10 Senjata Militer yang Paling Mematikan yang Hanya Dimiliki AS

Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi Amerika Serikat atau HIMARS.
Sumber :
  • Newsweek.

VIVA Dunia – Meski Uni Soviet meledakkan senjata nuklir pertama mereka pada tahun 1949 dan China mengungkapkan rencana untuk pembom siluman sendiri tahun lalu. Tapi masih ada beberapa senjata yang tidak dimiliki negara mana pun terkecuali Amerika Serikat (AS).

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Senjata seperti MQ9 Reaper Drone, Laser Avenger, dan Robot MAARS memberi pasukan AS keuntungan di medan perang mana pun di seluruh dunia. Beberapa dari senjata ini telah ada selama beberapa tahun, tetapi baru-baru ini dimodifikasi, dan beberapa masih dalam produksi.

Selain senjata HIMARS yang disegani Rusia, berikut 10 senjata mematikan dan paling canggih yang hanya dimiliki AS:

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

MQ9 Reaper Drone

Drone MQ-9 Reaper Amerika Serikat.

Photo :
  • U-Report

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

Diproduksi oleh General Atomics Aeronautical Systems (GA-ASI), dan dirilis pada 2001, Reaper telah ada selama lebih dari 10 tahun, tetapi sebagian besar digunakan untuk intelijen dan pengintaian hingga saat ini.

Melansir dari Business Insider, Senin, 29 Agustus 2022, saat ini, skuadron F-16 sedang dialihkan ke armada pesawat tak berawak sepenuhnya. Reaper adalah yang terbesar dari UAV di gudang senjata AS dengan lebar sayap 84 kaki, berat lepas landas 7.000 pound, kapasitas muatan 3.000 pound dan waktu penerbangan 36 jam.

Drone ini dapat naik hingga 52.000 kaki, dan membaca plat nomor dari jarak lebih dari dua mil. Drone tersebut juga mampu membawa bom seberat 500 pon, rudal udara-ke-darat, dan udara-ke-udara, armada UAV siap untuk melakukan bagian terbesar dari dukungan udara AS.

Pada Maret 2011 Angkatan Udara AS memiliki lebih banyak pelatihan personel untuk mengoperasikan armada pesawat tak berawaknya yang berkembang daripada sistem senjata lainnya di gudang senjatanya.

AA12 Atchisson Assault Shotgun

AA12 Atchisson Assault Shotgun.

Photo :
  • Gun Wiki.

Diproduksi oleh Maxwell Atchisson dan dirilis pada 2005, AA12 dapat menembakkan lima peluru 12-gauge per detik dan karena recoil direkayasa hanya pada 10 persen senapan biasa, senjata itu dapat ditembakkan dari pinggul hanya dengan satu tangan.

Atchisson juga menembakkan granat berdaya ledak tinggi atau fragmentasi yang disebut peluru FRAG-12 hingga jarak 175 meter dengan efisiensi yang sama.

Dirancang untuk penggunaan pertempuran jangka panjang, tes menunjukkan AA12 dapat menembakkan hingga 9.000 putaran tanpa dibersihkan atau macet. Yang perlu dilakukan pengguna adalah menahan pelatuk selama empat detik untuk mengosongkan 20 drum putaran pada target.

PHASR Rifle

PHASR Rifle.

Photo :
  • Istimewa.

Diproduksi oleh Departemen Pertahanan (DOD) kemudian dirilis pada 2007, Senapan Personnel Halting and Stimulation Response (PHASR) adalah array laser genggam, yang disebut dazzler, yang mampu membutakan dan membingungkan siapa pun yang tertangkap dalam pandangannya.

Sementara senjata untuk menyebabkan kebutaan sangat dibatasi oleh Protokol Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tahun 1995 tentang Senjata Laser yang Membutakan (sebuah keputusan yang tidak disetujui AS sampai tahun 2009), PHASR hanya menyebabkan kebutaan sementara, sehingga lolos dari larangan tersebut.

Dazzler awalnya dipasang pada senjata tentara AS sebagai cara yang tidak mematikan untuk menghentikan warga Irak yang gagal berhenti di pos pemeriksaan.

PHASR menggunakan array laser hijau untuk menghitung jarak targetnya dan memastikan intensitasnya yang tidak menyilaukan.

The Taser Shockwave

Diproduksi oleh TASER dan dirilis pada 2008, Model Taser akan menyetrum kerumunan orang dengan satu sentuhan tombol. Membuat "area penolakan" Taser dapat ditumpuk dan dirangkai hampir tanpa batas. Itu juga akan dipasang ke kendaraan apa pun.

Shockwave ini memiliki jarak efektif 25 kaki dan dapat dilihat beraksi di video perusahaan ini di Gizmodo.

The Black Knight

Diproduksi oleh BAE Systems (BA.L), lalu dirilis pada 2008, Black Knight adalah kombinasi tank yang dikendalikan dari jarak jauh dan kendaraan pengintai ke depan, yang dirancang untuk situasi yang terlalu berisiko untuk kendaraan berawak.

Untuk menjaga biaya tetap rendah, Black Knight berbagi sistem senjata dan suku cadang mesin dengan kendaraan Bradley Fighting yang berawak. Termasuk meriam 30mm, senapan mesin dan mesin 300 tenaga kuda.

Kendaraan ini juga dilengkapi dengan perangkat lunak navigasi otonom dan dapat merancang dan mengikuti rutenya sendiri tanpa masukan dari sumber luar.

The Active Denial System

The Active Denial System.

Photo :
  • Istimewa

Diproduksi oleh Raytheon (RTN), dan rilis pada 2008, America's Ray Gun, dengan 60 Menit, Sistem Penolakan Aktif benar-benar lebih merupakan kombinasi susunan radar dan gelombang mikro. ADS menembakkan aliran gelombang elektromagnetik, lebih pendek dari gelombang mikro, yang langsung diserap oleh lapisan atas kulit.

Rasa sakitnya begitu kuat, reaksi lari dari balok begitu kuat, dan militer menyebutnya sebagai "Selamat Tinggal Senjata." ADS telah digunakan di dalam negeri, baik pada subjek tes maupun narapidana. Senjata itu dikerahkan ke Afghanistan pada 2010, dan ditarik kembali beberapa bulan kemudian.

Militer AS mengklaim tidak ada efek yang tersisa dari paparan senjata tersebut.

The Laser Avenger

Diproduksi oleh Boeing (BA), kemudian dirilis pada 2009, senjata yang hanya berdiameter beberapa sentimeter dan tidak terlihat dengan mata telanjang, laser Avenger 20 kali lebih panas dari kompor listrik dan akan memotong peluru artileri dengan mudah.

Avenger dirancang dengan harapan dapat meledakkan Improvised Explosive Devices (IEDs) secara efektif yang menimbulkan lebih banyak kerusakan pada pasukan AS daripada senjata lainnya.

Metode pembuangan saat ini melibatkan versi robot MAARS yang akan dibom oleh pemberontak untuk dihentikan. Avenger juga sedang diuji untuk menjatuhkan kendaraan udara.

MAARS Robot (Modular Advanced Armed Robotic System)

Diproduksi oleh QinetiQ - QQ dan dirilis pada 2009, Robot MAARS adalah remote control yang dimodifikasi sebagai robot penjinak bom.

Dapat disesuaikan untuk berbagai kebutuhan, MAARS dapat dikonfigurasi dengan senapan mesin MB240 dan peluncur granat 40mm, atau loudspeaker dan laser yang menyilaukan mata, atau senapan kantong kacang, asap, dan semprotan merica. Sampai saat ini, tidak ada tembakan yang ditembakkan dalam pertempuran oleh perangkat jarak jauh seperti MAARS.

XM2010 Enhanced Sniper Rifle

Diproduksi oleh Remington, kemudian rilis pada 2010-2011, produk dari serangkaian modifikasi panjang senapan sniper M24 berusia 22 tahun, XM2010 dirancang khusus agar efektif dalam pertempuran jarak jauh ketinggian tinggi di Afghanistan.

Untuk memberikan ketenangan, akurasi tepat hingga 1200 meter, XM2010 membawa lebih banyak bubuk mesiu dalam peluru yang ditembakkannya, memiliki penekan lampu kilat, penekan suara, dan selongsong termal untuk menyembunyikan laras hangat dari FLIR.

Ketika Penembak Jitu AS lulus dari sekolah lima minggu di Fort Benning, Ga, mereka mampu mengenai sasaran seukuran manusia sembilan dari sepuluh kali pada jarak 600 meter, lebih dari sepertiga mil jauhnya.

XM25 Individual Airburst Weapon System (IAWS)

Diproduksi oleh Heckler & Koch, dan dirilis pada 2014, senjata yang Dijuluki "The Punisher" oleh pasukan Amerika di Afghanistan, XM25 secara akurat menembakkan granat generasi berikutnya, 25mm, hingga jarak 500 meter.

Tapi, jarak bukanlah yang membuat para prajurit terkesan dalam uji coba senjata secara langsung, karena itu adalah program granat.

Jarak target ditransmisikan oleh pengintai di XM25 ke granat di ruang tembak. Ketika granat meninggalkan laras, granat itu berputar, seperti bola, dan mengukur jarak yang ditempuh dengan jumlah spiral yang diselesaikannya.

Detonasi dapat diprogram secara manual dalam jarak 10 meter untuk mengenai musuh di bunker atau di belakang penghalang. Seorang pemimpin peleton berkomentar dalam artikel Army Times bahwa penembakan yang biasanya memakan waktu 15 hingga 20 menit, ketika menggunakan XM25 berakhir dalam hitungan menit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya