6 Fakta Menarik Tentang Draupadi Murmu, Presiden ke-15 India

Draupadi Murmu usai terpilih jadi Presiden India pada Kamis, 22 Juli 2022
Draupadi Murmu usai terpilih jadi Presiden India pada Kamis, 22 Juli 2022
Sumber :
  • AP Photo/Manish Swarup

VIVA Dunia – Pada Juni 2022, ketika Aliansi Demokratik Nasional (NDA) mengumumkan Draupadi Murmu sebagai kandidatnya untuk Presiden India ke-15, perhatian nasional dan internasional beralih ke sebuah desa terpencil di negara bagian pantai timur negara itu, Odisha. Sebanyak yang harus tahu tentang Presiden ke-15 negara itu, juga harus tahu tentang wanita suku yang berhasil mencapai posisi teratas negara itu seperti dikutip VIVA dari Times of India.

Presiden pertama lahir di India merdeka

Draupadi Murmu terpilih menjadi Presiden India

Draupadi Murmu terpilih menjadi Presiden India

Photo :
  • AP Photo

Draupadi Murmu adalah Presiden pertama negara yang lahir di India Merdeka. Draupadi Murmu kelahiran 1958 lahir dari Biranchi Narayan Tudu, seorang petani. Draupadi Murmu lahir di distrik Mayurbhanj Odisha. Keluarganya berasal dari daerah Baidaposi di Rairangpur. Presiden Murmu adalah Presiden suku pertama negara itu. 

Presiden Wanita Kedua

Menjadi bagian dari komunitas Santhali, dia telah memberi contoh di hadapan setiap orang India. Presiden Murmu adalah wanita kedua yang memegang posisi tertinggi di negara itu setelah Pratibha Devisingh Patil. Pratibha Patil menjabat sebagai Presiden ke-12 negara itu dari 25 Juli 2007 hingga 25 Juli 2012.

Dia milik suku Santhal