasional. Terletak hanya kurang dari 20 mil sebelah timur dari pusat kota Shanghai.

Satu dekade yang lalu, ukuran Hong Kong International mengerdilkan Shanghai Pudong sebesar 65%, tetapi pada tahun 2017 yang terakhir telah mempersempit kesenjangan menjadi hanya 4%. Sekarang di jalur untuk menyalip Hong Kong untuk lalu lintas penumpang dalam beberapa tahun ke depan, dan berencana untuk membangun terminal utama lainnya, serta terminal satelit dengan dua landasan pacu tambahan, akan membantu dengan meningkatkan kapasitas penumpang tahunan Shanghai Pudong menjadi 80 juta.

10. Bandara Paris Charles de Gaulle (CDG)

Bandara Charles de Gaulle adalah yang terbesar kedua di Eropa dan dapat menangani 120 pergerakan pesawat per jam yang menakjubkan berkat sistem landasan paralel yang inovatif. Sistem ini melibatkan dua pasang landasan pacu paralel yang dirancang sedemikian rupa sehingga dapat digunakan secara mandiri.

Setiap pasangan memiliki satu landasan pacu yang dirancang untuk lepas landas dan satu lagi untuk mendarat, yang meningkatkan jumlah penerbangan yang dapat mereka tampung per jam sekaligus mengurangi polusi suara terkait lalu lintas udara.

Bandara Charles de Gaulle juga inovatif dalam hal lain. Mereka baru-baru ini menerapkan uji coba enam bulan dari dua angkutan mandiri untuk mengangkut penumpang antara bandara dan zona hotel terdekat dan kantor maskapai. Bandara ini juga unik dalam kebijakan lingkungannya. Dedikasi Charles de Gaulle untuk mengurangi jejak karbonnya patut diacungi jempol, dengan tujuan untuk:

mengurangi emisi CO2 sebesar 65% per penumpang pada tahun 2020 (dibandingkan dengan tahun 2009)
gunakan 15% energi terbarukan pada tahun 2020
mengurangi konsumsi per meter persegi sebesar 7% antara 2015 dan 2020
 

    Halaman Selanjutnya
    Halaman Selanjutnya