Rusia Serang Pembangkit Nuklir Zaporizhzhia, Rusak 3 Sensor Radiasi

VIVA Militer: Ledakan akibat serangan rudal Rusia di Zaporizhzhia, Ukraina
Sumber :
  • marca.com

VIVA Dunia – Serangan Rusia telah merusak tiga sensor radiasi dan melukai seorang pekerja di pembangkit listrik Zaporizhzhia dalam serangan beberapa hari berturut-turut, kata Ukraina, Minggu 7 Agustus 2022. Serangan itu meningkatkan kekhawatiran akan bencana radiasi.

AS Gelontorkan Lagi Rp 420 Triliun Lebih untuk Perang Israel di Gaza

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky menyebut serangan artileri Rusia pada Sabtu malam sebagai "teror nuklir Rusia" dan menyerukan lebih banyak sanksi internasional terhadap Rusia, kali ini di sektor nuklir Moskow. Ukraina mengatakan peluru Rusia menghantam kabel listrik di pembangkit tersebut pada hari Jumat. 

Namun, otoritas yang ditempatkan Rusia di daerah itu mengatakan Ukraina menyerang situs itu dengan peluncur roket ganda, merusak gedung-gedung administrasi dan daerah di dekatnya.

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia di Ukraina, 12 Juni 2008

Photo :
  • ANTARA/Reuters/Stringer/as

Direktur Jenderal Badan Energi Atom Internasional (IAEA), Rafael Grossi, mengatakan dia khawatir dengan laporan kerusakan dan menuntut tim ahli IAEA segera diizinkan mengunjungi pembangkit untuk menilai dan menjaga situs PLTN.

Wamenhan Rusia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

"Saya sangat prihatin dengan penembakan di pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa, yang menggarisbawahi risiko yang sangat nyata dari bencana nuklir yang dapat mengancam kesehatan masyarakat dan lingkungan di Ukraina dan sekitarnya," kata Grossi dalam sebuah pernyataan.

“Tindakan militer yang membahayakan keselamatan dan keamanan pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzya sama sekali tidak dapat diterima, dan harus dihindari dengan segala cara.”

Spesialis pengendalian senjata nuklir Tariq Rauf mengatakan kepada Al Jazeera, alasan mengapa Rusia merebut pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia adalah “untuk menyediakan listrik ke bagian timur Ukraina yang telah diduduki Rusia”.

VIVA Militer: Tank Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF) di Ukraina

Photo :
  • thelightningpress.com

“Tapi kami benar-benar tidak tahu bagaimana situasi di pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhya,” kata Rauf.

“Mengapa militer Ukraina menembakinya ketika mereka memiliki orang-orang mereka sendiri di sana? Dan kemudian, mengapa Rusia menembaknya ketika mereka memiliki tentara dan ahli teknis di sana?” ” Dia bertanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya