Astaga! 2 Pilot Dipecat karena Ketiduran Saat Pesawat Akan Mendarat

Ethiopian Airlines
Sumber :
  • fortun.com

VIVA Dunia – Mengantuk, apalagi di jam-jam rawan seperti setelah makan siang, mungkin adalah hal yang wajar. Beristirahat 10 - 15 menit dengan tidur siang memang bisa kembali menyegarkan diri untuk melanjutkan pekerjaan.

Ban Pesawat American Airlines Terbakar saat Lepas Landas

Namun, ada beberapa pekerjaan esensial yang tak bisa ditinggal untuk tidur, contohnya seperti pilot yang sedang menerbangkan pesawat dan akan mendarat. 

Seperti kedua pilot dari Ethiopia ini, yang tertidur saat sedang membawa terbang pesawat. Dua pilot telah dipecat dari Ethiopian Airlines setelah sebuah penerbangan kehilangan kendali dan melewatkan waktu pendaratannya, dimana mereka tetap berada di ketinggian tinggi jelajah, padahal telah sampai di tempat tujuannya.

Luhut Ungkap Strategi Pemerintah Turunkan Harga Tiket Pesawat, Ini yang Disoroti

Ethiopian Airlines

Photo :
  • fortun.com

Melansir NBC News, pada tanggal 15 Agustus 2022, sebuah pesawat Boeing 734 mulik Ethiopian Airlines dijadwalkan untuk mendarat di bandara Addis Ababa di Ethiopia setelah penerbangan yang berlangsung sekitar dua jam dari Khartoum di Sudan.

Inovasi Maskapai Mengatasi Hambarnya Makanan Pesawat

Tetapi pada saat pesawat tersebut sudah terbang di atas lokasi pendaratan yang dijadwalkan, pesawat itu masih terbang di ketinggian 37.000 kaki (sekitar 11.000 meter). Saat kedua pilot tertidur pulas, pesawat terbang dalam mode Autopilot.

Ternyata, Air Traffic Control telah mencoba menghubungi ruang pilot di pesawat tersebut beberapa kali namun gagal. Akhirnya, alarm lan yang membangunkan kedua pilot tersebut, dan memperingatkan mereka bahwa mereka telah melewatkan waktu turun. Pesawat berhasil mendarat 25 menit kemudian.

Dalam siaran pers, maskapai mengkonfirmasi bahwa dua pilot yang bersangkutan telah diskors.

“Awak pesawat yang bersangkutan telah dikeluarkan dari operasi, sambil menunggu penyelidikan lebih lanjut" tulis pernyataan tersebut. "Tindakan korektif yang tepat akan diambil berdasarkan hasil investigasi.”

pilot

Photo :
  • U-Report

Tentu saja hal ini berbahaya bagi semua yang ada di pesawat. Pakar penerbangan internasional, Alex Macheras memberi pendapatnya melalui Twitter mengenai insiden itu dan menggambarkannya sebagai hal yang "sangat memprihatinkan," menyoroti bahayanya jika pilot kelelahan.

“Kelelahan pilot bukanlah hal baru, dan terus menjadi salah satu ancaman paling signifikan terhadap keselamatan pesawat udara—secara internasional,” tulisnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya