Rusia dan Ukraina Tanda Tangan Perjanjian Ekspor Jutaan Ton Gandum

Rusia dan Ukraina menandatangani perjanjian terpisah dengan Turki dan PBB untuk membuka jalan bagi ekspor jutaan ton biji-bijian gandum Ukraina di Istanbul, Turki, pada Jumat 22 Juli 2022.
Sumber :

VIVA Dunia – Rusia dan Ukraina menandatangani perjanjian terpisah dengan Turki dan PBB untuk membuka jalan bagi ekspor jutaan ton biji-bijian gandum Ukraina, pada Jumat 22 Juli 2022. Kesepakatan ini mengakhiri kebuntuan ekspor akibat perang yang telah mengancam ketahanan pangan di seluruh dunia.

Terima Ancaman, Badan Bantuan PBB untuk Palestina Tutup Kantornya di Yerusalem Timur

Perjanjian PBB ini akan memungkinkan Ukraina—salah satu lumbung pangan utama dunia—mengekspor 22 juta ton biji-bijian gandum, dan bahan-bahan pertanian lainnya melalui Laut Hitam. Ekspor gandum Ukraina selama ini tertahan di pelabuhan Laut Hitam akibat invasi Rusia. 

Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, menyebut perjanjian ini sebagai “pelita harapan” bagi jutaan orang kelaparan yang menghadapi kenaikan harga makanan.

Drone Bunuh Diri Iran Bombardir Suriah, Habisi Nyawa Warga Sipil

Petani di Ukraina saat memanen tanaman gandumnya

Photo :
  • AP Photo/Efrem Lukatsky)

“Kesepakatan yang memungkinkan biji-bijian berangkat meninggalkan pelabuhan Laut Hitam adalah penyelamat nyawa orang-orang di seluruh dunia yang berjuang untuk memberi makan keluarga mereka,” kata Direktur Jenderal Palang Merah, Robert Mardini. 

Keanggotaan Palestina di PBB Kembali Dipersidangkan, Ada Poin Tambahan

Dia mencatat bahwa selama enam bulan terakhir, harga pangan telah meningkat 187 persen di Sudan, 86 persen di Suriah dan 60 persen di Yaman, hanya untuk beberapa negara.

Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu, dan Menteri Infrastruktur Ukraina, Oleksandr Kubrakov, menandatangani kesepakatan yang terpisah dengan Guterres dan Menteri Pertahanan Turki, Hulusi Akar, pada sebuah upacara di Istanbul. Kesepakatan ini disaksikan oleh Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. 

Rusia dan Ukraina tidak akan menandatangani kesepakatan apa pun secara langsung satu sama lain.

“Hari ini, ada pelita di Laut Hitam. Sebuah pelita harapan, pelita kemungkinan, pelita bantuan di dunia yang membutuhkannya lebih dari sebelumnya,” kata Guterres.

“Anda telah mengatasi rintangan dan mengesampingkan perbedaan untuk membuka jalan bagi inisiatif yang akan melayani kepentingan bersama semua,” katanya kepada para utusan.

Erdogan berharap itu akan menjadi “titik balik baru yang akan menghidupkan kembali harapan akan perdamaian.” Namun di Kiev, Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, mengeluarkan nada yang lebih muram.

"Saya tidak membuka sebotol sampanye karena kesepakatan ini," kata Kuleba kepada The Associated Press. “Saya akan tetap berdoa bahwa ini akan berhasil, bahwa kapal akan membawa gandum ke pasar dunia dan harga akan turun dan orang akan memiliki makanan untuk dimakan. Tapi saya sangat berhati-hati karena saya tidak percaya pada Rusia.”

VIVA Militer: Volodymyr Zelensky dan Vladimir Putin

Photo :
  • independent.co.uk

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, menggemakan keprihatinan Kuleba dalam pidato video malamnya, dengan mengatakan, “Jelas bagi semua orang bahwa mungkin ada beberapa provokasi di pihak Rusia, beberapa upaya untuk mendiskreditkan upaya Ukraina dan internasional. Tapi kami percaya pada PBB.”

Uni Eropa dan Inggris langsung menyambut baik kabar tersebut.

"Ini adalah langkah maju yang penting dalam upaya mengatasi kerawanan pangan global yang disebabkan oleh agresi Rusia terhadap Ukraina," kata kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya