Polandia Beli 1000 Tank dari Korsel Usai Sumbang Senjata ke Ukraina

Tank-tank Korea Selatan jenis Marine-K55 Howitzers
Sumber :
  • AP Photo/Ahn Young-joon

VIVA Dunia – Polandia membeli hampir 1.000 tank, lebih dari 600 artileri dan puluhan jet tempur dari Korea Selatan (Korsel). Hal ini dilakukan Polandia sebagian untuk menggantikan peralatan yang disumbangkan ke Ukraina untuk membantu Kmelawan invasi Rusia, kata Kementerian Pertahanan Polandia kepada CNN International, Selasa, 26 Juli 2022.

Video Jet Tempur Ukraina Dikejar Rudal Nuklir Rusia, Bak Film Top Gun

“Perjanjian tersebut, yang diharapkan akan diumumkan secara resmi di Polandia pada Rabu, 27 Juli 2022, akan membuat Warsawa membeli 980 tank berdasarkan model K2 Korea Selatan, 648 howitzer lapis baja self-propelled K9, dan 48 jet tempur FA-50,” kata kementerian itu dikutip pada Jumat, 29 Juli 2022

180 tank K2 pertama yang dibuat oleh Hyundai Rotem dan dilengkapi dengan senjata 120mm yang dapat memuat otomatis, diharapkan tiba tahun ini, dengan produksi 800 tank yang ditingkatkan mulai tahun 2026 di Polandia, menurut kementerian tersebut.

Tegas! Putin Langsung Pecat Wakil Menteri Pertahanan yang Terjerat Kasus Korupsi

48 howitzer K9 pertama, yang dibuat oleh Hanwha Defense juga diharapkan tiba tahun ini, dengan pengiriman 600 pada gelombang kedua akan dimulai pada 2024. Mulai 2025ini akan diproduksi di Polandia, kata kementerian tersebut.

Kementerian mengatakan kendaraan lapis baja itu sebagian akan menggantikan tank era Soviet yang disumbangkan Polandia ke Ukraina untuk digunakan dalam perang melawan Rusia.

Amerika Tiarap, Rusia Raup Untung Besar di Balik Perang Iran dan Israel

Komentar kementerian itu muncul setelah Menteri Pertahanan Polandia Mariusz B?aszczak mentweet pada 22 Juli bahwa kesepakatan itu akan secara signifikan meningkatkan keamanan Polandia dan kekuatan Angkatan Darat Polandia.

Chun In-Bum, seorang pensiunan jenderal Korea Selatan, mengatakan kesepakatan dengan Polandia adalah satu-satunya pakta ekspor senjata terbesar Seoul.Dia juga memuji senjata yang terlibat.

"K9 (howitzer) mungkin adalah sistem artileri terbaik di dunia, hanya dapat disaingi oleh sistem Jerman. FA-50 adalah versi tempur dari T-50, yang telah mendapatkan reputasi sebagai pelatih terbaik dalam inventaris dunia. Tank K2 dalam versi terbarunya akan lebih baik dari apa pun yang dimiliki Korea Selatan hingga saat ini," kata Chun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya